Sekiwake

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sekiwake (関脇) adalah peringkat ketiga dari atas dalam olahraga Sumo profesional dan salah satu peringkat di kelas sanyaku.

Peringkat sekiwake merupakan peringkat tertinggi yang bisa dicapai pegulat yang terus menerus mencetak kachikoshi dalam turnamen. Kenaikan peringkat menjadi sekiwake bergantung pada tersedianya tempat kosong atau kalau pegulat memiliki catatan kemenangan yang meyakinkan sebagai komusubi dalam turnamen sebelumnya, seperti 10 kali menang dan 5 kali kalah (10-5). Pegulat sekiwake yang mencetak makekoshi (lebih banyak kalah daripada menang) secara otomatis akan diturunkan kembali menjadi komusubi.

Pegulat yang berhasil mencapai peringkat sekiwake berhak mendapat fasilitas seperti komusubi dan gaji yang lebih tinggi dari maegashira. Pegulat sekiwake boleh mendampingi ketua Asosiasi Sumo Jepang sewaktu membuka dan menutup turnamen yang diadakan 6 kali dalam setahun. Pegulat sekiwake merupakan wakil asosiasi sumo dalam acara resmi kalau pegulat ozeki atau yokozuna sedang berhalangan hadir. Walaupun sepanjang kariernya seorang pegulat sumo hanya berhasil menduduki peringkat sekiwake, pegulat sekiwake yang sudah pensiun terus berhak menyandang gelar "mantan sekiwake" di depan nama pegulat tersebut sewaktu masih berjaya.

Peringkat sekiwake selalu harus diisi dengan dua orang pegulat yang bisa dinaikkan jumlahnya menjadi 3 atau 4 pegulat sesuai dengan kebutuhan. Walaupun jarang terjadi, pegulat komusubi yang beruntung bisa saja dinaikkan menjadi sekiwake untuk mengisi peringkat sekiwake yang selalu harus diisi dengan dua orang pegulat.