Schack August Steenberg Krogh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Schack August Steenberg Krogh

Schack August Steenberg Krogh (lahir 15 November 1874 – meninggal 13 September 1949 pada umur 74 tahun) adalah seorang profesor berkebangsaan Denmark pada departemen fisiologi hewan di Universitas Kopenhagen. Ia banyak memberi kontribusi pada ilmu fisiologi. Banyak karyanya yang merupakan hasil kolaborasi dengan istrinya, Marie Krogh.

Karya dan Nobel[sunting | sunting sumber]

Pada 1920, August Krogh diberi Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran untuk penemuan mekanisme pengaturan pembuluh darah kapiler di otot rangka. Krogh menjelaskan adaptasi perfusi darah pada otot dan organ lainnya sesuai dengan pengaturan pembukaan dan penutupan arteriol dan pembuluh darah kapiler.

Krogh juga yang pertama kali membuat studi perbandingan pada hewan. Ia menulis tesis mengenai pernapasan melalui kulit dan paru-paru pada katak: Pertukaran Nafas pada Hewan-Hewan. Kemudian Krogh terlibat pada penelitian mengenai air dan keseimbangan elektrolit pada hewan air dan ia menerbitkan buku Regulasi Osmotik (1939) dan Fisiologi Perbandingan pada Mekanisme Pernapasan (1941). Krogh memiliki kontribusi atas 200 artikel penelitian di jurnal internasional. Ia merupakan pembuat beberapa peralatan ilmiah seperti spirometer dan alat untuk mengukur kecepatan metabolik basal.

Krogh membawa insulin ke Denmark setelah ditemukan oleh Banting di Toronto pada 1922. Bersama Hagedorn, Krogh membuat priduksi insulin di Denmark dengan menggunakan ekstraksi etanol pada hormon pankreas dari babi.

Laboratorium fisiologi hewan[sunting | sunting sumber]

Pada 1910, Krogh mendirikan laboratorium pertama untuk fisiologi hewan (zoofisiologi) di Uinversitas Kopenhagen yang terletak di Ny Bestergade 11. Laboratorium itu kemudian diperluas pada 1928 serta dipindahkan ke gedung baru di Juliane Maries Vej 28-32 yang dikenal dengan Kompleks Rockefeller karena dibiayai oleh Yayasan Rockefeller.