Saturday Night Fever

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Saturday Night Fever
Saturday night fever movie poster.jpg
Poster bioskop
Sutradara John Badham
Produser Robert Stigwood
Kevin McCormick (produser eksekutif)[1]
Skenario Norman Wexler
Berdasarkan Tribal Rites of the New Saturday Night 
karya Nik Cohn
Pemeran John Travolta
Karen Lynn Gorney
Barry Miller
Paul Pape
Donna Pescow
Bruce Ornstein
Martin Shakar
Julie Bovasso
Fran Drescher
Musik Barry Gibb
Maurice Gibb
Robin Gibb
David Shire
Sinematografi Ralf D. Bode
Penyunting David Rawlins
Studio RSO Records
Distributor Paramount Pictures
Tanggal rilis
Durasi

118 menit (kategori R, dewasa),

112 menit (kategori PG, bimbingan orang tua)
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $3,5 juta[2]
Pendapatan kotor $282.400.000[3]

Saturday Night Fever adalah film Amerika Serikat karya sutradara John Badham yang diedarkan pada tahun 1977. Film ini dibintangi John Travolta sebagai Tony Manero, seorang pemuda yang menghabiskan malam minggunya menari di lantai diskotek di Brooklyn. Karen Lynn Gorney berperan sebagai pasangannya ketika menari; Donna Pescow berperan sebagai gadis yang ingin dipacari oleh Manero, sekaligus mantan pasangan Manero ketika berdisko. Manero adalah raja di lantai disko. Menari dan bergaul dengan wanita di diskotek membantunya melupakan kenyataan kehidupan sehari-hari: masa depan pekerjaan yang suram, pertengkaran dengan orang tua yang kurang mendukung anaknya, ketegangan rasial di lingkungan tempat tinggalnya, serta hubungannya dengan teman-teman satu geng yang macho.

Film ini sukses luar biasa secara komersial, mencuatkan nama John Travolta, dan memopulerkan musik disko ke seluruh dunia. Album soundtrack Saturday Night Fever yang berisi lagu-lagu disko dari Bee Gees berhasil menjadi album soundtrack terlaris sepanjang masa.[4] Film ini merupakan contoh pertama promosi silang dari album soundtrack yang dipakai untuk promosi film yang belum diedarkan, dan setelah filmnya beredar, lagu-lagu dalam album soundtrack ini menjadi makin populer. Film ini mengetengahkan koreografi dan lagu berirama disko, serta subkultur yang menyertai era disko, seperti: melodi lagu dengan iringan orkestra, busana disko haute-couture, dan promiskuitas seks pra-AIDS.

Cerita film ini didasarkan pada artikel "Tribal Rites of the New Saturday Night" karya penulis Inggris Nik Cohn yang dimuat di majalah New York pada tahun 1976. Pada akhir tahun 1990-an, Cohn mengaku bahwa artikel tersebut adalah hasil karangannya saja.[5] Cohn yang ketika itu baru saja menetap di Amerika Serikat, ditugaskan untuk menulis tentang gaya hidup disko, meski dirinya sama sekali tidak mengerti soal disko. Karakter dalam artikel yang kemudian diangkat ke dalam film sebagai tokoh Tony Manero, sebetulnya didasarkan pada seorang kenalan Cohn yang mengikuti subkultur Mod.

Alur[sunting | sunting sumber]

Anthony "Tony" Manero (John Travolta) adalah seorang pemuda Italia-Amerika berusia 19 tahun dari kawasan Bay Ridge, Brooklyn, New York City. Tony masih tinggal di rumah orang tuanya (Val Bisoglio dan Julie Bovasso). Pada siang hari, Tony bekerja di toko perkakas yang tidak memberikannya harapan untuk karier maupun masa depan. Namun setiap malam minggu, Tony berubah menjadi "raja lantai disko" di sebuah diskotek lokal bernama 2001 Odyssey. Tony memiliki empat sahabat dekat: Joey (Joseph Cali), Double J (Paul Pape), Gus (Bruce Ornstein), dan Bobby C. (Barry Miller). Anggota tidak resmi dari geng pimpinannya adalah Annette (Donna Pescow), gadis tetangga yang ingin mendambakan hubungan fisik dan menunggu kepastian dari Tony.

