Scandar Copti

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Scandar Copti (kelahiran 1975 di Jaffa, Israel) adalah seorang pembuat film Israel, yang lahir dan dibesarkan di Jaffa.[1][2][3]

Copti lahir di Jaffa dari sebuah keluarga Kristen Arab. Ibunya, Mary, adalah seorang pengajar dan kepala sekolah demokrasi Arab - Jaffa, dan ayahnya, Ilya, adalah seorang tukang kayu. Cobti meraih gelar BA-nya dari Fakultas Teknik Mekanik di Technion.

Film fitur berjangka penuh pertamanya Ajami memenangkan Penghargaan Ophir di Israel, Ucapan Khusus Camera d'Or di Festival Film Cannes. Film-nya juga dinominasikan pada Academy Awards ke-82 dalam kategori Film Asing Terbaik dan memenangkan lebih dari 15 penghargaan di seluruh dunia.

Awalnya menjadi teknisi mekanikal, ia juga menulis, menyutradarai dan menmyunting beberapa film pendek fiksi, dokumenter dan eskperimental. Copti menjadi juri di festival film Tribeca serta di Festival Film Tesalonika pada 2010 dan presiden Penghargaan Hak Asasi Manusia di Festival Film Internasional Istanbul 2011. Copti menjadi bagian dari tim yang meluncurkan Festival Film Doha Tribeca dan Institut Film Doha (IFD) dan ia mengepalai departemen pendidikan IFD sampai November 2011.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]