Sang Jalan Internasional

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sang Jalan Internasional (The Way International / The Way) adalah suatu organisasi Kristen nondenominasional yang berpusat di daerah pedesaan New Knoxville, Ohio, Amerika Serikat. Nama lengkapnya adalah Sang Jalan Internasional Riset, Pengajaran, dan Persekutuan Alkitabiah (The Way International Biblical Research, Teaching, and Fellowship). Organisasi Kristen ini mengacu pada kelahiran Gereja pada Pentakosta (hari ke-lima puluh) dan penganutnya tidak percaya Tritunggal. Pengikut-pengikut Kristus ini juga dikenal dengan "Wayers" atau "The Way Believers."

Organisasi ini didirikan oleh Dr. Victor Paul Wierwille, yang juga dikenal dengan perjalanannya ke India dalam rangka persahabatan India dan Amerika Serikat.

Sang Jalan Internasional mengajarkan bahwa Firman Allah adalah Kehendak Allah. Motonya adalah Untuk Keakurasian Firman Allah dan Untuk Kemuliaan Allah. Nama organisasi ini, Sang Jalan, diambil dari ayat-ayat Alkitab Injil Yohanes 14:6 dan Kisah Para Rasul 24:14,22. Otoritas tertinggi di organisasi Kristen ini adalah Alkitab itu sendiri. Para tetuanya (Way Corps) mengacu pada perkataan yang dipakai oleh Yesus Kristus sewaktu dicobai oleh Iblis, yaitu, "Adalah tertulis ...." Keselamatan diberikan bukan karena pekerjaan maupun kebaikan seseorang (Efesus 2:8-9), tetapi dikaruniakan Tuhan bagi orang yang mau mengikuti Kristus sebagai juruselamatnya (Roma 3:22-25). Mula-mula untuk menjadi seorang kristen atau supaya diselamatkan seseorang dapat membaca dan percaya Surat Paulus kepada jemaat di Roma 10:9, yaitu, "Jikalau engkau mengucapkan dengan mulut Tuan Yesus dan percaya dalam hati bahwa Allah membangkitkannya dari kematian, engkau akan diselamatkan." Yesus dari Nazareth turunan Raja Daud ini dipercaya sebagai Masehi yang dinanti-nantikan bangsa Israel. Akan tetapi, setelah Pentakosta tidak hanya keturunan Israel yang boleh mendapatkan keselamatan tetapi bangsa-bangsa lainnya juga (Efesus 2:11-14).

Struktur organisasi ini bagaikan suatu pohon, yaitu, akar, batang, cabang, ranting, daun--seperti struktur organisasinya Presbiterian.

Kelas-kelas seri yang ditawarkan organisasi Kristen ini adalah Jalannya Keberlimpahan dan Kuasa (The Way of Abundance and Power), menggantikan kelas-kelas seri Kuasa untuk Hidup Berlimpah-limpah (Power for Abundant Living), yang mula-mula diajarkan dan divideokan oleh pendirinya, Dr Victor Paul Wierwille. Ayat yang mendasari judul kelas ini adalah Injil Yohanes 10:10b, yaitu, [Yesus Kristus berkata] "Aku telah datang supaya mereka boleh mendapatkan kehidupan dan bahkan mereka boleh dapat hidup lebih berlimpah." Selain dalam bahasa Inggris, kelas-kelas dalam bahasa Spanyol dan Perancis juga sedang atau sudah diproduksi. Artikel-artikel kekristenan bulanan juga tersedia di situs resminya (www.theway.org) dalam bahasa Spanyol, Perancis maupun Jerman.

Dalam perkembangannya, pendiri Sang Jalan Internasional ini bertemu dan/atau belajar dari tokoh-tokoh Kristen dari Amerika Serikat, India, Inggris, Siria, dan Swis, seperti Glenn Clark, Bishop Pilai, E. W. Bullinger, George M. Lamsa, dan Karl Barth.

Presiden Sang Jalan Internasional masa kini adalah Pdt. Rosalie F. Rivenbark; dia menggantikan Pdt. L. Craig Martindale.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]