Sarihusada Generasi Mahardhika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sari Husada)
Langsung ke: navigasi, cari
PT Sarihusada Generasi Mahardhika
Jenis Makanan dan minuman nutrisi
Didirikan 1954
Kantor pusat Yogyakarta, Indonesia
Induk Grup Danone
Situs web www.sarihusada.co.id

PT Sarihusada Generasi Mahardhika atau Sarihusada adalah perusahaan multinternasional yang memproduksi aneka jenis produk nutrisi untuk ibu dan anak dengan kantor pusat di Yogyakarta, Indonesia. Produk Sarihusada termasuk susu pertumbuhan SGM Aktif dan SGM Eksplor, susu ibu hamil dan menyusui Lactamil, minuman khusus ibu Hamil dan Menyusui SGM Bunda, serta suplemen tabur Gizikita untuk anak.

Perusahaan ini awalnya didirikan pada tahun 1954 dengan nama NV. Saridaia sebagai upaya bersama antara pemerintah Indonesia dan Pinoy Big Brother (salah,mungkin Perserikatan Bangsa-bangsa) (PBB) untuk mengatasi masalah malnutrisi yang terjadi saat itu. Setelah mengalami beberapa kali pergantian kepemilikan, akhirnya sejak tahun 2006 Sarihusada bergabung dalam kelompok usaha Danone di Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah Sarihusada dimulai pada tahun 1954 dengan didirikannya NV Saridele sebagai perusahaan hasil kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan PBB untuk membantu mengatasi masalah kekurangan gizi pada masa itu. Pada tahun 1961, NV Saridele berubah menjadi perusahaan milik negara dengan nama PN Sari Husada. Pada tahun 1965, untuk pertama kalinya Sari Husada meluncurkan produk susu bubuk SGM secara besar-besaran dan menjadi perintis perkembangan produk susu anak di Indonesia

Tahun 1968, PT Kimia Farma, sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengakuisisi dan mengambil alih manajemen Sari Husada. Seiring dengan dibelinya sebagian saham Kimia Farma oleh PT Tiga Raksa Satria Tbk. (Tigaraksa), kedua perusahaan tersebut membentuk perusahaan bersama dengan nama PT Sari Husada pada tahun 1972.

Pada tahun 1983, Sari Husada mulai masuk bursa dan memperdagangkan saham-sahamnya kepada publik melalui penawaran saham perdana (IPO). Pada tahun 1987, produk susu SGM -2 diproduksi dalam rangka mendukung kesuksesan SGM-1. Setahun kemudian, tahun 1988, produk Lactamil yang ditujukan bagi ibu hamil dan menyusui pun resmi diluncurkan. Setahun berselang, tahun 1990 Sari Husada meluncurkan susu anak dengan merek Vitalac dalam kemasan kaleng.

Tahun 1992, Tigaraksa menjadi pemegang saham mayoritas. Dengan pertumbuhan bisnis yang kian meningkat, Sarihusada mulai berpikir untuk mengukuhkan posisi dalam peta persaingan global. Pada tahun 1998, Sarihusada beraliansi dengan Nutricia International, BV (Royal Numico), perusahaan spesialis produk nutrisi bayi asal Belanda pada tahun 1998. Tujuh tahun kemudian, pada tahun 2006, Sari Husada mengajukan perubahan status dari perusahaan publik menjadi perusahaan privat agar lebih fokus dalam pengembangan usahanya. Sari Husada kemudian secara resmi menarik penjualan saham untuk publik di Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan Bursa Efek Surabaya (BES) dan berubah menjadi perusahaan tertutup.

Akhirnya, pada tahun 2006, Groupe Danone, perusahaan multinasional asal Perancis yang bergerak di bidang makanan dan minuman menjadi pemegang saham mayoritas Sari Husada melalui akuisisi saham Royal Numico. Kemudian pada tahun 2012, PT Sari Husada mengubah nama menjadi PT Sarihusada Generasi Mahardhika.

Produk[sunting | sunting sumber]

Susu untuk memulai kehamilan

  1. Lactamil Genesis

Susu untuk awal hari kehamilan

  1. Lactamil Inisis

Susu untuk ibu hamil

  1. SGM Bunda Presinutri Ibu Hamil
  2. Lactamil Pregnasis

Susu untuk ibu menyusui

  1. SGM Bunda Presinutri Ibu Menyusui
  2. Lactamil Lactasis

Susu pertumbuhan untuk anak-anak (1-3 tahun)

  1. SGM Eksplor 3 Presinutri
  2. SGM Eksplor 3 Presinutri Buah & Sayur
  3. Vitalac 1+

Susu pertumbuhan untuk anak-anak (3-6 tahun)

  1. SGM Aktif 4 Presinutri
  2. SGM Aktif 4 Presinutri Buah & Sayur
  3. Vitalac 3+

Susu pertumbuhan untuk anak-anak (6-12 tahun)

