Scotch Tape

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pita Scotch

Pita Scotch (Scotch Tape) adalah sebuah nama dagang yang digunakan untuk mendeskripsikan pita perekat tertentu yang diproduksi 3M sebagai bagian dari merk Scotch milik perusahaan tersebut.

Pendahulu pita perekat masa kini dikembangkan pada 1930-an di Minneapolis, Minnesota oleh Richard Drew untuk menutupi atau menyegel sebuah bahan transparan bernama selofan.[1] Meski merupakan sebuah merek, kadang-kadang pita Scotch digunakan di Amerika Serikat dan tempat lainnya sebagai istilah umum untuk pita perekat transparan.

Scotty McTape, seorang tokoh kartun yang memakai kilt, menjadi maskot Scotch selama dua dekade, pertama kali muncul dalam 1944.[2] Desain kotak-kotak yang terkenal, diambil dari desain tartan Wallace, diperkenalkan pada 1945.[2]

Baik Scotch dan Scotch Tape merupakan merk terdaftar dari 3M.

Selain menggunakan "Scotch" sebagai awalan dalam nama dagangnya (Scotchgard dan Scotchlite), perusahaan itu juga memakai nama "Scotch" untuk produk-produk pita magnetik audiovisualnya (terutama yang profesional),[3] sampai awal 1990-an saat pita-pita hanya dicap dengan logo 3M. Pada 1996, 3M keluar dari bisnis pita magnetik, menjual aset-asetnya ke Quantegy (yang merupakan pemisahan unit bisnis/spin-off dari Ampex).

Sinar X[sunting | sunting sumber]

Pada 1953, sejumlah ilmuwan Rusia menemukan bahwa pita scotch mengandung cukup banyak elektron untuk menghasilkan sinar X. Tapi tak seorangpun mempercayai klaim itu sampai ilmuwan Amerika membuktikannya pada 2008. Sinar X ini cukup terang untuk meröntgen sebuah jari.[4]

Referensi dan pranala luar[sunting | sunting sumber]