Kiril dan Metodius

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Santo Methodius)
Langsung ke: navigasi, cari
Santo Kiril dan Metodius
"Saints Cyril and Methodius holding the Cyrillic alphabet," a mural by Bulgarian icon-painter Z. Zograf, 1848, Troyan Monastery
Bishops and Confessors; Equals to the Apostles; Patrons of Europe; Apostles to the Slavs
Lahir 826 or 827 and 815, Thessaloniki, Byzantine Empire (present-day Greece)
Wafat 14 Februari 869 and 6 April 885
Dihormati di Roman Catholic Church
Bulgarian Orthodox Church
Macedonian Orthodox Church
Eastern Orthodox Church
Anglican Communion
Lutheran Church
Hari peringatan 14 February (present Roman Catholic calendar); 5 July (Roman Catholic calendar 1880-1886); 7 July (Roman Catholic calendar 1887-1969)
11 May[1] (Eastern Orthodox Church)
5 July (Czech Republic and Slovakia), 24 May in Bulgaria and the Republic of Macedonia
Atribut brothers depicted together; Eastern bishops holding up a church; Eastern bishops holding an icon of the Last Judgment[2] Often, Cyril is depicted wearing a monastic habit and Methodius vested as a bishop with omophorion.
Pelindung Republic of Macedonia, Bulgaria, Czech Republic (including Bohemia, and Moravia), Ecumenism, unity of the Eastern and Western Churches, Europe, Slovakia[2]
Kiril dan Metodius

Metodius dengan saudaranya, Kiril, mempunyai karier menonjol. Di antara perbuatan mereka yang luar biasa, mereka membawa iman Kristen kepada orang-orang Slavia, di antaranya adalah Raja Boris dari Bulgaria. Dalam proses itu, mereka berbuat banyak untuk mengubah serta memelihara kebudayaan Slavia. Gereja yang di kemudian hari menghasilkan Hus, Comenius dan banyak lagi pengikut lainnya yang terjaring dalam revolusi spiritual Zinzendorf, dimulai dengan dua bersaudara Yunani dari Tesalonika itu.

Mereka berdua adalah gerejawan yang penuh dedikasi. Metodius, saudara tua, adalah kepala sebuah biara Yunani. Kiril (kemudian dikenal sebagai Konstantinus), seorang profesor filsafat di Konstantinopel, sudah memulai misinya pada orang-orang Arab. Pada tahun 860, mereka menggabungkan kekuatan untuk menginjili suku Khazar, di timur laut Laut Hitam.

Kedua kakak beradik yang tiba pada tahun 863 dengan cepat mempelajari bahasa daerah setempat dan mulai menerjemahkan Injil serta liturgi gereja ke dalam bahasa Slavia. Kiril menciptakan alfabet baru yang didasarkan pada huruf Yunani. (Inilah yang mendasari alfabet Rusia. Istilah aksara Kirilik sampai saat ini masih dipergunakan beberapa kalangan.)

Berabad-abad sebelum Wycliffe, Hus atau Luther, ide mengadakan kebaktian dalam bahasa selain bahasa Latin atau Yunani mengejutkan banyak kalangan. Uskup Agung Jerman dari Salzburg mempertanyakan hal itu. Mungkin ia dimotivasi oleh politik ketimbang kesalehan. Gereja Roma tidak dapat berpangku tangan ketika daerah Moravia ini yang ada di bawah kekuasaannya sedang ditimurkan. Kiril dan Metodius berangkat ke Roma pada tahun 868 untuk mempertahankan penggunaan bahasa daerah dalam kebaktian. Paus Adrianus II setuju dengan Kiril dan Metodius, dengan mengizinkan mengadakan liturgi dalam bahasa Slavia. Mereka berdua menjadi biarawan Roma. Pada tahun berikutnya Kiril meninggal dunia, tetapi Metodius kembali ke Moravia sebagai uskup. Meskipun ia merupakan utusan resmi Paus, biara Jerman menangkap dan memenjarakannya selama tiga tahun. Paus berikutnya, Paus Yohanes VIII, mengintervensi dan berpihak kepadanya dengan memerdekakan gereja Slavia. Namun Methodius senantiasa mendapat perlawanan dari biara Jerman hingga wafatnya pada tahun 885.

Tidak lama kemudian, liturgi Latin menggantikan liturgi Slavia, dan gereja di daerah ini pun mulai menurun. Namun, iman Kristen yang tangguh dan bebas sudah tertanam. Di tengah-tengah problem yang mereka hadapi, Kiril dan Metodius telah menanamkan tradisi Kristen di Moravia dan di negara-negara sekitarnya, yang telah memelihara serta mengembangkan iman tersebut ke seluruh dunia.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ In the 21st century this date in the Julian Calendar corresponds to 24 May in the Gregorian Calendar
  2. ^ a b Jones, Terry. "Methodius". Patron Saints Index. Diakses 2007-02-18. 
  • A. Kenneth Curtis, J. Stephen Lang & Randy Petersen, 100 Peristiwa Penting dalam Sejarah Kristen, Immanuel, 1999. Dapat dibaca di sini