Sandžak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peta wilayah Sandzak yang terbagi oleh dua negara Serbia dan Montenegro

Sandžak (Cyrilic: Санџак, diucapkan [sǎndʒak], Turki: Sancak) adalah wilayah historis yang terbentang sepanjang perbatasan antara negara Serbia dengan Montenegro. Kota ini terbagi dua negara yang berbeda, Wilayah ini dihuni oleh mayoritas Muslim Bosnia dan Muslim Serbia. Setelah perang Dunia I banyak penduduk asli Sandzak yang pindah ke Turki dikarenakan masih mempunyai hubungan kuat dengan budaya Ottoman.

Asal nama[sunting | sunting sumber]

Sandzak adalah transkripsi kata lokal Slavia dari sancak Turki, yang secara harfiah berarti "bendera" atau "nasional panji" yang digunakan sebagai istilah Mewakili "provinsi" atau kabupaten "Sanjaks saya tingkat pertama awalnya subdivisi dari Kekaisaran Ottoman. mereka Timbul pada pertengahan abad ke-14 distrik militer sebagai bagian dari itu Apakah militer-feodal sistem. dalam Penambahan tentara profesional dibayar, Ottoman tentara korps tentara kavaleri HAD (disebut spahis atau Sipahi) yang Dilakukan sebagai imbalan untuk layanan militer diberikan oleh Sultan perkebunan (perkebunan besar atau Zaim zeamet Apakah Disebut) Spahis berkumpul untuk perang menurut kepada Sanjak di mana mereka hidup, dan dipimpin oleh seorang pejabat Apakah dipanggil untuk Sanjakbey yang kira-kira setara dengan "Gubernur distrik".

Sandžak Saat ini[sunting | sunting sumber]

Selama Perang Dunia I, Sandžak (Raška) berada di bawah pendudukan Austria-Hungaria dari 1914 ke 1918 Pada tahun 1918, Serbia dan Montenegro sebelum membuat Kerajaan bersatu dari Serbia, Kroasia dan Slovenia menjadi Kerajaan Yugoslavia Antara 1929 dan 1941, Sandžak (Raška) adalah bagian dari provinsi yang baru Banovina Zeta, Dengan kantor pusat di Cetinje.

Sebagian besar Sandžak (Raška) berada di bawah pendudukan Italia di Perang Dunia II, Sebagian besar di bawah Provinsi Montenegro (Kota Novi Pazar dimasukkan ke Serbia, sementara Plav dan Rozaje Apakah dimasukkan ke dalam aturan Italia Albania), dan di bawah pendudukan Jerman dari 1943 . Pada akhir perang, Sandžak (Raška) telah Terbagi Antara Serbia dan Montenegro, Menurut perjanjian pembagian awal Antara dua negara dari tahun 1913.

Yugoslavia perang seperti tahun 1990 Sandžak kiri (Raška) sebagian besar tanpa cedera, meskipun perang di Bosnia dan Kosovo dan menyebabkan ketegangan etnis (dalam kasus Orang) Bom oleh pasukan NATO. Menurut Sandžak (Raška) pihak Bosnia Politik, beberapa 60,000-80,000 Bosnia beremigrasi dari wilayah Selama Periode ini. Jumlah pembunuhan kelompok Bosnia Terjadi 1992-1995, sekarang dengan menjadi terkenal Kasus Ones Sjeverin (dekat Priboj) Bukovica (dekat Pljevlja), dan Štrpci (dekat Prijepolje).

Dengan perubahan Demokrat di Serbia pada tahun 2000, etnis Bosnia Apakah memungkinkan untuk memulai Berpartisipasi dalam Kehidupan politik di Serbia dan Montenegro, Rasim Ljajic Termasuk, sebuah etnis Bosnia, yang menjadi menteri dalam pemerintah Serbia dan Montenegro, dan Rifat Rastoder, yang adalah Wakil Presiden Parlemen Montenegro.