Segoe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Untuk pemain Go, lihat Kensaku Segoe

Segoe (pengucapan bahasa Inggris: [ˈsiːɡoʊ]) adalah sebuah keluarga rupa huruf tanpa kait Humanis yang terkenal karena digunakan oleh Microsoft. Perusahaan ini memakai Segoe di berbagai bahan pemasaran daring dan cetak, termasuk logo sejumlah produk terbarunya. Selain itu, keluarga fon Segoe UI dipakai oleh berbagai aplikasi Microsoft, dan dapat diinstal oleh aplikasi (seperti Microsoft Office 2007 dan Windows Live Messenger 2009) atau dipaketkan bersama sistem operasi tertentu (termasuk Windows Vista dan Windows 7).

Nama Segoe adalah merek dagang terdaftar Microsoft Corporation, meski awalnya rupa huruf ini dikembangkan oleh Monotype. Rupa huruf ini dinamai sesuai nama Segoe Road di Madison, Wisconsin, tempat salah seorang teknisi Monotype tinggal.

Segoe UI[sunting | sunting sumber]

Segoe UI font.svg
Kategori Sans-serif
Perancang Steve Matteson
Pembuat Microsoft Typography
Diluncurkan 2004
Teks contoh Segoe UI
Contoh

Segoe UI adalah sebuah rupa huruf sans-serif yang dipakai di produk-produk Microsoft untuk teks antarmuka pengguna, serta sejumlah bahan bantuan pengguna secara daring, yang dirancang untuk memperbaiki konsistensi cara pengguna melihat semua teks dalam berbagai bahasa. Rupa huruf ini berbeda dari pendahulunya, yaitu Tahoma dan fon antarmuka pengguna Mac OS melalui hurufnya yang lebih bulat. Segoe UI diproduksi oleh Monotype Imaging.[1]

Segoe UI hanyalah satu dari beberapa fon (sedikitnya 27) yang memakai merek dagang Segoe; sisanya meliputi fon cetak yang beragam bentuknya[2] yang digunakan secara pribadi oleh Microsoft dan agen periklanan mereka, fon tulisan tangan Windows Vista Segoe Script dan Segoe Print, Segoe Chess (fon catur), beberapa font Segoe Media Center, dan Segoe TV, yang terpasang langsung di kotak MSN TV.

Versi Light dan Semibold dari Segoe UI diperkenalkan di Windows 7.[3]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Monotype Imaging Brings Fonts to Microsoft Office and Windows Vista Products". Ir.monotypeimaging.com. 2007-03-20. Diakses 2009-10-17. 
  2. ^ The Two Faces of the Microsoft Brand (Doug Barney, July 2006)
  3. ^ "New Fonts in Windows 7 Beta". Microsoft.com. Diakses 2009-10-17. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]