Basilika Santo Paulus di Luar Tembok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari San Paolo Fuori le Mura)
Basilika Santo Paulus di Luar Tembok
Basilika Kepausan Santo Paulus di Luar Tembok
  • Basilica Papale di San Paolo fuori le Mura  (Italia)
  • Basilica Sancti Pauli extra mœnia  (Latin)
Basilika Kepausan Santo Paulus di Luar Tembok tampak depan
41°51′31″N 12°28′36″E / 41.8587°N 12.4767°E / 41.8587; 12.4767Koordinat: 41°51′31″N 12°28′36″E / 41.8587°N 12.4767°E / 41.8587; 12.4767
LokasiRoma
Negara Italia
DenominasiGereja Katolik Roma
TradisiRitus Latin
Situs webBasilika Santo Petrus di Luar Tembok
Sejarah
DedikasiSanto Rasul Paulus
Tanggal konsekrasiAbad ke-4
Arsitektur
StatusBasilika Kepausan Mayor
ArsitekLuigi Poletti (rekonstruksi)
Tipe arsitekturGereja
GayaNeoklasik
Peletakan batu pertamaAbad ke-4
Selesai1823 (1823)
Spesifikasi
Panjang150 meter (490 ft)
Lebar80 meter (260 ft)
Lebar bagian tengah gereja30 meter (98 ft)
Tinggi73 meter (240 ft)
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Roma
Klerus
Imam agungJames Michael Harvey
Nama resmiPusat Historis kota Roma, Properti Ekstrateritorial Takhta Suci dan San Paolo Fuori le Mura
JenisKultural
Kriteriai, ii, iii, iv, vi
Ditetapkan1980 (sesi ke-4)
No. referensi91
RegionEropa dan Amerika Utara

Basilika Kepausan Santo Paulus Di Luar Tembok (Italia: Basilika Papale di San Paolo fuori le Mura), umumnya dikenal sebagai Santo Paulus Di Luar Tembok, adalah salah satu dari empat basilika kepausan utama Roma,[a] bersama dengan basilika Basilika Agung Santo Yohanes Lateran, Basilika Santo Petrus, dan Basilika Santa Maria Maggiore, serta salah satu dari Tujuh Gereja Peziarah Roma.

Basilika ini berada di dalam wilayah Italia, tetapi Takhta Suci memiliki Basilika dalam rezim ekstrateritorialitas, dengan Italia mengakui kepemilikan penuhnya dan mengakuinya sebagai "kekebalan yang diberikan oleh hukum internasional kepada markas besar diplomatik agen negara asing".[1][2][3]

James Michael Harvey dinobatkan sebagai Imam Agung basilika ini sejak tahun 2012.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Basilika ini didirikan oleh Kaisar Romawi Konstantin I di atas tempat pemakaman Paulus dari Tarsus, di mana dikatakan bahwa, setelah eksekusi Paulus, para pengikutnya mendirikan tugu peringatan, yang disebut cella memoriae. Basilika pertama ini ditahbiskan oleh Paus Silvester I pada tahun 324.[4]

Pada tahun 386, Kaisar Theodosius I mulai mendirikan basilika yang jauh lebih besar dan lebih indah dengan bagian tengah dan empat gang dengan transept. Basilika itu mungkin ditahbiskan sekitar tahun 402 oleh Paus Innosensius I. Pekerjaan, termasuk mozaik, belum selesai sampai masa kepausan Paus Leo I (440–461). Pada abad ke-5, itu lebih besar dari Basilika Santo Petrus Lama. Penyair Kristen Prudentius, yang melihatnya pada masa kaisar Honorius (395–423), menggambarkan kemegahan monumen tersebut dalam beberapa baris ekspresif.

Di bawah Paus Leo I, pekerjaan perbaikan ekstensif dilakukan setelah runtuhnya atap karena kebakaran atau petir. Secara khusus, transept (yaitu area di sekitar makam Paulus) ditinggikan dan altar utama serta presbiteri baru dipasang. Ini mungkin pertama kalinya sebuah altar ditempatkan di atas makam Santo Paulus, yang tetap tidak tersentuh, tetapi sebagian besar berada di bawah tanah mengingat tingkat lantai Leo yang baru ditinggikan. Leo juga bertanggung jawab memperbaiki gapura kemenangan dan memulihkan air mancur di halaman (atrium).

