Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

STKIP Pasundan

Lambang STKIP Pasundan

Motto Nyantri, Nyunda, Nyakola
Didirikan 12 Juli 1986
Jenis Perguruan Tinggi
Ketua Drs. Edi Komarudin, M.M.
Lokasi Cimahi, Indonesia

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan adalah sebuah perguruan tinggi yang beralamat di Jalan Permana nomor 32B Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi 40512, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

STKIP Pasundan berdiri tanggal 12 Juli 1986 sebagai salah satu perguruan tinggi di bawah naungan Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan, keberadaan dan pengembangannya tidak lepas dari tujuan dan cita-cita Paguyuban Pasundan, sebagai organisasi induk yang lahir tahun 1913. Sehingga esensi dan eksistensinya tidak terlepas dari garapan pengabdian Paguyuban Pasundan terutama dalam turut mencerdaskan kehidupan dan kesejahteraan bangsa Indonesia


Lambang[sunting | sunting sumber]

Lambang/logo STKIP Pasundan terdiri dari beberapa komponen dengan pengertian sebagai berikut:

  • Perisai berbentuk segi lima, adalah lambang Pancasila azas negara yang menjadi pedoman bagi segala bentuk kegiatan STKIP Pasundan untuk kepentingan negara, bangsa, dan agama.
  • Obor, merupakan alat penerang, menggambarkan darma seorang sarjana sebagai juru penerang dan penunjuk jalan yang benar dan baik kepada masyarakat.
  • Sayap, lambang ilmu yang akan membawa pemilik ke tingkat yang lebih tinggi demi kemajuan dan perbaikan kehidupan.
  • Kujang, senjata pusaka Sunda, menggambarkan kekuatan dan keberanian untuk melindungi hak dan kebenaran yang menjadi tugas ilmu pengetahuan.
  • Bunga Padma, tergambarkan dalam bentuk api obor yang melambangkan kearifan yang mekar indah, abadi, suci sepanjang, perlambang kebudayaan dan pendidikan.

Motto[sunting | sunting sumber]

Motto STKIP Pasundan adalah: Nyantri, Nyunda, Nyakola. Diambil dari kata sifat Bahasa Sunda dengan pengertian sebagai berikut:

  • Nyantri: memegang teguh norma-norma keagamaan sebagai pedoman berperilaku.
  • Nyunda: melestarikan budaya Sunda dan menerapkannya dalam berbagai segi kehidupan.
  • Nyakola: berkaitan dengan pendidikan, sebagai upaya memerangi kebodohan, meningkatkan diri, meningkatkan karier, dan menjadi masyarakat yang lebih beradab.


Jurusan dan Program Studi[sunting | sunting sumber]

Pada saat pendirian, STKIP Pasundan memiliki 3 (tiga) buah jurusan/program studi yang semuanya berjenjang S1 (Strata 1), yaitu:

  1. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
    • Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
  2. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
  3. Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan
    • Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR)

Selanjutnya, mulai tahun 2008 menambah program studi baru yaitu Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial jenjang S2 (Strata-2) dengan Ketua Prodi Prof. Dr. Idrus Affandi, S.H.

Riwayat Singkat STKIP Pasundan Cimahi[sunting | sunting sumber]

STKIP Pasundan didirikan hari Kamis tanggal 12 Juli 1986. Pendiriannya merupakan perwujudan dari cita-cita Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan dalam rangka membantu pemerintah dalam bidang pendidikan. Pada saat ini yayasan tersebut telah berubah nama menjadi Bale Atikan Pasundan dan telah memiliki 4 (empat) lembaga pendidikan tinggi, yaitu: Universitas Pasundan (Unpas), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasundan, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan Cimahi, dan Sekolah Tinggi Hukum (STH) Pasundan di Sukabumi.

Pendirian STKIP Pasundan Cimahi dirintis melalui pertemuan antara Pengurus Besar Paguyuban Pasundan, Pengurus Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan, dan Koordinator Kopertis Wilayah IV Jawa Barat pada hari Sabtu tanggal 25 Januari 1986. Sebagai tindak lanjut dari pertemuan tersebut, Pengurus Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan dengan Surat Keputusan No. K/17/SK/YDPP/II/86 tanggal 16 Februari 1986 membentuk Panitia Persiapan STKIP Pasundan. Kemudian pada tanggal 12 Juli 1986, melalui Surat Keputusan Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Nomor: 69/SK/YDP/VI/1986, STKIP Pasundan Cimahi secara resmi didirikan dengan susunan pengurus antara lain Drs. Ateng Sopala sebagai ketua, Dr. Maman Abdurrachman sebagai Pembantu Ketua Bidang Akademik, Drs. Nana Gunawan sebagai Pembantu Ketua Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, dan Drs. H. M. Odon Kardana sebagai Pembantu Ketua Bidang Kemahasiswaan.

Sejak awal berdirinya, lembaga ini memiliki tiga program studi dalam jenjang S-1 yaitu Pendidikan Moral Pancasila dan Kewarganegaraan (PMPKN), Pendidikan Bahasa Inggris, serta Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan. Pada tanggal 9 Januari 1987, STKIP Pasundan mendapat status “terdaftar” berdasarkan SK Mendikbud RI nomor 038/O/1987.

Mulai tahun akademik 1999-2000, STKIP Pasundan Cimahi membuka kelas non-reguler atau kelas karyawan. Hal tersebut dimaksudkan untuk membantu para guru, khususnya yang berada di wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung, yang sudah memiliki ijazah pendidikan jenjang D-II atau D-III dan ingin meneruskan pendidikannya ke jenjang S-1. Dalam perkembangannya kemudian, mahasiswa kelas non-reguler ini tidak terbatas pada guru saja, tapi juga diikuti mereka yang berasal dari berbagai profesi/pekerjaan, seperti: tentara, polisi, karyawan perusahaan, bahkan ibu rumah tangga dan mereka yang berupaya meningkatkan diri melalui pendidikan.

Pada tahun 2000, STKIP Pasundan mendapat akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Berdasarkan surat keputusan nomor 006/BAN-PT/Ak-IV/V/2000 tanggal 29 Mei 2000 Program Studi PPKn terakreditasi dengan Peringkat B, dan Program Studi PJKR mendapatkan Peringkat B. Selain itu, berdasarkan surat nomor 012/BAN-PT/Ak-IV/VI/2000 tanggal 23 Juni 2000, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris mendapatkan Peringkat B.

Pada tahun 2005, STKIP Pasundan melakukan reakreditasi untuk ketiga program-studinya. Berdasarkan SK BAN-PT nomor 007/BAN-PT/Ak-IX/S1/VI/2005 tanggal 8 Juni 2005, Program Studi PJKR terakreditasi dengan Peringkat B; SK BAN-PT nomor 008/BAN-PT/Ak-IX/S1/VI/2005 tanggal 23 Juni 2005, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris mendapatkan Peringkat B; dan SK BAN-PT nomor 014/BAN-PT/Ak-IX/S1/VIII/2005 tanggal 4 Agustus 2005, Program Studi PPKn mendapatkan Peringkat B.

Mulai tahun 2005, STKIP Pasundan dipimpin oleh Drs. H. Edi Komarudin, M.M. sebagai ketua, didampingi oleh Dr. H. Endang Komara, M.Si. sebagai pembantu ketua bidang akademik.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]