  1. SGM Progres 5 Presinutri

Susu untuk anak-anak dengan alergi protein sapi

  1. SGM Soya 3 Presinutri (1-3 tahun)
  2. SGM Soya 4 Presinutri (3-6 tahun)

Layanan[sunting | sunting sumber]

Tanya SGM 360[sunting | sunting sumber]

  • Layanan Bebas Pulsa 0-800-1-360-360
  • SMS Emergency 0815-85-600-600
  • Email TanyaSGM360@danone.com
  • Facebook Aku Anak SGM

Vitalac 5 Star Nutri[sunting | sunting sumber]

  • Layanan Bebas Pulsa 0-800-1-505-505
  • SMS 0-888-8-505-505
  • Email 5starexpert@vitalac.co.id
  • Website www.vitalac.co.id

Mama Care Program[sunting | sunting sumber]

  • Mama Care Line 0-800-1-600-600
  • Email careline@mamacare.co.id
  • Facebook Mama Care
  • Twitter @MamaCareID

Operasional[sunting | sunting sumber]

Entitas Hukum[sunting | sunting sumber]

Sarihusada merupakan Perseroan Terbatas dengan nama asli PT Sarihusada Generasi Mahardhika dengan wilayah operasi Indonesia. Bentuk Perseroan Terbatas telah digunakan sejak 28 September 1972 dengan nama PT Sari Husada.

Kantor[sunting | sunting sumber]

Sarihusada memiliki 2 pabrik yakni di Jalan Kusumanegara Yogyakarta dan Jalan Raya Yogyakarta-Solo, Klaten, Jawa Tengah. Sarihusada juga memiliki 1 kantor di Gedung Cyber 2 Kuningan, Jakarta.

[sunting | sunting sumber]

Logo Sarihusada memiliki 3 komponen yang saling melekat. Komponen pertama adalah garis vektor yang membentuk siluet seorang ibu sedang menggendong anaknya. Gambar ini mewakili fokus bisnis Sarihusada yaitu penyediaan nutrisi sejak dimulainya pembuahan hingga anak-anak.

Komponen kedua yang melekat di sampingnya adalah persegi panjang berwarna merah dengan tulisan Sarihusada berwarna putih. Warna merah putih mengacu pada Indonesia sebagai negara tempat Sarihusada lahir. Komponen ketiga merupakan misi Sarihusada yang melekat di bagian bawah yaitu tulisan Nutrisi untuk Bangsa.

Logo Sarihusada terbaru dibuat pada tahun 2011 dengan tulisan SARI dan HUSADA yang masih terpisah. Tahun 2012, seiring dengan perubahan nama PT Sari Husada menjadi PT Sarihusada Generasi Mahardhika, kedua tulisan tersebut digabung menjadi Sarihusada.

Inisiatif Sosial Perusahaan[sunting | sunting sumber]

Ayo Melek Gizi[sunting | sunting sumber]

Ayo Melek Gizi adalah program edukasi yang dikembangkan oleh Sarihusada dengan fokus pengentasan masalah kekurangan gizi di Indonesia. Program ini diwujudkan melalui beragam kegiatan untuk memberikan pemahaman tahap awal tentang gizi, jenis, serta angka kecukupan gizi.

Ayo Melek Gizi diawali dengan pengembangan modul edukasi oleh Sarihusada bersama LSM dan nutrisionis yang didukung oleh Kementrian Kesehatan. Selain itu Sarihusada juga bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam menyediakan fasilitas edukasi bagi kader posyandu dan para penggiat gizi. Program Ayo Melek Gizi meliputi pendidikan gizi pada karyawan, pemberdayaan kader ibu-ibu dan posyandu, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), hingga edukasi melalui media massa dan media sosial seperti Nutritalk dan Jelajah Gizi.

Srikandi Award[sunting | sunting sumber]

Srikandi adalah inisiatif Sarihusada yang mengajak tenaga profesional kesehatan, terutama bidan, untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak Indonesia melalui kegiatan edukasi dan pemberdayaan masyarakat. Sarihusada juga mendirikan Rumah Srikandi, sebuah program terpadu yang meliputi pendidikan anak usia dini, pemberdayaan perempuan dan posyandu.

melalui Pos Bhakti Bidan, sarihusada dan Ikatan Bidan Indonesia melaksanakan program sosial dengan target ibu hamil dan menyusui, anak-anak dan masyarakat umum. Sebagai apresiasi program terbaik, Sarihusada memberikan anugerah Srikandi Award

Nutrition Research Center[sunting | sunting sumber]