Di bawah Paus Gregorius Agung (590–604), altar utama dan presbiteri banyak dimodifikasi. Trotoar di transept dinaikkan dan altar baru ditempatkan di atas altar sebelumnya yang didirikan oleh Leo I. Posisinya tepat di atas sarkofagus Santo Paulus.

Pada periode itu, terdapat dua biara di dekat basilika: Santo Aristus untuk pria dan Santo Stefano untuk wanita. Misa dirayakan oleh badan khusus para klerus yang dilembagakan oleh Paus Simplisius. Seiring waktu, biara dan pastor basilika menurun; Paus Gregorius II memulihkan yang pertama dan mempercayakan perawatan basilika kepada para biarawan.

Basilika rusak akibat gempa bumi pada tanggal 29 April 801. Atapnya runtuh, tetapi dibangun kembali oleh Paus Leo III.

Karena terletak di luar Tembok Aurelian, basilika ini rusak pada abad ke-9 selama serangan Saracen. Akibatnya, Paus Yohanes VIII (872–82) membentengi basilika, biara, dan tempat tinggal kaum tani,[5] membentuk kota Johannispolis (Italia: Giovannipoli) yang ada hingga tahun 1348, ketika gempa bumi menghancurkannya secara total.

Pada tahun 937, ketika Odo dari Kluni datang ke Roma, Alberic II dari Spoleto, Bangsawan Roma, mempercayakan biara dan basilika kepada jemaatnya dan Odo menempatkan Balduino dari Monte Cassino sebagai penanggung jawab. Paus Gregorius VII adalah kepala biara dan pada masanya Pantaleone, seorang pedagang kaya Amalfi yang tinggal di Konstantinopel, mempersembahkan pintu perunggu maior basilika, yang dieksekusi oleh seniman Konstantinopolitan; pintunya bertuliskan doa Pantaleone agar "pintu kehidupan" dibuka untuknya. Paus Martinus V mempercayakannya kepada para biarawan dari Kongregasi Monte Cassino. Itu kemudian dijadikan biara nullius. Yurisdiksi kepala biara meliputi distrik Civitella San Paolo, Leprignano, dan Nazzano, yang semuanya membentuk paroki.

Biara biara San Paolo fuori le mura

Biara biara yang anggun didirikan antara 1220 dan 1241.

Dari 1215 hingga 1964, Basilika ini merupakan takhta bagi Patriark Latin Alexandria.

Paus Benediktus XIV melakukan pemugaran mozaik apse dan fresko di nave tengah, dan menugaskan pelukis Salvatore Manosilio untuk melanjutkan rangkaian potret kepausan, yang pada saat itu berakhir dengan Paus Vitalian, yang telah memerintah lebih dari satu milenium sebelumnya.[6]

Pada tanggal 15 Juli 1823, seorang pekerja yang memperbaiki talang tembaga di atap menyalakan api yang menyebabkan kehancuran total basilika ini, yang, sendirian di antara semua gereja di Roma, telah mempertahankan sebagian besar karakter aslinya selama 1435 tahun.[4] Marmer yang diselamatkan dari Saint Paul yang terbakar diletakkan kembali untuk lantai Santo Stefano del Cacco.[7]

