Sel raji

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sel Raji adalah sel yang berasal dari kultur cell line lymphoblastoid yang diturunkan dari lymphoma Burkitt.[1] Burkitt merupakan sejenis kanker yang terdapat pada sistem limpa khususnya pada limfosit B.[2] Sel raji telah ditemukan sejak tahun 1963 yang diperoleh dari rahang kiri anak lelaki dari Afrika yang saat itu mempunyai limfoma Burkitt.[1] Peristiwa ini merupakan pertama kalinya continuous human hematopoietic cell line.[1] Selanjutnya, sel limfoma ini sangat diperlukan untuk penelitian haemotological limfoma, dan leukaemia.[1] Sel Raji ini memiliki banyak reseptor untuk beberapa komponen komplemen dan cocok digunakan untuk mendeteksi kompleks imun.[1] Sel ini mengekspresikan beberapa reseptor komplemen tertentu serta reseptor untuk Fc imunogloblin G.[1] Sel Raji dikultur pada media RPMI 1640 dengan 2mM L-glutamin dan dipanen saat mencapai fase log.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g (Inggris) [Mondofacto]. 2000. Raji Cell. [terhubung berkala]. http://www.mondofacto.com/facts/dictionary?Raji+cell Diarsipkan 2011-11-11 di Wayback Machine. [7 Des 2009].
  2. ^ (Inggris) [Abcam]. 2009. Raji (Human Burkitt's lymphoma cell line) Nuclear Lysate - tumor cell line (ab30127). [terhubung berkala]. http://www.abcam.com/Raji-Human-Burkitt-s-lymphoma-cell-line-Nuclear-Lysate-tumor-cell-line-ab30127.html. [8 Des 2009].