Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Suaka Insan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
STIKES Suaka Insan
Moto "IN OMNIBUS CARITAS" (Segalanya dengan Kasih)
Didirikan 2006
Jenis Perguruan tinggi swasta
Rektor Sr.Anastasia Maratning, SPC, BSN, MAN
Lokasi Jl. H.Jafri Zam-Zam No.8, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia
Kampus Komplek Suaka Insan
Warna Abu-abu
Julukan Saint Paul College
Situs web www.stikes-suakainsanspc-bjm.ac.id

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Suaka Insan adalah sebuah perguruan tinggi swasta berbasis sekolah tinggi yang berlokasi di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Sekolah tinggi ini dikelola oleh Yayasan Suaka Insan Suster-Suster Santo Paulus dari Chartres (SPC).

Untuk saat ini STIKES Suaka Insan membuka 2 program Studi, yakni:

  1. Diploma III Keperawatan (D III)
  2. Sarjana Ilmu Keperawatan (S1)

STIKES Suaka Insan berada di Komplek Suaka Insan (satu kawasan dengan Rumah Sakit Suaka Insan, Yayasan Suaka Insan SPC, Susteran SPC dan STIKES Suaka Insan).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tidak lepas dari berdirinya Rumah Sakit Suaka Insan di Banjarmasin, pada tahun 1970, maka berdirilah sekolah keperawatan Suaka Insan.

  • Sekolah Penjenang Kesehatan Umum / SPKU (1972 – 1979)

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga keperawatan di Rumah Sakit Suaka Insan dan memberi kesempatan pendidikan kejuruan bagi lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan membantu pemerintah dalam menyediakan tenaga perawat.

Program ini meluluskan 4 (empat) angkatan dan 99,5% dari mereka telah mengikuti "Suplemantary Tranning" selama 1 (satu) tahun sehingga pendidikan mereka sejajar dengan Pendidikan Sekolah Perawat Kesehatan (SPK). Peserta pendidik direkrut dari pedalaman Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

  • Sekolah Perawat Kesehatan / SPK (1981 – 1995)

Peserta didik berasal dari lulusan SMP atau sederajat. Dimana program ini telah meluluskan 14 (empat belas) angkatan. lulusan aktif bekerja di instansi kesehatan baik di pemerintahan dan swasta, dimana setiap tahun dari 20-25% lulusan SPK menjadi tenaga perawat di Rumah Sakit Suaka Insan.

Dalam Rangka mendukung program pemerintah dan menurunkan angka kematian ibu melahirkan dan bayi, 60% dari semua bidan lulusan SPK Suaka Insan telah mengikuti dan menyelesaikan program pendidikan kebidanan program A di sekolah-sekolah yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta. Atas kepercayaan pemerintah juga maka Sekolah Perawat Suaka Insan dipercaya untuk menyelengarakan program Pendidikan Bidan A dan C.

Setelah kurun waktu 12 tahun Sekolah Perawat Suaka Insan berubah status dari Jenjang Pendidikan Menengah (JPM) menjadi Jenjang Pendidikan Tinggi (JPT).

  • Akademi Keperawatan Suaka Insan / AKPER Suaka Insan (1995 - 1997)

Dengan Keluar Surat Keputusan Mnteri Kesehatan RI No.HK.00.06.1.1.4798, tanggal 1 Desember 1994, Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Suaka Insan mendapat izin konversi secara resmi menjadi Akademi Keperawatan (AKPER) Suaka Insan.

AKPER Suaka Insan mulai menerima mahasiswa angakatan pertama pada tahun ajaran 1995/1996. setelaha meluluskan 2 (dua) angkatan, AKPER Suaka Insa pada bulan Maret 2000 terakreditasi Strata A.

Hingga tahun 2006 AKPER Suaka Insan telah meluluskan 11 Angkatan.

  • STIKES Suaka Insan (2007 sampai sekarang)

Akhirnya untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat serta kemajuan zaman, tanggal 19 Oktober 2006 sesuai dengan SK Mendiknas No. 244/D/O/2006, AKPER Suaka Insan menjadi STIKES Suaka Insa, dan mendapat perpanjangan Izin penyelenggaraan Program Studi dengan SK Mendiknas Nomor 27/10/D/T/K-XI/2009, dengan nama STIKES Suaka Insan.

STIKES Suaka Insan mulai menyelangarakan proses pendidikan Program Sarjana (S1) Keperawatan terhitung sejak tahun akademik 2007/1. Perpanjangan izin untuk Program DIII Keperawatan diberikan oleh Kopertis Wilayah XI atas nama DIKTI dengan nomor 1883/D/T.K-XI/2009, Tanggal 16 April 2009.