Serawai, Sintang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Serawai
Negara Indonesia
ProvinsiKalimantan Barat
KabupatenSintang
Pemerintahan
 • CamatOktavianus Harsumpeda,S.Sos,M.Si
Populasi
 • Total12,987 Jiwa (BPS,2011) jiwa
Kode Kemendagri61.05.14
Kode BPS6107060
Luas2.127,5 km²
Desa/kelurahan38

Serawai adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Indonesia. Kecamatan ini terletak di sebelah hilir kecamatan Ambalau dan sebelah hulu kecamatan Menukung di Kabupaten Melawi. Ibu kota kecamatan terletak di Nanga Serawai yaitu wilayah dataran berupa tanjung daratan yang dibentuk oleh kelokan Sungai Melawi. Jarak tempuh Sintang Serawai melalui Sungai Kapuas ke anak Sungai Melawi kira-kira 200 km atau 6 jam perjalanan speedboat. Sekarang sudah bisa ditempuh melalui jalan darat dengan mobil gardan ganda atau sepeda motor.

Wilayah administratif[sunting | sunting sumber]

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Serawai berbatasan dengan Kecamatan Kayan Hulu di bagian utara. Lalu di bagian timur, Kecamatan Serawai berbatasan dengan Kecamatan Ambalau. Pada perbatasan di bagian selatan, Kecamatan Serawai berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Tengah. Sementara di bagian barat, Kecamatan Serawai berbatasan dengan Kabupaten Melawi.[1]

Pembagian wilayah[sunting | sunting sumber]

Wilayah Kecamatan Serawai terbagi menjadi 38 desa. Nama-nama desanya ialah:

Geografis[sunting | sunting sumber]

Kecamatan ini terletak di sebelah hilir kecamatan Ambalau dan sebelah hulu kecamatan Menukung. Desa Kecamatan Serawai paling hilir yaitu sebelah Barat adalah desa Mentatai yang berbatasan dengan kecamatan Menukung di Kabupaten Melawi, paling hulu yaitu sebelah Timur desa Nanga Lekawai dengan muara anak sungai Lekawai, berbatasan dengan kecamatan Ambalau, sebelah Tenggara Serawai dusun Rantau Malam berbatas dengan Provinsi Kalimantan Tengah yang dipisahkan oleh gunung Bukit Raya, dan sebelah utara berbatas Kabupaten Kapuas Hulu. Kecamatan ini memiliki ketinggian wilayah antara 6-2.200 Mdpl. Wilayah selatan Kecamatan ini adalah rangkaian Pegunungan Muller Schwaner dengan beberapa puncaknya seperti Gunung Bukit Raya. Diwilayah selatan ini termasuk juga dalam Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya, sedangkan diutara terdapat Pegunungan Alat-Beturan. Dibagian tengah berupa dataran rendah yang dibelah oelh Sungai Melawi mengalir dari timur ke barat.

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Jumlah penduduk Kecamatan Serawai pada tahun 2011 adalah 12.987 Jiwa (Laki-laki 6.689 Jiwa dan Perempuan 6.298 Jiwa). Sebagian besar berasal dari penduduk asli Dayak Ot Danum, kemudian Melayu, keturunan Cina suku berbahasa Khek, pendatang dari Jawa, Sumatra, dll. Sebagian beragama Katholik, Kristen Protestan, Islam, dan sebagian kecil animisme.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Kecamatan serawai memiliki sekolah menengah pertama (Sekolah Menengah Pertama|SMP) yang dapat menampung siswa-siswi lulusan dari Sekolah dasar (SD) diwilayah Kecamatan Serawai dan kecamatan lain disekitar kecamatan serawai untuk meningkatkan mutu, derajat serta menyukseskan wajib belajar 9 tahun. SMP yang beroperasional ada sekolah dengan status negeri dan swasta. Beberapa sekolah yang sudah beroperasional di kecamatan serawai adalah:

Tingkat SD/MI[sunting | sunting sumber]

  1. Kecamatan Serawai memiliki 27 Sekolah Dasar (SD) Negeri

Tingkat SMP/MTs[sunting | sunting sumber]

  1. SMP Negeri 1 Serawai di Desa Nanga Serawai
  2. SMP Negeri 2 Serawai di Desa Beras Nabun
  3. SMP Negeri 3 Serawai di Desa Tontang
  4. SMP Negeri 4 Satu Atap Serawai di Merako Jaya
  5. SMP Negeri 5 Serawai di Begori
  6. SMP Negeri 6 Satu Atap Serawai di Nanga Mentatai
  7. SMP Bukit Raya Serawai di Desa Nanga Serawai
  8. SMP Karya Bhakti Serawai di Desa Tontang
  9. MTs Kanzul Ulum di Desa Nanga Serawai
  10. MTs Nurul Hikmah

Tingkat SMA/SMK/MA[sunting | sunting sumber]

  1. SMA Negeri 1 Serawai di Desa Mekar Sari
  2. SMK Negeri 1 Serawai di Desa Tanjung Raya

Sarana dan Prasarana[sunting | sunting sumber]

  1. Puskesmas Serawai
  2. Pasar Serawai
  3. Kantor dan ATM Bank Kabar
  4. Kantor Pos Serawai

Potensi[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Serawai merupakan salah satu kecamatan "besar" di Kabupaten Sintang. Kecamatan Serawai maju dalam bidang perdagangan dengan hasil alam yang menonjol adalah kayu. Beberapa perusahaan kayu gelondongan (HPH) yang beroperasi adalah PT Barito Pacific Timber, PT Sari Bumi Kusuma, dan PT Benua Indah Group. Hasil tambang yang banyak didapat adalah emas, walaupun lewat penambang tradisional dan tanpa izin.

GEMAS (Gerakan Masyarakat Adat Serawai)[sunting | sunting sumber]

Organisasi ini didirikan pada tahun 2007. Tujuan dari terbentuknya adalah sebagai sebuah wadah yang bersama dengan masyarakat adat Serawai memperjuangkan hak-hak atas tanah dan sumber daya alam lainnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Solekhah, Etty (2021). Kecamatan Serawai dalam Angka 2021. Sintang: Badan Pusat Statistik Kabupaten Sintang.