Tony setuju untuk menjadi pasangan Annette dalam kontes dansa yang akan diadakan di diskotek 2001 Odyssey. Namun kebahagiaan Annette terusik oleh gadis lain bernama Stephanie Mangano (Karen Lynn Gorney) yang berhasil memikat Tony. Meski tidak tertarik dengan Tony yang berusaha merayunya agar mau dipacari, Stephanie setuju untuk menjadi pasangan Tony pada kontes dansa. Sementara itu, kakak Tony yang bernama Frank Jr. (Martin Shakar) mengecewakan kedua orang tuanya karena gagal jadi pastur.

Sewaktu sedang pulang dari toko kelontong, Gus diserang gerombolan pemuda Hispanik hingga luka dan masuk rumah sakit. Gus memberi tahu Tony dan kawan-kawannya satu geng bahwa pemuda Hispanik yang memukulinya berasal dari geng Barracudas. Bobby C. salah seorang seorang sahabat Tony berusaha menghindar dari tanggung jawab setelah menghamili pacarnya yang bernama Pauline, seorang penganut Katolik yang taat. Ketika didesak keluarganya untuk menikahi Pauline, Bobby C. meminta bantuan dari kakak Tony, Frank Jr. agar mengusahakannya dispensasi dari Gereja Katolik untuk melakukan aborsi. Frank Jr. menjawab bahwa permintaan Bobby C. sulit untuk dapat diwujudkan. Bobby C. menjadi semakin putus asa, dan meminjamkan mobil Chevrolet Impala tahun 1964 miliknya untuk dipakai Tony menjemput Stephanie.

Geng pimpinan Tony lalu pergi mengubrak-abrik geng Barracudas. Mobil Bobby C ditabrakkan ke sarang mereka. Sementara Tony, Double J, dan Joey berkelahi dengan anggota geng Barracudas, Bobby C. melarikan diri. Ketika mereka menjenguk Gus di rumah sakit, Tony dan kawan-kawan marah setelah tahu mereka mungkin telah menghajar geng yang salah. Di kontes disko, Tony yang berpasangan dengan Stephanie berhasil menjadi juara pertama. Namun, Tony berpendapat bahwa pasangan dari Puerto Riko yang justru lebih pantas menjadi pemenang. Tony menuduh keputusan juri lebih didasarkan pada rasialisme. Tony dan Stephanie meninggalkan diskotek setelah memberikan hadiah juara pertama kepada pasangan dari Puerto Riko. Setelah berada di luar, Tony berusaha memerkosa Stephanie di dalam mobil sehingga membuat Stephanie melarikan diri.

Tony yang sedang berada di mobil kedatangan kawan-kawannya bersama Annette yang sedang mabuk. Menurut Joey, Annette setuju untuk berhubungan seks dengan siapa saja. Tony mencoba membawa pergi Annette dari kawan-kawannya, tapi ia berhasil ditundukkan oleh Double J dan Joey. Tony menjadi marah, dan meninggalkan kawan-kawannya. Double J and Joey lalu bergiliran memerkosa Annette yang ternyata sudah mulai sadar dari mabuknya. Sementara itu, Bobby C. yang sedang putus asa, membawa mobilnya ke Jembatan Verrazano-Narrows, dan kembali melakukan aksi memanjat kabel jembatan. Tony membujuk Bobby C. agar mau membatalkan aksi berbahaya itu, tapi kawannya itu terpeleset dan jatuh ke dalam sungai hingga tewas.

Tony yang sedang kesal, menghabiskan sisa malam dengan naik kereta bawah tanah hingga pagi. Tony lalu mendatangi apartemen Stephanie di Manhattan untuk meminta maaf atas kelakuannya yang buruk. Ia menyampaikan niatnya pindah dari Brooklyn ke Manhattan untuk mencoba kehidupan yang baru. Tony dan Stephanie lalu sepakat untuk saling berteman.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ imdb, Kevin McCormick
  2. ^ Loftis, Ryan (12 Desember 2012), Saturday Night Fever Turns 35. Suite101. Diakses 1 April 2013.
  3. ^ "Box Office Information for Saturday Night Fever". The Numbers. Diakses 2013-05-7. 
  4. ^ Bee Gees' Maurice Gibb dies. USA Today (January 12, 2003).
  5. ^ Leduff, Charlie (June 9, 1996). "Saturday Night Fever: The Life". The New York Times. Diakses 2010-05-23. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]