Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Banjarbaru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
STMIK Banjarbaru
MotoMenjelang Masa Depan Gemilang
JenisPerguruan Tinggi Swasta
Didirikan2003; 21 tahun lalu (2003)
RektorIr. Yulia Yudihartanti, M.Kom
Staf akademik
45
Jumlah mahasiswa-
Sarjana2
Magister37
Doktor1
Alamat
Jl. Ahmad Yani KM. 33,3 Loktabat Banjarbaru Kalimantan Selatan 70712
, , ,
KampusUrban
WarnaHijau, Orange
   
Nama julukanKorps IT
AfiliasiDAT
Situs webwww.stmik-banjarbaru.ac.id

Sejarah Singkat[sunting | sunting sumber]

Gedung Kampus D STMIK Banjarbaru

STMIK Banjarbaru (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) Banjarbaru secara resmi dikukuhkan pada tanggal 31 Januari 2003 oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi atas nama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebagai satu-satunya Institusi Pendidikan Tinggi Jenjang Strata 1 (S1) di Banjarbaru Kalimantan Selatan dengan tempat perkuliahan di dua tempat yaitu:

Sedangkan Program Studi yang dimiliki:

Adapun sejarah singkatnya adalah sbb.:

  • 10 November 2002: Permohonan ijin diajukarn kepada MENDIKNAS RI
  • 29 November 2002: STMIK Banjarbaru diperintahkan untuk melengkapi persyaratan oleh Dir. Akademik dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti (SK No.2973/L2/2002)
  • 31 Januari 2003: Ijin Mendiknas RI No.15/D/O/2003 tentang STMIK Banjarbaru untuk Program Studi Sistem Informasi (S1) dan Teknik Informatika (S1)
  • 01 Juni 2006: Status Terakreditasi (No.004/Ban-PT/Ak-X/S1/VI/2006) untuk Program Studi Teknik Informatika
  • 16 Desember 2006: Status Terakreditasi (No.020/Ban-PT/Ak-X/S1/XII/2006) untuk Program Studi Sistem Informasi

STMIK Banjarbaru sebagai institusi pendidikan, STMIK Banjarbaru juga merupakan lembaga pengkajian yang memelihara pengembangan serta menyebarkan ilmu pengetahuan bagi kepentingan dan kesejahteraan umat manusia. Peran dan fungsi ini dituangkan dalam Tri Darma Perguruan Tinggi yang terdiri dari 3 (tiga) misi utama: Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat.

Secara khusus STMIK Banjarbaru hadir untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja akan sarjana komputer yang sangat diperlukan di daerah Kalimantan Selatan khususnya dan Wilayah Kalimantan pada umumnya saat ini.

STMIK merupakan Perguruan Tinggi yang banyak diminati, tidak hanya siswa, tetapi termasuk lembaga atau institusi yang ingin memiliki institusi STMIK itu sendiri. Akan tetapi mendirikan STMIK tidaklah mudah. Hanya lembaga yang memenuhi persyaratan dan kualifikasi saja yang diberi izin Mendiknas untuk mendirikan STMIK.

Karenanya, dihimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap STMIK ilegal (mengaku STMIK tetapi tidak memiliki izin Mendiknas) yang menurut edaran Dirjen Dikti dan Kopertis Wilayah XI disebut Perguruan Tinggi Ilegal.

Memilih STMIK Banjarbaru merupakan pilihan yang tepat dan jitu saat ini, sebab untuk sementara di daerah Kalimantan Selatan hanya STMIK Banjarbaru yang menawarkan program bahwa lulusannya memiliki kemampuan sebagai Sarjana dibidang Informasi dan Komputer yang memiliki izin dari MENDIKNAS.

Memilih STMIK Banjarbaru sama artinya memilih kendaraan balap sebagai tumpangan untuk mencapai tujuan yaitu pekerjaan yang prestisius dan kemampuan intelektual yang excellent serta penguasaan teknologi informasi sebagai bekal kemampuan bersaing pada abad teknologi saat ini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Situs resmi STMIK Banjarbaru

Website resmi khusus untuk alumni STMIK Banjarbaru Diarsipkan 2012-11-13 di Wayback Machine.

Website Penerimaan Mahasiswa Baru