Koran Sindo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Koran Sindo
Sumber Referensi Terpercaya
TipeSurat kabar harian
PemilikPT Media Nusantara Citra Tbk
PendiriSururi Alfaruq
PenerbitPT Media Nusantara Informasi
Didirikan29 Juni 2005 (2005-06-29)
BahasaIndonesia
Berhenti publikasi15 April 2023 (2023-04-15)
PusatGedung Sindo Lt. 4
Jalan K.H. Wahid Hasyim No.38, RT.14/RW.6
Kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng
Kota Jakarta Pusat 10340
Situs webwww.koran-sindo.com

Koran Sindo (sebelumnya bernama Seputar Indonesia) adalah sebuah surat kabar harian yang terbit di Jakarta yang terbit pada 29 Juni 2005 hingga 15 April 2023. "Sindo" di nama surat kabar adalah singkatan dari nama acara berita terdahulu di RCTI, yaitu Seputar Indonesia. Koran Sindo pernah terbit dengan format ukuran panjang 7 kolom dan tinggi 54 cm, dengan edisi Nasional terbit 44 halaman dengan 3 bagian koran. Hingga berhenti terbit, Koran Sindo enam kali sepekan, dengan edisi akhir pekan yang dinamai Koran Sindo Weekend.

Menurut sebuah laporan yang dikeluarkan Reuters Institute for the Study of Journalism dan Universitas Oxford pada tahun 2021, hanya 9% responden yang mendapatkan berita dari Koran Sindo.[1]

Target pembaca[sunting | sunting sumber]

Target pembacanya adalah masyarakat kelas menengah ke atas, pendidikan Sarjana, segmentasi usia dari 18 tahun sampai dengan 40 tahun. Dengan diferensiasi pembaca laki-laki sebanyak 60% dan pembaca wanita sebanyak 40%. Target distribusi Koran Sindo adalah kota-kota besar di seluruh Indonesia dengan jumlah oplah sebesar 336.000 pembaca.

Edisi Lokal[sunting | sunting sumber]

Sejak 1 September 2005, Koran Sindo terbit dengan edisi lokal bagi pembaca yang berada di luar Jabodetabek. Edisi lokal tersebut antara lain adalah:

Selain di wilayah tersebut, Koran Sindo terbit dengan edisi nasional. Yang menjadi perbedaan dengan edisi nasional, adalah dari harga per eksemplar serta jumlah halaman. Halaman pada edisi lokal hanya sebanyak 24 halaman sementara edisi nasional mencapai 44 Halaman. Selain itu Harganya juga berbeda. Koran Sindo edisi lokal dihargai Rp.2500,- per eksemplar, sementara edisi nasional adalah Rp.3000,- per eksemplar. Koran Sindo edisi lokal lebih fokus kepada wilayahnya sendiri, yang mencapai 80 persen dari jumlah halaman.

Harga Koran[sunting | sunting sumber]

Saat perdana terbit, Koran Sindo dihargai Rp.2000,- per eksemplar. Namun, harga tersebut merupakan harga yang sangat terjangkau bila dibandingkan dengan surat kabar lain, terlebih saat itu Harian Sindo terbit dengan 40 halaman setiap hari. Harga tersebut terus bertahan hingga pertengahan tahun 2006. Saat itu, karena harga kertas yang semakin naik, Koran Sindo pernah dijual dengan harga Rp.4000,- per eksamplar, tetapi pada tahun 2007, harga tersebut kembali turun menjadi Rp.3000,- per eksemplar. Untuk Edisi lokal, Koran Sindo hanya dihargai Rp.2500,- per eksemplar.

Koran Sore[sunting | sunting sumber]

Tahun 2005, Koran Sindo sempat terbit dengan koran sore. Koran sore ini terbit dengan porsi berita ringan yang lebih banyak. Jumlah halaman hanya 16 halaman. dan Koran sore ini hanya bagi para pembaca koran Sindo yang berlangganan saja (tidak dijual eceran). Namun pada tahun 2008, penerbitan koran sore ini dihentikan karena tidak memberikan keuntungan yang berarti.

Koran Sepak Bola[sunting | sunting sumber]

Pada 1 Desember 2010, Koran Sindo meluncurkan sisipan yang bernama Hattrick. Sisipan yang memiliki slogan Terlengkap dalam Sepak Bola ini berisi berita-berita seputar sepak bola.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Digital Media Reports 2021 - Indonesia". Reuters Institute for the Study of Journalism, University of Oxford. Diakses tanggal 28 Oktober 2021.