Scientology

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Scientology
Pembentukan 1953
Jenis Religious / Commercial[1]
Kantor pusat Gold Base
Riverside County, California[2]
Chairman of Religious Technology Center David Miscavige
Situs web scientology.org
Catatan Flagship facility: Church of Scientology International, Los Angeles, California, USA
Artikel ini adalah bagian dari seri tentang
Scientology
Scientology e meter blue.jpg
BibliografiFilmografi
Dianetika
EngramDianetikaa: MSMHBersih
Doktrin Scientology
ThetanKemampuan adikodrati
Opera ruang angkasaXenuEvolusi manusia
Kehidupan yang laluKlaim medisTeks-teks yang diubah
Praktik
Teknik belajarOditingDiskoneksi
PenurunanComm EvsE-meter
Konsep
MESTARCSkala nadaPikiran reaktif
Tokoh
L. Ron HubbardMary Sue Hubbard
Heber JentzschDavid Miscavige
Lisa McPhersonLawrence Wollersheim
Kelompok publik dan rekrutmen
Tes kepribadianPendeta relawan
SelebritisHak asasiABLECBAA
WISENarcononDowntown Medical
CriminonJalan menuju Bahagia
Organisasi
GerejaSea OrgRPF
Pusat selebritisBasis Trementina
Gereja Teknologi Spiritual
Kantor Urusan KhususBasis emas
Perhimpunan penganut Scientology Internasional
Pusat Teknologi Agama
Kontroversi
Orang yang menekanPermainan yang adil
Operasi Putri Salju
Opeasi FreakoutInternet
KasushukumZona bebasPatter drill
Fishman AffidavitXenu.net
South ParkScientology sebagai bisnis

Scientology adalah sekumpulan ajaran dan teknik terkait yang dikembangkan oleh pengarang Amerika, L. Ron Hubbard selama sekitar 30 tahun, dimulai pada 1952 sebagai suatu filosofi pertolongan diri-sendiri, perkembangan dari sistem pertolongan diri-sendirinya yang lebih awal, Dianetika. Ajaran ini mengklaim menawarkan suatu metodologi yang eksak (pasti) untuk menolong manusia mencapai kesadaran keberadaan rohaninya melintasi beberapa masa hidupnya dan, pada saat yang bersamaan, untuk menjadi lebih efektif di dunia fisik. Nama "Scientology" juga digunakan untuk merujuk kepada Gereja Scientology yang kontroversial, organisasi terbesar yang mempromosikan praktik Scientology. Gereja ini sendiri adalah bagian dari jaringan korporasi terkait yang mengklaim pemilikan dan wewenang tunggal untuk menyebarkan Dianetika dan Scientology.

Scientology menyatakan bahwa tujuannya adalah "merehabilitasi" thetan (kira-kira setara dengan jiwa) untuk memperoleh kembali keadaannya semula berupa "kebebasan total." Para jurubicara gereja ini dan praktisinya memberikan kesaksian bahwa ajaran-ajaran Hubbard (yang disebut "Teknologi" atau "Tek" dalam terminologi Scientology) telah menyelamatkan mereka dari begitu banyak masalah dan memampukan mereka untuk lebih menyadari potensi tertinggi mereka dalam bisnis maupun kehidupan pribadi mereka.[3][4] Namun, para pengamat luar - termasuk wartawan, anggota parlemen, lembaga-lembaga pemerintahan nasional dari sejumlah negara - telah mencapai kesimpulan tentang Scientology yang sangat bertentangan dengan penggambaran diri Gereja ini. Di antaranya termasuk tuduhan-tuduhan bahwa Gereja ini adalah sebuah usaha komersial tidak jujur, yang mengganggu para kritikusnya dan secara brutal mengeksploitir anggota-anggotanya.[5][6]

Meskipun beberapa pakar dan banyak pemerintahan dunia [7] menerima Scientology sebagai sebuah agama yang bonafid,[8][9] Scientology juga telah digambarkan sebagai pseudo agama, sebuah ajaran sesat[10] atau sebuah perusahaan transnasional.[9]

Lihat pula

Rujukan umum

Catatan

  1. ^ Scientology is recognized as a religion in countries such as the United States, Spain and Australia, while the German and French governments, along with others, consider it a profit-making enterprise.
  2. ^ Associated Press (August 13, 1991). "Rural studio is Scientology headquarters". San Jose Mercury News. hlm. 6B. 
  3. ^ http://www.scientology.org/html/en_US/results/index.html
  4. ^ http://on-line.scientology.org/
  5. ^ Leiby, Richard (24 Desember 1994). "Scientology Fiction: The Church's War Against Its Critics — and Truth". The Washington Post. hlm. C1. Diakses 21 Juni 2006.  More than one of |author= and |last= specified (help).
  6. ^ Goodin, Dan (3 Juni 1999). "Scientology subpoenas Worldnet". CNET News.com. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2012-05-24. Diakses 4 Mei 2006. 
  7. ^ Scientology is a Bona Fide Religion Serving Exclusively Religious and Charitable Purposes
  8. ^ Hexham, Irving (1978, rev. 1997). "The Religious Status of Scientology: Is Scientology a Religion?". Universitas Calgary. Diakses pada 13 Juni 2014.
  9. ^ a b Kent, Stephen (July 1999). "Scientology -- Is this a Religion?". Marburg Journal of Religion. Diakses pada 26 Agustus 2006. Sosiolog Kent, meskipun mengakui bahwa sejumlah rekannya mengakui Scientology sebagai agama, berargumen bahwa "Daripada berdebat tentang apakah Scientology harus diberi label agama atau tidak, saya merasa lebih baik memandangnya sebagai sebuah perusahaan transnasional dengan banyak sisi, dan hanya satu unsurnya saja yang bersifat keagamaan." (huruf miring dalam tulisan asli.)
  10. ^ Beit-Hallahmi, Benjamin (September 2003). "Scientology: Religion or racket?" (PDF). Marburg Journal of Religion. Diakses pada 14 Juni 2014.

Pranala luar

Situs yang mendukung

Situs kritis dan lainnya



Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik. Terima kasih.