Pada tahun 1825, Paus Leo XII mengeluarkan ensiklik Ad plurimas yang mendorong sumbangan untuk rekonstruksi. Beberapa bulan kemudian, dia mengeluarkan perintah agar basilika dibangun kembali persis seperti baru pada abad keempat, meskipun dia juga menetapkan bahwa elemen berharga dari periode selanjutnya, seperti mosaik dan tabernakel abad pertengahan, juga diperbaiki dan dipertahankan. Pedoman ini terbukti tidak realistis karena berbagai alasan dan segera dihentikan penegakannya. Hasilnya adalah basilika yang direkonstruksi yang hanya memiliki kemiripan umum dengan aslinya dan sama sekali tidak identik dengannya. Rekonstruksi awalnya dipercayakan kepada arsitek Pasquale Belli, yang digantikan setelah kematiannya pada tahun 1833 oleh Luigi Poletti,[8] yang mengawasi proyek tersebut hingga kematiannya pada tahun 1869 dan bertanggung jawab atas bagian terbesar dari pekerjaan tersebut. Banyak elemen yang selamat dari kebakaran digunakan kembali dalam rekonstruksi.[4] Banyak penguasa asing juga memberikan kontribusi. Muhammad Ali Pasha, Raja Muda Mesir memberikan tiang pualam, sedangkan Kaisar Rusia menyumbangkan perunggu dan lapis lazuli yang berharga yang digunakan di beberapa bagian depan altar. Transept dan altar tinggi ditahbiskan pada tahun 1840 dan bagian dari basilika itu kemudian dibuka kembali. Seluruh bangunan ditahbiskan kembali pada tahun 1854 di hadapan Paus Pius IX dan lima puluh kardinal. Namun, banyak fitur bangunan yang masih akan dieksekusi pada tanggal itu, dan pekerjaan akhirnya diperpanjang hingga abad ke-20. Quadriporticus yang menghadap ke Tiber diselesaikan oleh Pemerintah Italia, yang menyatakan gereja sebagai monumen nasional. Pada tanggal 23 April 1891, sebuah ledakan di majalah bubuk mesiu di Forte Portuense menghancurkan jendela kaca patri basilika.

Pada tanggal 31 Mei 2005, Paus Benediktus XVI memerintahkan basilika untuk berada di bawah kendali seorang imam agung dan dia menunjuk Uskup Agung Andrea Cordero Lanza di Montezemolo sebagai imam agung pertamanya.

Arsitektur dan Interior[sunting | sunting sumber]

Eksterior Pintu Suci oleh Enrico Manfrini (2000)

Serambi tertutup (atau narteks) yang mendahului fasad merupakan penambahan Neo-klasik dari rekonstruksi abad ke-19. Di sebelah kanan adalah Pintu Suci, yang dibuka hanya selama tahun Yubileum. Di bagian dalam ada pintu kedua, yang dikenal sebagai pintu Bizantium, yang ada di basilika sebelum abad ke-19; itu berisi di satu sisi 56 panel perunggu berukir persegi kecil, dan ditugaskan pada 1070 oleh Pantaleone, Konsul Amalfi di Konstantinopel, dan diduga dilemparkan di Konstantinopel. Pintu Suci menggambarkan sejumlah episode dalam kehidupan Kristus dan para rasul.

Basilika baru mempertahankan struktur aslinya dengan satu nave dan empat lorong samping. Panjangnya 131,66 meter (432,0 kaki), lebar 65 meter (213 kaki), dan tinggi 29,70 meter (97,4 kaki), terbesar kedua di Roma.

80 kolom nave dan langit-langitnya yang dihiasi kayu dan plesteran berasal dari abad ke-19. Yang tersisa dari basilika kuno hanyalah bagian dalam apse dengan gapura kemenangan. Mosaik apse rusak parah pada kebakaran tahun 1823; hanya beberapa jejak yang tergabung dalam restorasi. Mosaik gapura kemenangan abad ke-5 adalah asli (tetapi juga banyak dikerjakan ulang): sebuah prasasti di bagian bawah membuktikan bahwa itu dilakukan pada masa Paus Leo I, dibayar oleh Galla Placidia. Subjek menggambarkan Kiamat Yohanes, dengan patung Kristus di tengah diapit oleh 24 Doktor Gereja, diatapi oleh simbol terbang dari empat Penginjil. Santo Petrus dan Santo Paulus digambarkan di kanan dan kiri lengkungan, yang terakhir mengarah ke bawah (mungkin ke makamnya).

Dari dalam, jendelanya mungkin tampak seperti kaca patri, tetapi sebenarnya adalah pualam tembus cahaya.[9]

Siborium pengakuan Arnolfo di Cambio (1285) berasal dari abad ke-13.

