Selir Kerajaan Raja Korea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Selir Kerajaan adalah gelar selir kerajaan raja Korea (termasuk Tiga Kerajaan Korea, Silla Bersatu, Goryeo dan periode Dinasti Joseon). Selama Dinasti Joseon (tidak termasuk Kekaisaran Korea pada akhir Joseon), mereka adalah bagian dari ne-goong (내궁) dan peringkatnya berada dibawah ratu, tetapi peringkatnya diatas selir tingkat rendah dan wanita istana (peringkat 5a kebawah). Ini berarti bahwa Selir Kerajaan dari peringkat 1 sampai 4 yang dianggap sebagai bagian dari keluarga kerajaan.

Dengan demikian, Permaisuri (joong-jeon 중전) diikuti oleh 4 kategori peringkat selir kerajaan yang tertinggi, dengan 2 tingkat masing-masing. Tingkat (jeong, 정) peringkat di atas tingkat b (jong, 종):

1a. Bin 빈 (嬪): Selir kerajaan tingkat 1
1b. Gui-in 귀인 (貴人)
2a. So-ui 소의 (昭儀): Selir kerajaan tingkat 2
2b. Sook-ui 숙의 (淑儀)
3a. So-yeong 소용 (昭容): Selir kerajaan tingkat 3
3b. Sook-yeong 숙용 (淑容)
4a. So-won 소원 (昭媛): Selir kerajaan tingkat 4
4b. Sook-won 숙원 (淑媛)

Untuk pangkat Bin, Raja atau Ratu akan melampirkan awalan dalam hubungan dengan karakter/kepribadian Selir Kerajaan, seperti Hee Bin (Hee=Yang Bersinar), Sook Bin (Sook = Kejelasan/Kemurnian), Ui Bin (Ui =Sesuai/Tepat), dan sebagainya. Namun, mereka semua peringkat "Bin" yang sama sehingga mereka semua memiliki peringkat yang sama.

5a. sang-goong (상궁 or 尙宮) dan sang-ui (상의 or 尙儀)

Wanita istana yang bertugas langsung di bawah anggota keluarga kerajaan, dan manajer kepala departemen dimana mereka ditugaskan. Tergantung pada peran mereka dan departemen, akan ada peringkat internal dalam sang-goong. Misalnya, sang-goong yang melayani Ratu memiliki otoritas yang lebih tinggi dan peringkat yang lebih tinggi dari sang-goong yang melayani seorang pangeran, putri, dan/atau selir. Seorang sang-goong juga bisa menjadi "Selir Kerajaan" jika Raja menunjukkan ketertarikan. Mereka akan disebut "Sang-Goong yang Disukai" dan akan dianggap sebagai peringkat tertinggi dari 5a tersebut. Namun, karena mereka masih di peringkat 5, dimana "Sang-goong yang Disukai" tidak akan dianggap anggota keluarga kerajaan, bagian dari ne-goong, dan dianggap sebagai Selir Kerajaan. Sebaliknya, mereka hanya akan dikenal sebagai selir dengan pangkat "Sang-goong." Namun, Sang-goong yang Disukai akan memiliki sang-goong sendiri untuk melayani dia.

5b to 9b. Peringkat dari "kelas pekerja" wanita istana dan para gadis. Wanita istana biasanya masuk ke istana pada saat usia yang masih muda. Oleh karena itu, istana menjadi tempat tinggal utama mereka. Mereka tidak diizinkan meninggalkan istana kecuali pada acara-acara khusus dengan izin dari "yang memiliki peringkat lebih tinggi."

Ratu dan Selir Kerajaan yang terkenal[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]