Sekolah Tinggi Sains dan Teknologi Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sekolah Tinggi Sains dan Teknologi Indonesia
Negara Bandung, Indonesia
Pendiri Yayasan Pendidikan Pelita Bandung
Tanggal peluncuran 14 Februari 1984
Situs web resmi www.inten.ac.id

Sekolah Tinggi Sains dan Teknologi Indonesia (ST-INTEN) adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Kota Bandung, Jawa Barat.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Yayasan Pendidikan PELITA menyelenggarakan Pendidikan Tinggi sejak tahun 1984 di bidang Teknologi, sebagai wujud nyata partisipasi yayasan dalam mengisi pembangunan nasional

Program pendidikan yang diselenggarakan adalah program sarjana yang dapat diselesaikan dalam waktu 8 semester atau 4 tahun yang meliputi 144 SKS.

Proses pendidikan tidak terbatas pada kegiatan akademik saja, karena para mahasiswa harus menemukan jatidirinya di kampus ini, berupa keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan pendidikan lainnya.

Lembaga ini merupakan Sekolah Tinggi yang menjadi sarana dalam rangka penguasaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memberikan nilai tambah serta memberikan pemecahan masalah konkrit dalam pembangunan

Jurusan[sunting | sunting sumber]

  1. Jurusan Teknik Informatika, bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu menggunakan komputer untuk memecahkan masalah dalam berbagai bidang, baik teknologi, bisnis maupun administrasi.
  2. Jurusan Teknik Arsitektur, bertujuan untuk menghasilkan sarjana yang kreatif, produktif dan mandiri serta memiliki keterampilan dan pengetahuan profesional di bidangnya.
  3. Jurusan Teknik Elektro, bertujuan untuk menghasilkan sarjana teknik yang memiliki pengetahuan dasar yang kuat sehingga mampu mengikuti perkembangan sains dan teknologi.
  4. Jurusan Teknik Sipil, bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan pengetahuan dan ilmunya di lapangan, memiliki sikap profesional dan siap menghadapi tantangan kemajuan pembangunan.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Staf Pengajar Perkuliahan diberikan oleh staf pengajar yang terdiri dari dosen tetap dan dosen luar biasa yang sudah berpengalaman dan ahli dibidangnya serta memiliki kualifikasi yang sama dengan dosen PTN.

Kampus Kegiatan perkuliahan diselenggarakan di gedung berlantai 4 (empat) di kampus utama dan ruang kuliah disekitar gedung pusat administrasi dengan ruang kuliah yang representatif, berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda No. 126B dan 130C yang mudah dicapai dari segala jurusan kendaraan umum serta berdekatan dengan bank, rumah sakit, telepon umum dan asrama.

Laboratorium Laboratorium merupakan bagian yang tak terpisahkan dengan berbagai program studi teknologi. Laboratorium ini terus dikembangkan dengan mengadakan kerjasama pihak-pihak terkait serta dilengkapi oleh:

  1. Laboratorium Dasar Komputer
  2. Laboratorium Software
  3. Laboratorium Hardware
  4. Laboratorium Rangkaian Listrik
  5. Laboratorium Elektronika
  6. Laboratorium Mekanika Tanah
  7. Laboratorium Gambar Teknik/Studio
  8. Laboratorium Fisika Dasar
  9. Laboratorium Beton

Perpustakaan[sunting | sunting sumber]

Perpustakaan ST-INTEN Bandung memiliki koleksi berbagai buku acuan standard/wajib, jurnal dan majalah ilmiah yang diperlukan oleh berbagai jurusan di lingkungan ST-INTEN. Perpustakaan ini merupakan pusat informasi ilmu pengetahuan yang sangat penting dalam menunjang suatu pendidikan di perguruan tinggi .

Referensi[sunting | sunting sumber]