Santapan Nusantara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Santapan Nusantara adalah program acara Kuliner yang ditayangkan oleh MNCTV . Program ini lahir pada 22 Januari 1996 tepatnya sehari sebelum TPI berulang tahun yang ke-5. Program ini selalu ditayangkan setiap Sabtu pukul 08.30 WIB. Program acara ini termasuk yang paling lama ditayangkan. Hingga saat ini, Jumlah tayang program tersebut sudah mencapai lebih dari 800 episode.

Program ini juga disebut - sebut sebagai program yang tidak pernah absen dan tidak pernah mengubah Jadwal siarannya. Hal ini yang membuat Museum Rekor Indonesia memberikan pengharagaan kepada acara ini sebagai Program terlama di Indonesia dengan Jumlah tayang hingga 700 episode.

Dengan Enita Sriyana sebagai presenter, SANTAPAN NUSANTARA menyajikan berbagai jenis masakan Nusantara yang sehat dalam kemasan yang mendidik.

Program SANTAPAN NUSANTARA dibuat dengan konsep dasar program pemerintah, 'Aku Cinta Makanan Indonesia', dalam rangka melestarikan makanan Indonesia menghadapi gempuran makanan fast food yang masuk ke Indonesia.

Program Santapan Nusantara ini dibagi menjadi beberapa sesi. Diantaranya Sesi I - V dan sesi VI -XXIV.

SANTAPAN NUSANTARA I - V, disponsori Indofood selama dua setengah tahun. Dan SANTAPAN NUSANTARA VI – XXIV disponsori Ajinomoto. Sampai saat ini SANTAPAN NUSANTARA sudah berjalan tahun ke-17. Tanpa sekali pun absen.

Masuknya Ajinomoto menggantikan Indofood karena perusahaan milik Salim Grup saat itu terkena imbas krisis moneter. Berdasar alasan kesamaan kultur Ajinomoto yang mencintai budaya leluhur, membuat Ajinomoto mempunyai beban yang sama dengan bangsa Indonesia.

SANTAPAN NUSANTARA mempunyai suatu identitas yang jelas dan lain dari pada acara masak lainnya, juga mempunyai visi misi yang jelas pada setiap penampilannya. Walau ada tema–tema dan perubahan–perubahan format sebagai suatu kreatifitas, tetapi tetap menampilkan kelezatan masakan Nusantara hingga 14 Juli 2012

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

  • [1] (Santapan Nusantara TPI lewati satu dekade