Shattered

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Shattered
Shattered poster.jpg
Sutradara Wolfgang Petersen
Produser Wolfgang Petersen
John Davis
David Korda
Penulis Skenario:
Wolfgang Petersen
Novel:
Richard Neely
Pemeran Tom Berenger
Bob Hoskins
Greta Scacchi
Joanne Whalley
Corbin Bernsen
Musik Alan Silvestri
Sinematografi László Kovács
Penyunting Glenn Farr
Hannes Nikel
Distributor Metro-Goldwyn Mayer
Tanggal rilis 11 Oktober 1991
Durasi 98 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $25 juta

Shattered adalah film thriller tahun 1991 yang dibintangi oleh Tom Berenger, Greta Scacchi, Bob Hoskins, Joanne Whalley, Corbin Bernsen dan Scott Getlin. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Wolfgang Petersen, berdasarkan novel Richard Neely.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Tom Berenger berperan sebagai Dan Merrick, seorang arsitek yang bersama istrinya, Judith (Greta Scacchi) mengalami sebuah kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan itu menyebabkan Merrick mengalami amnesia. Setelah menjalani operasi untuk memperbaiki cacat di wajahnya, Merrick mencoba untuk kembali menjalani kehidupannya. Namun, kilasan masa lalu yang tidak bisa ia ingat terus-menerus muncul dalam pikirannya. Hal ini mengarahkannya pada sebuah rahasia yang orang lain tidak ingin dia untuk tahu.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Kritik yang diterima[sunting | sunting sumber]

Per bulan Desember 2012, di situs web "Rotten Tomatoes", film ini mencapai nilai 31% pada "Tomatometer"-nya berdasarkan tiga belas tinjauan. Ada 53% penonton anggota Rotten Tomatoes (4.289 pengguna) yang menyatakan bahwa mereka menyukainya (liked it), dengan penilaian film rata-rata 3,1 dari skala 5.[1]

Pada tahun 2005, film Yakeen adalah adaptasi dari Shattered versi India.[2] Dan di Vietnam, film Giao lo dinh menh (Inferno) mengundang kontroversi karena memiliki banyak kesamaan plot dan karakter dengan Shattered.[3]

Akhir film yang mengejutkan (twist ending) menyebabkan munculnya berbagai macam tanggapan para kritikus. Beberapa kritikus menganggap ide cerita terlalu konyol untuk diterima, sementara kritikus lain menganggapnya inventif dan cerdas. Roger Ebert masuk dalam kategori pertama, yang menyatakan bahwa resolusi film ini "tidak masuk akal yang tidak terbayangkan" (inconceivably implausible) dan bahwa "setengah skenario terlalu pintar." Tetapi, ia melanjutkan dengan mengatakan bahwa kualitas seperti ini selalu menyenangkan.[4] About.com masuk dalam kategori berikutnya, menyebutkan akhir film sebagai "sebuah twist ending pembunuh!"[1] dan The Washington Post menyatakan, "Jadi suatu bencana bahkan hanya untuk membayangkan akhir film itu; seorang kritikus dapat digantung jika memberikan akhir seperti akhir film ini yang tidak terduga yang mengejutkan. Anggap saja bahwa membayangkan akhir film itu menerbangkan kepala Anda."[5]

Meskipun tanggapannya beragam, para kritikus umumnya menganggap bahwa akhir film yang mengejutkan itu adalah hal yang tak terduga dan menakjubkan, meskipun hal itu sendiri masih bisa diperdebatkan dan diserahkan ke penonton.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Shattered (1991)". Rotten Tomatoes. Flixster, Inc. Diakses 20-02-2014. 
  2. ^ "Yakeen (2005)-IMDb". IMDb. amazon.com. Diakses 20 Februari 2014. 
  3. ^ thanhniennews (26-10-2012). "Controversial film disqualified from Golden Kite awards". Vietnam Breaking News. Diakses 20-02-2014. 
  4. ^ Roger Ebert (11-10-1991). "Shattered". rogerebert.com. Diakses 29-06-2012. 
  5. ^ Hal Hinson (11-10-1991). "‘Shattered’ (R)". The Washington Post. Diakses 29-06-2012. "It would be disastrous to even hint at the movie's denouement; a critic could get lynched for giving away an ending as shockingly unexpected as the one here. Let's just say that it blows the top of your head off" 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]