Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Uni Soviet
Coat of arms of the Soviet Union.svg

Artikel ini adalah bagian dari seri:
Politik dan pemerintahan
Uni Soviet



Atlas
 Portal Uni Soviet

Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet (disebut Sekretaris Pertama pada 1953-1966) adalah jabatan pemimpin Uni Soviet de facto setelah kematian Vladimir Lenin pada tahun 1924. Posisi ini pada awalnya merupakan jabatan administratif sewaktu diciptakan pada tahun 1922 dengan Josef Stalin sebagai orang pertama yang mendudukinya. Akses dan otoritas terhadap birokrasi partai yang dimiliki oleh jabatan ini meningkatkan kekuasaan Stalin sewaktu Lenin jatuh sakit dan terutama setelah kematiannya. Setelah Stalin mendominasi politbiro, posisi sekretaris jenderal menjadi sinonim dengan pemimpin partai dan merupakan penguasa de facto Uni Soviet. Setelah 1934, Stalin semakin cenderung untuk menandatangani dokumen-dokumen dengan jabatan "Sekretaris Komite Pusat". Walaupun tidak ditemukan rujukan resmi mengenai posisi tersebut antara Kongres Partai XIX pada bulan Oktober 1952 sampai kematian Stalin pada 5 Maret 1953, tidak pernah ada keraguan bahwa ia tetap memangku jabatan tersebut.

Sewaktu dilakukan restrukturisasi terhadap Komite Pusat menyusul kematian Stalin, jabatan sekretaris jenderal lowong untuk beberapa saat, walaupun dua anggota senior politbiro, Georgy Malenkov (perdana menteri yang baru) dan Nikita Khrushchev dilibatkan dalam Sekretariat Partai. Pada 14 Maret 1943, Malenkov dijatuhkan dari sekretariat dan membuat Khrushchev memiliki penguasaan efektif terhadap badan tersebut. Posisinya disahkan melalui rapat pleno Komite Pusat pada bulan September 1943 yang mengangkatnya menjadi Sekretaris Pertama Komite Pusat.

Menyusul kudeta Agustus 1991, Mikhail Gorbachev mengundurkan diri sebagai sekretaris jendral. Ia digantikan oleh wakilnya, Vladimir Ivashko, yang hanya menjabat selama lima hari sebelum Majelis Agung Uni Soviet membekukan semua kegiatan Partai Komunis Uni Soviet pada tanggal 29 Agustus 1991.

Daftar pejabat[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Disebut "Sekretaris Pertama" hingga 29 Maret 1966, selanjutnya "Sekretaris Jenderal" sejak 8 April 1966.
  2. ^ Gorbachev memegang kembali jabatan hingga runtuhnya Uni Soviet pada 25 Desember 1991.