Seowon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dosan Seowon, Seowon di Andong, Gyeongsang Utara.

Seowon (서원;書院) adalah sebuah sistem sekolah swasta yang didirikan pada masa Dinasti Joseon di Korea.[1] Sekolah ini merupakan institusi Konfusianisme yang terdiri dari seojae, tempat belajar serta kuil tempat altar, simbol dari berkembangnya kebudayaan dan paham Konfusianisme pada masa Dinasti Joseon.[1] Para cendekiawan Joseon mendirikan Seowon di berbagai daerah untuk mendidik siswa dan kuil dimaksudkan untuk memberi hormat kepada Konfusius dan ilmuwan terdahulu. Hal inilah yang membedakannya dengan jenis-jenis sekolah lain.[2] Mata pelajaran yang diajarkan di seowon adalah tentang ideologi, perilaku dan moral berdasarkan Konfusianisme sehingga menjadi pusat pengembangan budaya, moral dan spiritual bagi murid-murid setempat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada masa pertengahan Dinasti Joseon (tahun 1500-an), dimana banyak kaum akademis yang disingkirkan, sekolah-sekolah daerah (hyanggyo) tidak dapat berjalan semestinya sehingga banyak kaum pendidik mendirikan seowon untuk memberikan pendidikan Konfusianisme serta dasar moral dan spiritual.

Seowon pertama yang didirikan di Korea pada masa pemerintahan Raja Jungjong, yang dinamakan Baegun-dong Seowon pada tahun 1542.[2] Seowon ini dinamakan menjadi Sosu Seowon oleh tokoh Konfusianisme besar Korea, Yi Hwang.[2] Setelah Sosu Seowon didirikan, sejumlah besar Seowon didirikan oleh pemimpin lokal dengan dana pribadi atau bantuan pemerintah. Pada masa pemerintahan Raja Sukjong (1674-1720), terdapat 80-90 buah seowon di tiap provinsi. Dengan jumlah yang semakin bertambah, seowon mempunyai hak semakin besar secara ekonomi dan politik. Masalah-masalah seowon menjadi semakin banyak sehingga pada masa pemerintahan Heungseon Daewongun, semua seowon di Korea ditutup kecuali 47 buah pada tahun 1871. Ke-7 buah dari 47 Seowon yang paling terkenal antara lain Pil-am Seowon dan Museong Seowon di provinsi Jeolla, Byeongsan Seowon, Dosan Seowon, Sosu Seowon, Dodong Seowon, Oksan Seowon di provinsi Gyeongsang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b (Inggris) Yukhoon, Kim (2007). Korean History for International Citizens. Northeast Asian History Foundation, Seoul, Republic of Korea. hlm. 46. ISBN 978-89-91448-90-2. 
  2. ^ a b c (Inggris) ART·SPACE (1988). "Sŏwon, Korea's Confucian Academies with Shrines" (PDF). Koreana. 2 (1). Diakses tanggal 16 November 2010.  [pranala nonaktif permanen]