Sepak bola meja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sepak bola meja.

Sepak bola meja (di Amerika Serikat dan Kanada disebut foosball) adalah permainan sepak bola yang dimainkan di atas meja.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Kiper.

Awalnya, bola dimasukkan lewat sebuah lubang, atau diletakkan dengan tangan di tengah. Pemain kemudian akan ditentukan lewat lempar koin. Para pemain harus memasukkan bola dengan memutar batangan dengan pemain-pemain. Pemain profesional dapat menendang bola dengan kecepatan 56 km/jam (35 mil/jam).

Pemain.

Pemenang ditentukan oleh skor masing-masing, umumnya lima, sepuluh, atau sebelas. Namun pada pertandingan Bonzini gol yang ditentukan adalah tujuh.

Ukuran meja sepak bola dapat beragam, namun pada umumnya panjangnya 120 cm (4 kaki) dan selebar 61 cm (2 kaki). Pada meja sepak bola umumnya terdapat 8 jajar pesepak bola, yang umumnya terbuat dari plastik, metal, kayu, atau serat karbon. Biasanya terdapat 1, 2, atau 3 orang yang mengendalikan 4 jajar pesepak bola.

Ini adalah jumlah pesepak bola pada umumnya:

Row 1 Kiper 1 pesepak (kadang 2 atau 3)
Row 2 Pertahanan 2 pesepak (kadang 3)
Row 3 Penyerang (lawan) 3 pesepak (kadang 2)
Row 4 Pemain tengah 5 pesepak (kadang 4 atau 6)
Row 5 Pemain tengah (lawan) 5 pesepak (kadang 4 atau 6)
Row 6 Penyerang 3 pesepak (kadang 2)
Row 7 Pertahanan (lawan) 2 pesepak (kadang 3)
Row 8 Kiper (lawan) 1 pesepak (kadang 2 atau 3)

Sepak bola meja dapat dimainkan oleh empat orang secara "double", sehingga dalam satu tim terdapat dua orang. Pada permainan ini, satu pemain mengontrol bagian pertahanan sementara satu pemain lainnya mengontrol bagian tengah dan penyerang.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]