Scilab

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Scilab
A screenshot of Scilab running
A screenshot of Scilab running
Pengembang Scilab Enterprises
Rilis stabil 5.5.1 (2 Oktober 2014; 45 hari yang lalu (2014-10-02))
Bahasa pemograman Scilab, C, C++, Java, Fortran
Sistem operasi Linux, Windows, Mac OS X, BSD
Ketersediaan bahasa Catalan, German, English, Spanish, French, Italian, Japanese, Portuguese (Brazil), Russian, Ukrainian, Chinese, Czech, Polish
Jenis Technical computing
Lisensi CeCILL
Situs web resmi www.scilab.org, www.scilab-enterprises.com

Scilab adalah paket komputasi numerik yang dikembangkan sejak 1990 oleh para peneliti dari INRIA dan ENPC, tepatnya sejak pendirian konsorsium Scilab pada Mei 2003.

Tinjauan[sunting | sunting sumber]

Scilab adalah bahasa pemprograman tingkat tinggi, sebagian besar kegunaannya didasarkan pada seputar kemampuan menspesifikasi banyak komputasi dengan sedikit baris kode. Scilab melakukan hal ini dengan mengabstraksi tipe data primitif kepada matriks ekuivalen menurut fungsinya.

Scilab memiliki kesamaan fungsionalitas dengan MATLAB, tetapi tersedia untuk diunduh tanpa biaya lisensi. Program ini memungkinkan pengguna untuk melakukan komputasi pada cakupan luas operasi-operasi matematika dari operasi yang relatif sederhana seperti perkalian hingga kepada operasi tingkat tinggi seperti korelasi dan aritmetika kompleks. Perangkat ini sering dipakai untuk pemprosesan sinyal, analisis statistika, perbaikan gambar, simulasi dinamika fluida, dan lain-lain.

Scilab telah digunakan secara luas di beberapa industri dan projek penelitian, dan banyak kontribusi telah dibuat oleh para pengguna. Sintaksnya sama dengan MATLAB, tetapi yang kedua tidak sepenuhnya kompatibel, meskipun terdapat konverter yang disertakan di dalam Scilab untuk konversi kode sumber dari MATLAB ke Scilab. Scilab memiliki lebih sedikit bantuan daripada MATLAB.

Lisensi[sunting | sunting sumber]

Scilab famili 5 didistribusi di bawah lisensi CeCILL yang kompatibel dengan GPL.

Scilab versi-versi terdahulu merupakan perangkat lunak semi-bebas menurut nomenklatur Yayasan Perangkat Lunak Bebas. Alasan untuk hal ini adalah bahwa lisensi Scilab yang lama melarang distribusi secara komersial atau penggunaan versi Scilab yang dimodifikasi bertentangan dengan klausa 6 dari definisi sumber terbuka.

Sintaks[sunting | sunting sumber]

Sintaks Scilab banyak didasarkan pada bahasa MATLAB. Cara paling sederhana untuk menjalankan kode Scilab adalah dengan mengetiknya pada prompt, -->, di dalam jendela perintah grafis. Dengan cara ini, Scilab dapat dipakai sebagai shell matematika interaktif.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Campbell, S.; Chancelier J.-P., Nikoukhah R. (2006). Modeling and Simulation in Scilab/Scicos. New York: Springer. ISBN 978-0-387-27802-5.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • Daftar perangkat lunak analisis numerik
  • Perbandingan perangkat lunak analisis numerik

Pranala luar[sunting | sunting sumber]