Di basilika tua, setiap paus memiliki potretnya dalam lukisan dinding yang membentang di atas tiang-tiang yang memisahkan lorong dari bagian tengah. Versi mosaik abad ke-19 dapat dilihat sekarang. Dinding interior panti umat juga didekorasi ulang dengan pemandangan lukisan dari kehidupan Santo Paulus yang ditempatkan di antara jendela clerestory.

Selatan transept adalah biara, dianggap "salah satu yang paling indah dari Abad Pertengahan".[10] Dibangun oleh Vassalletto pada 1205–1241, ia memiliki kolom ganda dengan bentuk berbeda. Beberapa kolom memiliki inlay dengan mozaik emas dan kaca berwarna; dekorasi yang sama dapat dilihat pada architrave dan bingkai bagian dalam biara. Terlihat juga pecahan dari basilika yang hancur dan sarkofagus kuno, satu dengan pemandangan mitos Apollo.

Makam Santo Paulus[sunting | sunting sumber]

Rencana basilika abad keempat

Menurut tradisi, jenazah Santo Paulus dimakamkan dua mil jauhnya dari lokasi kemartirannya, di area makam di sepanjang Jalan Ostiense, yang dimiliki oleh seorang wanita Kristen bernama Lucina. Sebuah tropaeum didirikan di atasnya dan dengan cepat menjadi tempat pemujaan.

Konstantinus I mendirikan sebuah basilika di situs tropaeum, dan basilika tersebut diperluas secara signifikan oleh Theodosius I dari tahun 386, menjadi tempat yang sekarang dikenal sebagai Santo Paulus Di Luar Tembok. Selama abad ke-4, jenazah Paulus, kecuali kepalanya, dipindahkan ke sarkofagus. (Menurut tradisi gereja, kepala bersandar di Lateran.) Makam Paulus berada di bawah batu nisan marmer di ruang bawah tanah basilika, pada 1,37 meter (4,5 kaki) di bawah altar. Batu nisan itu bertuliskan tulisan Latin PAULO APOSTOLO MART ("kepada rasul Paulus dan martir"). Bagian batu nisan bertulisan memiliki tiga lubang, dua persegi dan satu lingkaran.[12] Lubang melingkar terhubung ke makam dengan pipa, yang mencerminkan kebiasaan Romawi menuangkan parfum di dalam sarkofagus, atau praktek memberikan persembahan persembahan kepada tulang orang mati. Sarkofagus di bawah batu nisan berukuran panjang 2,55 meter (8,4 kaki), lebar 1,25 meter (4,1 kaki), dan tinggi 0,97 meter (3,2 kaki).

Bagian depan Basilika Santo Paulus Di Luar Tembok

Penemuan sarkofagus disebutkan dalam kronik biara Benediktin yang melekat pada basilika, sehubungan dengan pembangunan kembali abad ke-19. Tidak seperti sarkofagus lain yang ditemukan pada waktu itu, hal ini tidak disebutkan dalam makalah penggalian.[11]

Pada tanggal 6 Desember 2006, diumumkan bahwa para arkeolog Vatikan telah memastikan adanya sarkofagus marmer putih di bawah altar, mungkin berisi sisa-sisa Rasul Paulus.[12][13] Sebuah konferensi pers yang diadakan pada tanggal 11 Desember 2006[14] memberikan rincian lebih lanjut tentang pekerjaan penggalian, yang berlangsung dari tahun 2002 hingga 22 September 2006, dan yang telah dimulai setelah para peziarah ke basilika mengungkapkan kekecewaannya karena makam Rasul tidak dapat dikunjungi atau disentuh selama tahun Yubileum 2000.[15] Sarkofagus tidak diekstraksi dari posisinya, sehingga hanya satu dari dua sisi panjangnya yang terlihat.[16] Pada tahun 2009 Paus mengumumkan bahwa penanggalan radiokarbon menegaskan bahwa tulang-tulang di makam tersebut berasal dari abad ke-1 atau ke-2 yang menunjukkan bahwa itu memang milik Paulus.[17]

Sebuah garis melengkung dari batu bata yang menunjukkan garis besar apse basilika Konstantinian ditemukan tepat di sebelah barat sarkofagus, menunjukkan bahwa basilika asli memiliki pintu masuk ke timur, seperti Basilika Santo Petrus di Vatikan. Basilika 386 yang lebih besar yang menggantikannya memiliki Via Ostiense (jalan menuju Ostia) di timur dan diperpanjang ke barat, menuju sungai Tiber, mengubah orientasi secara diametris.

