Senjata dan Taktik Khusus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Satuan penyergap bermotor Brigade Mobil.

Senjata dan Taktik Khusus atau dikenal di dunia internasional khususnya Amerika Serikat sebagai SWAT (singkatan dari "Special Weapons And Tactics") adalah nama umum yang digunakan untuk sebuah satuan penegakan hukum (kepolisian) yang bersifat paramiliter di mana penggunaan senjata ringan ala militer dan taktik khusus dalam operasi-operasi berisiko tinggi yang berada di luar kemampuan polisi berseragam biasa.[1] Di Indonesia, satuan yang mirip seperti SWAT adalah Brigade Mobil (Brimob) dan Densus 88.

Tugas satuan ini antara lain: menghadapi kriminal bersenjata berat; melakukan penyelamatan sandera dan operasi kontra-terorisme; penangkapan berisiko tinggi; dan memasuki bangunan yang dilindungi atau dibarikade. Satuan tersebut sering dilengkapi dengan senjata api khusus, antara lain senapan mesin ringan, senapan serbu, senapan gentel penembus, senapan runduk, peralatan anti huru-hara, dan granat kejut. Mereka memiliki peralatan yang telah dirancang khusus, termasuk pelindung badan tebal, perisai balistik, peranti penyusup, kendaraan lapis baja, alat penglihatan malam, dan detektor gerakan untuk menentukan posisi sandera atau penyandera secara diam-diam di dalam bangunan tertutup.

Tugas[sunting | sunting sumber]

Tugas satuan Senjata dan Taktik Khusus dapat meliputi:

Senjata dan Taktik Khusus di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lihat contoh: Christopher D. Goranson, Police Swat Teams: Life on High Alert, New York, NY: The Rosen Publishing Group, 2003.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • (Inggris) NTOA.org National Tactical Officers Association, organisasi nasional profesional bidang taktis Amerika Serikat.
  • (Inggris) ITOTA.net Diarsipkan 2013-03-12 di Wayback Machine. International Tactical Officers Training Association, organisasi internasional profesional bidang taktis.
  • (Inggris) Cato Institute Overkill: The Rise of Paramilitary Police Raids in America