Sekolah Tinggi Ilmu Maritim AMI

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sekolah Tinggi Ilmu Maritim “AMI”
STIMAR "AMI"
Nama sebelumnya
Akademi Maritim Indonesia (AMI)
Moto dalam bahasa Inggris
Bring You To The Sea To Seize The World
Didirikan1960
Lembaga induk
Yayasan Sinar Poseidon Gupita
KetuaCapt. Albert Lapian, M.Mar
Lokasi
Jakarta Selatan
,
DKI Jakarta
,
13210
,
Indonesia
WarnaBiru
Nama julukanKampus Ungu
Situs webhttps://www.stimar.ac.id

Sekolah Tinggi Ilmu Maritim “AMI” merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang diawasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi dan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang berdiri sejak 1960 dengan nama Akademi Maritim Indonesia (AMI) lalu menjadi STIMar "AMI". Letak kampus STIMAR AMI berada di Jl Jl. Pacuan Kuda , RT.1/RW.15, Kayu Putih, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13210 berada di sebelah Institut Bisnis & Multimedia ASMI.

SEJARAH[sunting | sunting sumber]

Sekolah Tinggi Ilmu Maritim "AMI" berdiri pada tanggal 3 Oktober 1960. Pada saat berdiri STIMar "AMI" bernama Akademi Maritim Indonesia (AMI). AMI lahir sebagai jawaban dari kebutuhan akan SDM bidang maritim pada saat itu.

Perubahan bentuk dari Akademi Maritim Indonesia (AMI) yang berdiri sejak tanggal 3 Oktober 1960. Semula hanya menyelenggarakan program Diploma III Program Studi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga (KPN), selanjutnya pada tahun 1984 AMI membuka program Diploma III Program Studi Nautika dan Program Studi Teknika berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 093/0/1984.

Seiring dengan perkembangan industri maritim, maka pada tahun 2001 dibukalah Program Studi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan jenjang Diploma IV, yang sekaligus merealisasikan stratifikasi struktur pengajaran dari Program Diploma III menjadi Sarjana Sains Terapan. Seiring dengan perubahan tersebut maka Akademi Maritim Indonesia diubah menjadi Sekolah Tinggi Maritim disingkat STIMAR “AMI”.

Perubahan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 158/D/0/2001 tanggal 30 Agustus 2001. Selanjutnya berdasarkan SK. Badan Akreditasi Nasional (BAN) No. 002/BAN/PT/AK-I/Dpl/III/2002 tanggal 28 Maret 2002 Program Studi KPN D-III mendapatkan akreditasi “A”.

Selanjutnya, pada tahun 2001, AMI memperoleh peningkatan status dari Akademi menjadi Sekolah Tinggi dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Maritim "AMI" (STIMar "AMI").

Pada tahun 2006 terjadi pengalihan pengelolaan STIMar "AMI" dari Yayasan Lembaga Pendidikan Gideon (YLPG) kepada Yayasan Sinar Poseidon Gupita (YSPG)

Sekolah Tinggi Maritim (STIMar) ‘AMI’ mulai tahun ajaran 2022-2023 membuka Program Studi (Prodi) Sarjana Rekayasa Transportasi Laut. Prodi baru ini melengkapi 4 Prodi jenjang D3/D4 yang sudah ada, yakni Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan (jenjang D3/D4), Nautika dan Teknika (D3).[1]

Program Studi Rekayasa Transportasi Laut telah memperoleh izin penyelenggaraan program studi berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 653/E/0/2022 pada tanggal 12 September 2022.

Program Studi Logistik telah memperoleh izin penyelenggaraan program studi berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 752/E/0/2022 pada tanggal 19 Oktober 2022.

PROGRAM STUDI[sunting | sunting sumber]

  1. Program Sarjana (S1)
    1. Program Studi Rekayasa Transportasi Laut
    2. Program Studi Logistik
    3. Program Studi Bisnis Maritim
  2. Program Diploma IV (Sarjana Sains Terapan)
    1. Program Studi KPN&.K (Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga & Kepelabuhan)
  3. Program Diploma Ill (Ahli Madya)
    1. Program Studi KPN&.K (Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga & Kepelabuhan)
    2. Program Studi Nautika
    3. Program Studi Teknika

Program Studi Rekayasa Transportasi Laut[sunting | sunting sumber]

Program Studi Rekayasa Transportasi Laut telah memperoleh izin penyelenggaraan program studi berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 653/E/0/2022 pada tanggal 12 September 2022.

Program Studi Logistik.[sunting | sunting sumber]

Program Studi Logistik telah memperoleh izin penyelenggaraan program studi berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 752/E/0/2022 pada tanggal 19 Oktober 2022.

Program Studi KPN&.K (Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga & Kepelabuhan) Diploma IV[sunting | sunting sumber]

Program Studi KPN&K D-IV telah memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT).

Program Studi KPN&.K (Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga & Kepelabuhan) Diploma III[sunting | sunting sumber]

Prodi KPN&K D III telah memperolah akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT).

Program Studi Nautika[sunting | sunting sumber]

Prodi Nautika D-III telah memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) dan Approval dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Program Studi Teknika[sunting | sunting sumber]

Prodi Teknika D-III telah memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) dan Approval dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

FASILITAS[sunting | sunting sumber]

  1. Perpustakaan
  2. Lab. Bahari
  3. Bengkel Kerja
  4. Bengkel Mesin
  5. Lab. Navigasi dan Bridge Simulator
  6. Engine Room Simulator
  7. Lab. Bahasa
  8. Lab. Komputer
  9. Lab. GMDSS
  10. Lab. CBT
  11. Lab. CBA
  12. ECDIS Simulator
  13. Radar Simulator
  1. ^ admin. "STIMar 'AMI' Buka Prodi Sarjana Rekayasa Transportasi Laut" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-01-11.