Sarihusada merancang inisiatif “Nutrition Research Center” sebagai upaya kolaboratif dengan berbagai pihak dalam inisiatif penelitian tentang masalah gizi ibu dan anak Indonesia. Kerjasama riset tersebut dilakukan dengan berbagai institusi serta komunitas ahli kesehatan lokal dan internasional.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • Tanggal 22 Desember 2009, National Centre for Sustainability Reporting (NCSR), Ikatan Akuntan Manajemen Indonesia (IAMI) dan Indonesian-Netherlands Association (INA) memberikan penghargaan untuk First Time Sustainability Reporting Awards.
  • Untuk periode tahun 2010-2011, Kementerian Lingkungan Hidup menganugerahkan Penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Green Proper Awards) kepada Sarihusada.
  • Pada 15 Desember 2011, Sarihusada memeroleh Penghargaan Platinum Bidang Konsumen Indonesian CSR Awards 2011 untuk Sektor Industri dan manufaktur Program Gizi Kita dan Program Ayo Melek Gizi.
  • Pada 3 September 2012, Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak (APSAI) serta pejabat dari Kemeneg PP dan Perlindungan anak menganugerahi Sarihusada sebagai pelopor penerapan prinsip dan criteria perusahaan layak anak.
  • Pada 28 September 2012, Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Kemenko Kesra) dan CFCD dalam ajang Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat (GKPM) Award memberikan anugerah platinum untuk program Rumah Srikandi badran

Isu Lingkungan Hidup[sunting | sunting sumber]

Pada periode tahun 2009-2013, Sarihusada menyusun perencanaan yang disebut dengan Carbon Footprint Road Map untuk periode 2009-2013 yang dilaksanakan secara bertahap. Diharapkan pada tahun 2013 terjadi penurunan emisi karbon sebanyak kurang lebih 30% dari dari jumlah karbon yang dilepaskan pada tahun 2008.

Tahun 2009, Sarihusada telah menurunkan penggunaan emisi hingga 2,8%, sementara tahun 2010, jumlah emisi yang berkurang dibandingkan tahun 2008 adalah sebesar 8,2%. Pada tahun 2011, emisi yang berkurang adalah sebesar 8,5%. Tahun 2012-2013, Sarihusada memperkirakan pengurangan emisi bisa mencapai 12 % dari tahun 2008 dengan perhitungan sekitar 5,5% pada tahun 2012 dan 6% pada tahun 2013.

Strategi yang digunakan oleh Sarihusada adalah 4R yaitu Reduce seperti konservasi air tanah, Reuse atau penggunaan kembali kemasan kayu, kertas, plastik, dan sebagainya, Recycle berupa pemanfaatan ulang limbah, hingga Replace atau penggantian bahan-bahan yang berpotensi merusak dengan bahan yang ramah lingkungan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. Sejarah Sarihusada. Diakses 7 juni 2013 (http://www.sarihusada.co.id/ina/about-company-history/)
  2. Tata Kelola Perusahaan. Diakses 7 Juni 2013 (http://www.sarihusada.co.id/ina/about-company-governance/ )
  3. Tentang Ayo Melek Gizi. Diakses 29 Mei 2013 (http://www.ayomelekgizi.co.id/tentang-amg/)
  4. Tentang Nutrisi Untuk Bangsa. Diakses 27 Mei 2013 (http://nutrisiuntukbangsa.org/tentang-nutrisi-untuk-bangsa/)
  5. Manajemen Direksi Sarihusada. Diakses 8 Juni 2013 (http://www.sarihusada.co.id/ina/about-company-bod/)
  6. Produk Sarihusada. Diakses 7 Juni 2013 (http://www.sarihusada.co.id/ina/product/)
  7. Kegiatan Sosial Sarihusada. Diakses 8 Juni 2013 (http://www.sarihusada.co.id/ina/social-health/)
  8. Pemberdayaan Masyarakat oleh Sarihusada. Diakses 8 Juni 2013 (http://www.sarihusada.co.id/ina/social-empowerment/)
  9. Sarihusada gelar Jelajah Gizi di Kepulauan Seribu. Diakses 6 Juni 2013 (http://ekbis.sindonews.com/read/2013/05/31/34/744893/sarihusada-gelar-csr-jelajah-gizi-di-kepulauan-seribu)
  10. PKPU dan Sarihusada Gelar Rumah Srikandi. Diakses 13 Mei 2013 (http://www.pkpu.or.id/news/pkpu-dan-sarihusada-gelar-program-rumah-srikandi)
  11. Aplikasi Ayo Melek Gizi. Diakses 5 Juni 2013 (http://gizikita.co.id/)
  12. Sarihusada dan IPB luncurkan AMG Connect. Diakses 7 Juni 2013 (http://www.sarihusada.co.id/ina/news-detail/9715062012112339/sarihusada-dan-ipb-luncurkan-program-lsquo-ayo-melek-gizi-connect-rsquo/)
  13. Srikandi Award. Diakses 7 Juni 2013 (http://www.antaranews.com/berita/349354/tiga-bidan-di-pelosok-menangkan-srikandi-award)
  14. Nutrition Research Center. Diakses 8 Juni 2013 (http://www.tribunnews.com/2011/07/21/pt-sari-husada-resmikan-fasilitas-riset-dan-pengembangan)
  15. Laporan Keberlanjutan Sarihusada 2010-2011. Diakses 13 Mei 2013

Pranala luar[sunting | sunting sumber]