Kepala Biara[sunting | sunting sumber]

Barisan tiang Basilika Santo Paulus Di Luar Tembok
Tabernakel karya Arnolfo di Cambio

Kompleks ini mencakup Biara Benediktin kuno, yang dipugar oleh Odo of Kluni pada tahun 936.

Imam kepala[sunting | sunting sumber]

Kuburan lainnya[sunting | sunting sumber]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Basilika Santo Paulus di Luar Tembok di siang hari dengan empat pohon palem tinggi menghiasi fasad

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sejak Benediktus XVI penolakan gelar "Patriark Barat", Katolik Roma basilika patriarkal dikenal sebagai basilika kepausan.[butuh rujukan]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lateran Treaty of 1929, Article 15 (The Treaty of the Lateran by Benedict Williamson (London: Burns, Oates, and Washbourne Limited, 1929), pp. 42–66 Diarsipkan 2018-05-23 di Wayback Machine.).
  2. ^ Lateran Treaty of 1929, Article 13 (Ibidem Diarsipkan 2018-05-23 di Wayback Machine.).
  3. ^ Lateran Treaty of 1929, Article 15 (Ibidem Diarsipkan 2018-05-23 di Wayback Machine.).
  4. ^ a b c https://www.vatican.va/various/basiliche/san_paolo/en/basilica/storia.htm
  5. ^ O'Malley, John W. (2010). A History of the Popes. New York: Sheed & Ward. ISBN 9781580512299.
  6. ^ Rusconi, Roberto (2016). "Benedict XIV and the Holiness of the Popes in the First Half of the Eighteenth Century". In Messbarger, Rebecca; Johns, Christopher M. S.; Gavitt, Philip (eds.). Benedict XIV and the Enlightenment: Art, Science, and Spirituality. University of Toronto Press. pp. 278–9. doi:10.3138/9781442624757. ISBN 9781442624757.
  7. ^ "Church of Santo Stefano del Cacco", Turismoromam, Dipartimento Grandi Eventi, Sport, Turismo e Moda
  8. ^ Terry Kirk (2 June 2005). The Architecture of Modern Italy: The Challenge of Tradition 1750-1900. p. 173. ISBN 9781568984209.
  9. ^ http://www.frommers.com/destinations/rome/attractions/san-paolo-fuori-le-mura-st-paul-outside-the-walls
  10. ^ Hinzen-Bohlen, p. 411.
  11. ^ Gheddo, Piero (2006-09-22). "Asia News: Saint Paul's sarcophagus found". Asianews.it. Retrieved 2013-03-04.
  12. ^ "St. Paul's Tomb Unearthed in Rome". National Geographic News. 11 December 2006. Retrieved 21 July 2013.
  13. ^ "St Paul burial place confirmed". Catholic News Agency. 2006-12-06. Archived from the original on 2009-02-20. Retrieved 2013-03-04.
  14. ^ Communiqué about the press conference Archived 2007-09-30 at the Wayback Machine.
  15. ^ "Associated Press: Have St. Paul's remains been unearthed?". NBC News. 2006-12-07. Retrieved 2013-03-04.
  16. ^ Fraser, Christian (2006-12-07). "Christian Fraser, St Paul's tomb unearthed in Rome, BBC News, 7 December 2006". BBC News. Retrieved 2013-03-04.
  17. ^ "Pope Says Tests ‘Seem to Conclude’ Bones Are the Apostle Paul’s" New York Times (The Associated Press), June 28, 2009.
  18. ^ For abbots from 1796 to 1867: Turbessi, G. "Vita monastica dell'abbazia di San Paolo nel secolo XIX." Revue Bénédictine 83 (1973): 49–118.