Sekolah Tinggi Theologia Baptis Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sekolah Tinggi Theologia Baptis Indonesia (STBI) (dahulu: Seminiari Teologia Baptis Indonesia), juga memiliki nama populer Seminari Baptis adalah sebuah perguruan tinggi teologi yang ada di Semarang. Secara historis, STBI didirikan oleh Misi Baptis Indonesia dari Foreign Mission Board of The Southern Baptist Convention tanggal 11 Oktober 1954 di Semarang, kurang dari tiga tahun semenjak mereka masuk Indonesia - menjadikan STBI salah satu Seminari/STT tertua di Jawa Tengah. Pada bulan Juli 1971, Misi Baptis Indonesia menghentikan program reguler STBI dan menggantinya dengan program pendidikan teologia ekstensi di daerah-daerah, namun pada bulan Juli 1979 program reguler kampus dengan sistem asrama dibuka kembali.

Pada tahun 1991 STBI telah terakreditasi oleh DEPAG RI (SK Dirjen Bimas Kristen no. 8/1991) dengan mengikuti Kurikulum Standar Minimal (KSM) dan menggunakan nama baru Sekolah Tinggi Teologia Baptis Indonesia, disingkat STBI. Status terakreditasi tersebut dipertegas dengan terakreditasu ulang SK Menteri Agama Nomor 397/2003.

Hingga usianya yang ke-54 tahun, STBI telah meluluskan 1129 orang. Mereka melayani Tuhan di berbagai denominasi di Indonesia, bahkan di Amerika Serikat dan Australia sebagai gembala sidang, pemimpin denominasi, penginjil, guru/dosen, rektor/ketua STT, (99% Pendeta/Gembala Ast.Gembala GBI alumnus STBI).

Seminari ada dengan tujuan untuk memperlengkapi umat Allah untuk melayani. Sekolah denominasional Baptis ini ada untuk menjawab kebutuhan gereja-gereja Baptis secara khusus, dan juga gereja-gereja Kristen secara umum. STBI membuka diri untuk memperlengkapi hamba-hamba Tuhan atau calon yang terpanggil untuk melayani Allah sepenuh waktu atau paruh waktu.

Program Studi[sunting | sunting sumber]

Program Studi yang diadakan di STBI:

Strata 1
  • Sarjana Theologia (S.Th) dengan konsentrasi/minor Teologia Kependetaan, Misilogi, Musik Gerejawi.
  • Sarjana Pendidikan Kristen (S.Pd.K)
Strata 2
  • Magister Theologia (M.Th) dengan konsentrasi Teologia & Misiologi.
  • Magister Pendidikan Kristen (M.Pd.K)
Strata 3
  • Doktor Theologia (D.Th.) dengan konsentrasi: Teologia Sistematis, Biblika, Pendidikan Agama Kristen dan Kepemimpinan.

Untuk menunjang program studi ini, STBI menyiapkan berbagai fasilitas. Perpustakaan STBI adalah salah satu perpustakaan STT yang terlengkap di Indonesia. Fasilitas lain seperti Hotspot Internet, Rental Komputer, Ruang Belajar, dll., disediakan untuk menolong mahasiswa menempuh perkuliahan di STBI.

Mahasiswa menempuh program studi di STBI dapat memilih untuk mengikuti berbagai macam model perkuliahan, seperti perkuliahan padat satu minggu atau perkulihan reguler semesteran. Mahasiswa residen juga dapat tinggal di kampus STBI dengan fasilitas asrama yang memadai.

Sekretariat[sunting | sunting sumber]

Alamat Sekolah Tinggi Theologia Baptis Indonesia:

Jl. Simongan no.1
Semarang, 50141
Indonesia
Telpon: (024) 7603377
Fax: (024) 7603161
Email: stbi@seminaribaptis.com

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]