Sate ambal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sate Ambal)
Sate Ambal
SajianUtama
Tempat asalIndonesia
DaerahKabupaten Kebumen, Jawa Tengah
Suhu penyajianHangat
Bahan utamaDaging Ayam
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini
Pedagang Sate Ayam Ambal DiKebumen Jateng Indonesia
Pedagang Sate Ayam Ambal Di Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia
Sate Ayam Ambal Kebumen Jateng Indonesia
Sate Ayam Ambal Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia

Sate Ambal (Hanacaraka: ꦱꦠꦺꦄꦩ꧀ꦧꦭ꧀, Pegon: ْسَاتَيْ أَمْبَال) adalah makanan khas dari daging ayam yang berasal dari daerah Ambal, sebuah kecamatan di pesisir selatan Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Sate Ambal berbeda dengan sate lainnya yang ada di Indonesia, perbedaannya terletak dari bumbunya. Bumbu Sate Ambal agak lebih encer, berwarna kuning tua kecoklatan dan sekilas terlihat seperti kuah masakan Padang. Istimewanya dari sate ambal adalah, bumbu ini dibuat dari tempe rebus yang dihancurkan hingga halus. Cita rasanya manis-pedas-gurih dengan aroma keharuman rempah yang menggugah selera dengan rasa dan aroma tempenya yang tidak terasa lagi.[1]

Bahan[sunting | sunting sumber]

Seperti sate pada umumnya, bahan utama Sate Ambal yaitu daging Ayam terutama Ayam Kampung. Biasanya sebelum dibakar daging ayam pada Sate Ambal akan dibumbui terlebih dahulu dengan rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, kemiri, pala, kunyit dan jahe yang dihaluskan. Bumbu utama Sate Ambal terbuat dari tempe dan tidak menggunakan kacang sama sekali serta umumnya tidak menggunakan kecap. Bumbu inilah yang menjadi ciri khas sate ambal dan membedakan dari jenis sate lain. Untuk menimbulkan rasa manis biasanya akan menggunakan gula merah. Tempe dan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai dihaluskan bersamaan sampai tempe benar-benar halus seperti bumbu kacang pada umumnya.

Cara Memasak[sunting | sunting sumber]

Cara pembuatan Sate Ambal sama dengan sate dari daerah lainnya di Indonesia. Daging ayam dipotong-potong dan ditusukan ke tusuk sate. Sebelum dibakar, semua bumbu awal yang dihaluskan akan dilumurkan ke daging ayam yang sudah dipotong. Diamkan selama minimal 2 jam sampai bumbunya meresap dan sate pun siap dibakar seperti biasa. Pembakaran dengan arang batok kelapa selama 3 sampai 5 menit hingga matang sempurna.

Penyajian[sunting | sunting sumber]

Sate Ambal disajikan dalam kondisi hangat sesaat setelah dibakar. Uniknya lagi, penyajian Sate Ambal tidak menggunakan lontong melainkan ketupat. Ketupat dipercaya memberikan rasa yang berbeda ketika menyantap Sate Ambal. Dalam penyajiannya bumbu tempe, sate dan ketupat disajikan dengan tempat terpisah. Sate Ambal biasanya akan dilengkapi irisan tomat, mentimun dan taburan bawang merah goreng. Jika Anda menyukai pedas, bisa memesan potongan cabai rawit untuk menambah sensasi pedas serta irisan bawang merah segar saat menyantapnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]