Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Siswa SMAKBO
Sekolah Menengah Analisis Kimia Bogor
Informasi
Didirikan 7 September 1955
Jenis Negeri, Nonasrama
Akreditasi keputusan Menteri Perindustrian No. 234/M/SK/6/1985
Kepala Sekolah Dra. Hadiati Agustine
Program/jurusan/
peminatan
Kimia
Jumlah siswa rata-rata 235 siswa / tahun
Alamat
Lokasi , Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Situs web www.smakbo.sch.id
Lain-lain
Lulusan 4.383 (2006)


Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor (SMAKBO), kadang masih disebut juga sebagai SAKMA Bogor, merupakan salah satu lembaga pendidikan kejuruan negeri empat tahun di bawah Departemen Perindustrian Republik Indonesia yang mencetak tenaga analis kimia atau operator laboratorium tingkat menengah yang siap pakai. Saat ini ada dua sekolah negeri sejenis di Indonesia, yaitu Sekolah Menengah Analis Kimia Padang di Padang, Sumatera Barat dan Sekolah Menengah Analis Kimia Ujungpandang di Makassar, Sulawesi Selatan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Herman Busser, pendiri SMAKBO, 1955

Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor merupakan kelanjutan dan Analysten Cursus yang sejak permulaan Perang Dunia I diselenggarakan oleh Indonesiche Chemische Vereniging (Persatuan Ahli Kimia Indonesia) di Balai Penelitian Kimia Bogor, sekarang BBIA (Balai Besar Industri Agro) Bogor. Tujuan pendirian kursus ini adalah untuk memenuhi kebutuhan tenaga analis bagi balai penelitian tersebut dan cabang-cabangnya.

Pada tanggal 8 September 1955 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perekonomian Nomor 12.060/TU tanggal 8 September 1955, kursus ini diberi status sekolah dengan nama Sekolah Analis Kimia (SAK). Sekolah ini mulai berdiri sendiri dari BPK pada tahun 1961 dan bertanggung jawab langsung kepada direktur PNPR. Sejak tahun 1966 dengan SK Menteri Perindustrian Ringan Nomor 9/SK/DM/1961 tanggal 23 Juni 1966 namanya diubah menjadi Sekolah Analis Kimia Menengah Atas (SAKMA). Tahun 1975 pembina pengelolanya adalah Pusdiklat Departemen Perindustrian.

Tahun 1985 namanya diganti menjadi Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor (SMAKBO) berdasarkan keputusan Menteri Perindustrian No. 234/M/SK/6/1985 tanggal 24 Juni 1985. Pembinanya adalah Pusbinlat Departemen Perindustrian, dan sejak tahun 2002 pengelolanya adalah Pusdiklat Indag Departemen Perindustrian dan Perdagangan. Sejak tanggal 31 Januari 2005 kembali dikelola oleh Pusdiklat Industri Departemen Perindustrian. Jumlah lulusan sejak didirikan sampai bulan Juni tahun 2006 adalah 4.383 orang.

Sistem Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Program pendidikan SMAKBO merupakan Program Pendidikan Kejuruan, Kelompok Rekayasa, Rumpun Kimia dengan Program Studi Kimia Analisis. Sistem pendidikan yang diterapkan di SMAKBO adalah:

  1. Lama pendidikan 4 tahun yang dibagi dalam 4 tingkat atau 8 semester.
  2. Tahun Ajaran baru dimulai bulan Juli, waktu belajar efektif 18 minggu per semester.
  3. Siswa yang tidak naik kelas pada tahun pertama (semester 2) diharuskan, pindah ke sekolah lain (sistem gugur). Dan selama tahun ke dua sampai tahun ke empat, siswa yang tidak naik kelas diberi kesempatan mengulang satu kali.
  4. Masa pendidikan di SMAKBO maksimal 6 (enam) tahun dan tidak boleh tinggal Iebih dari dua tahun pada tingkat yang sama.
  5. Siswa tidak boleh menikah selama masa pendidikan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]