Sekolah Kolese Trinity

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sekolah Kolese Trinity (Trinity College School, disingkat TCS) adalah sekolah menengah berasrama di Port Hope, Ontario, Kanada yang menerima siswa laki-laki dan perempuan. Sekolah ini didirikan 1 Mei 1865, dua tahun sebelum Konfederasi Kanada. Kelas 5 sampai kelas 8 disebut sekolah yunior (menengah pertama), dan kelas 9 sampai kelas 12 disebut sekolah senior (menengah atas). Sekolah ini berafiliasi dengan Gereja Anglikan.

Sejumlah alumni sekolah menjadi tokoh yang dikenal di Kanada, di antaranya: Sir William Osler, Archibald Lampman, Peter Jennings, Mark McKinney, Reginald Fessenden, Charles Taylor, dan Yann Martel. Conrad Black bersekolah di sini selama kurang dari setahun sebelum dikeluarkan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Trinity College School didirikan oleh William A. Johnson di kota Weston, Ontario. Johnson membuka sekolah di rumah kediamannya pada 1 Mei 1865. Pada waktu itu hanya ada 9 siswa dan seorang guru. Secara bertahap, penduduk mengirimkan putra-putrinya ke sekolah yang didirikan Johnson. Sekolah pun berkembang hingga perlu mendirikan gedung baru. Guelph, Whitby, Niagara, atau Norold dipertimbangkan sebagai lokasi baru. Namun, penduduk yang berpengaruh di Port Hope, Ontario lebih senang bila Sekolah Trinity dibangun di Port Hope, Ontario. Mereka menawarkan untuk membayar sewa lahan sekolah sekalam 3 tahun. Tawaran tersebut disambut baik oleh pihak sekolah, dan Trinity College School dibuka di Port Hope pada bulan September 1869.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]