Sel Schwann

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sel Schwann
Sistem saraf perifer memiliki sel satelit dan sel Schwann.
Pengidentifikasi
MeSHD012583
FMA62121
Daftar istilah neuroanatomi

Sel Schwann (Inggris: Schwann cell, neurolemmocyte) adalah sejenis sel glia yang disebut menurut nama seorang ilmuwan Jerman yaitu Theodor Schwann.

Pada akson sistem saraf tepi,[1] sel Schwann memungkinkan terjadinya transduksi sinyal elektrik dari dendrit menuju terminal akson,[2] dengan melilitkan membran plasmanya secara konsentrik sepanjang akson yang dikenal sebagai selubung mielin.[3] Pada sistem saraf pusat, selubung mielin terbentuk oleh oligodendrosit.

Pengembangan sel Schwann[sunting | sunting sumber]

Penelitian sebelumnya telah menetapkan beberapa langkah dalam pengembangan sel Schwann (SC), dari progenitor neural crest sampai sel Schwann dewasa termielinasi. Selama embriogenesis, prekursor SC bermigrasi dengan akson dalam pengembangan sistem saraf tepi dan berdiferensiasi menjadi SC belum matang yang tetap berhubungan dengan banyak akson. Dalam proses yang disebut pemilahan radial (radial sorting), SC belum matang masuk ke proyeksi sitoplasma ke dalam bundel akson dan mulai menyelimuti dan memisahkan akson dari bundel tersisa sesuai dengan diameter akson. Beberapa SC belum matang akan tetap berhubungan dengan banyak akson kecil dan menjadi SC tidak termielinasi. Namun, SC belum matang yang pada akhirnya akan membuat mielin pertama akan menjadi SC promyelinating yang terkait dalam rasio 1: 1 dengan segmen aksonal tunggal. Setelah sinyal tambahan, SC termyelinasi kemudian secara iteratif membungkus membran plasma mereka di sekitar segmen aksonal yang terkait, akhirnya menghasilkan segmen myelin dewasa dengan ketebalan sebanding dengan diameter akson yang mereka bungkus.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) "Peripheral Nervous System". University of Michigan Medical College. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-07-07. Diakses tanggal 2012-03-05. 
  2. ^ (Inggris) "Nervous System and Senses". University of Cincinnati, Clermont College. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-12-07. Diakses tanggal 2012-03-05. 
  3. ^ (Inggris) "Nerves: PNS". University of Leeds. Diakses tanggal 2012-03-05. 
  4. ^ Jessen KR, Mirsky R (2005) The origin and development of glial cells in peripheral nerves. Nat Rev Neurosci 6(9):671–682

Pranala luar[sunting | sunting sumber]