Sergels Torg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sergels Torg dengan Kulturhuset (di sebelah kiri) pada malam hari

Sergels Torg adalah lapangan umum terkenal di pusat Stockholm, Swedia. Tempat ini dinamai sesuai dengan nama pematung abad ke-18 Johan Tobias Sergel, yang bengkelnya terletak di daerah di sekitar lapangan ini.

Tempat ini terkenal karena beberapa hal, termasuk peranannya sebagai titik awal untuk demonstrasi dan bentuk pemutaran lalu-lintas yang super elips. Tiang kaca yang tingginya 37 meter di tengahnya adalah Kristall-vertikal accent ("Crystal-vertical accenture", 1974) oleh Edvin Öhrström. Nama resminya jarang digunakan, dan tempat ini karya ini lebih sering disebut oleh penduduk Stockholm sebagai "obelisk kaca" atau oleh sejumlah kata sehari-hari lainnya yang berkaitan dengan penis.

Di sebelah barat lapangan ini terdapat sebuah lapangan yang lebih rendah, yang diberi tegel hitam-putih. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai Plattan ("Papan persegi empat"). Sekarang tempat ini terkenal terutama karena kehadiran sejumlah penjaja obat terlarang. Di sebelah barat dari Plattan terdapat tangga-tangga yang lebar, tempat yang populer bagi masyarakat untuk bertemu. Di sebelah barat tangga ini terdapat Drottninggatan. Di utaranya terdapat lima pencakar langit, Hötorgsskraporna, yaitu sebagian dari sedikit gedung yang tingginya lebih dari enam lantai di pusat kota Stockholm. Di selatan lapangan ini terletak Kulturhuset kota Stockholms.

Jalan raya Sveavägen, yang kini paling terkenal sebagai tempat di mana Perdana Menteri Olof Palme dibunuh, membentang ke utara dari lapangan ini. Jalan raya ini mulanya dirancang sebagai "National Mall" yang besar, merentang dari makam kerajaan di Haga hingga ke Istana Kerajaan. Namun jalan raya ini tidak diselesaikan, mungkin karena dana yang tidak mencukupi.

Pola hitam-putih di lapangan bagian bawah
Pemandangan air mancur