Sekolah Tinggi Teknologi Nurul Fikri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nurul Fikri Integrated School (Institute) of Technology
Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri
MotoCharacter Building Campus
JenisSwasta
Didirikan2012 (2012)
KetuaDr. Lukman Rosyidi, M.M., M.T.
Lokasi, ,
KampusKampus A, Jalan Situ Indah №116, Depok
Kampus B, Jalan Lenteng Agung Raya №20, Jakarta Selatan
Nama julukanSTT NF
Situs webwww.nurulfikri.ac.id
Logo STT Terpadu Nurul Fikri

Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri (disingkat STT NF) merupakan lembaga pendidikan tinggi swasta di Indonesia yang berdiri pada tahun 2012 di Kota Depok melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 269/E/O/2012 tanggal 13 Agustus 2012. STT NF menyelenggarakan pendidikan program Sarjana strata-1 (S1), dengan 3 program studi Bisnis Digital, Sistem Infomasi, dan Teknik Informatika. Prodi SI dan TI telah terakreditasi B sesuai dengan Keputusan BAN-PT No. 919/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2019 dan Keputusan BAN-PT No. 4151/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2020. Institusi STT NF juga telah terakreditasi sesuai dengan Keputusan BAN-PT No. 1391/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2017. STT NF masuk dalam koordinasi perguruan tinggi swasta (Kopertis) atau LLDIKTI IV, Kemendikbud Risti.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

STT NF diawali dari sebuah divisi pendidikan komputer Yayasan Nurul Fikri pada 1994 dengan nama Nurul Fikri Computer & Statistics (NCS), disebut juga NF Computer.[1] Pada 1998 NF Computer mulai menyelenggarakan pelatihan Linux dan Open Source. Pada awal 2000-an NCS berubah nama menjadi Lembaga Pendidikan Komputer Nurul Fikri (LPKNF), yang kemudian berganti nama menjadi Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Terpadu Nurul Fikri (LP3TNF). Pada 13 Agustus 2012, STT-NF resmi berdiri dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 269/E/O/2012.

Program Studi[sunting | sunting sumber]

Tiga program studi di STT NF yaitu Bisnis Digital (BD), Sistem Informasi (SI), dan Teknik Informatika (TI).

Kompetensi lulusan program studi Bisnis Digital (BD): menguasai konsep teknologi informasi, khususnya di bidang teori komputasi, jaringan komputer, teknologi web, teknologi mobile, sistem informasi, dan pengelolaan data; menguasai konsep dasar bisnis, proses bisnis, pemasaran, supply chain, manajemen produksi, dan manajemen keuangan; mampu mengeksplorasi berbagai teknik kecerdasan artifisial yang dapat diterapkan pada pemecahan masalah di bidang bisnis; mampu merancang pemodelan proses bisnis dan mengimplementasikan solusi digital; mampu merancang dan mengimplementasikan cloud computing dan manajemen keamanan informasi untuk kegiatan bisnis yang berbasis digital.[2]

Kompetensi lulusan program studi Sistem Informasi (SI): mampu memahami manajemen organisasi dan bisnis; mampu merancang, menerapkan, dan mengelola sistem informasi untuk bisnis dan organisasi besar, dengan dua peminatan Desain Komunikasi Visual (Visual Communication Design), Tata Kelola Teknologi Informasi (IT Governance), dan Sistem Informasi Enterprise (Enterprise Information System).[3]

Kompetensi lulusan program studi Teknik Informatika (TI): mampu memahami pengembangan perangkat lunak, database, jaringan/infrastruktur teknologi informasi untuk berbagai kebutuhan komputasi terkini dan masa depan, dengan dua peminatan Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) dan Infrastruktur Teknologi Informasi (IT Infrastructure).[4]

Pembangunan Karakter dan Klub Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

Mahasiswa STT NF dibimbing para dosen untuk membangun karakternya agar menjadi mahasiswa yang siap menghadapi persaingan global dengan karakter mulia. Pendidikan soft skill diberikan melalui perkuliahan (ada mata kuliah kepribadian di tiap semester) dan di luar kuliah, antara lain tentang kerja sama tim, keterampilan berkomunikasi, keterampilan berorganisasi, kepemimpinan, kewirausahaan atau technopreneurship, dan sebagainya. Salah satu pelatihan soft skill untuk mahasiswa STT NF adalah School of Thinking. Mahasiswa juga dibimbing aktif dalam klub-klub sesuai dengan bidang minat, seperti klub robotik, klub desain grafis, e-business club, leadership club, klub menulis, klub paduan suara, klub olahraga, dan lain-lain.

Beasiswa Sarjana[sunting | sunting sumber]

STT NF bekerja sama dengan berbagai institusi dan perorangan memberikan beasiswa untuk mahasiswa dari keluarga dhuafa dan mahasiswa berprestasi. Pemberi beasiswa itu antara lain dari pemerintah pusat melalui Kementerian Dikbud Ristek, LLDIKTI atau Kopertis IV, pemerintah daerah, perusahaan swasta, BUMN, BUMD, lembaga ZIS, perorangan, dan mitra lain Yayasan Profesi Terpadu Nurul Fikri.

Mitra[sunting | sunting sumber]

STT Nurul Fikri memiliki banyak mitra strategis yang kompeten dalam pengembangan penelitian teknologi informasi, karier, pemberi dana beasiswa, dan pengabdian kepada masyarakat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]