Sancho VI William dari Gascony

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sancho VI William (bahasa Basque: Antso Gilen, bahasa Perancis: Sanche Guillaume, bahasa Gascon: Sans Guilhem, bahasa Spanyol: Sancho Guillén; meninggal 4 Oktober 1032) merupakan seorang Adipati Gascony dari tahun 1009 sampai kematiannya. Pemerintahannya yang terkenal adalah memperbaharui hubungan-hubungan dengan Spanyol.

Sancho adalah putra William II Sánchez dan Urraca dari Navarra dan kerabat Sancho III dari Navarra dan ia menghabiskan sebagian dari masa hidupnya di istana Raja Pamplona. Ia juga ambil bagian di dalam Reconquista. Kemungkinan ia menyerahkan Gascony ke kekuasaan Navarra. Pada tahun 1010, ia muncul bersama dengan Sancho, Robert II dari Perancis, dan William V dari Aquitania di Saint-Jean d'Angély. Ia tentu saja tidak pernah membayar upeti kepada Raja Perancis.

Pada tahun 1027, ia bertemu William V di Blaye dan mereka bergabung memilih Geoffrey, seorang suku Franka, sebagai Uskup Agung Bordeaux, yang menjadi ibukota Gascon selama pemerintahan Sancho. Ia menjodohkan saudarinya Brisca dengan seorang adipati duda yang bernama William dan ketika ia meninggal tanpa keturunan pada tahun 1032, keturunan adipati Aquitania melalui pernikahan keduanya menjadi pewaris Gascony.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Higounet, Charles. Bordeaux pendant le haut moyen age. Bordeaux, 1963.
  • Lewis, Archibald R. The Development of Southern French and Catalan Society, 718–1050. University of Texas Press: Austin, 1965.
  • Zurita, Gerónimo. Anales de la Corona de Aragón I. Edited by Antonio Ubieto Arteta and Desamparados Pérez Soler. Valencia: 1967.