San Diego Repertory Theatre

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

San Diego Repertory Theater (REP) atau disebut juga Perkumpulan Sandiwara San Diego, merupakan produksi program-program sandiwara dan kesenian baru yang mengeksplorasi hal-hal spiritual, politik dan mengandung unsur-unsur budaya yang dianggap penting oleh komunitasnya.

Produksi diusahakan untuk dikerjakan bersama antara aktris dan penonton yang mencerminkan kedinamisan dan keberagaman kebudayaan, umur dan tingkat ekonomi yang menjadi karakter populasi San Diego.

REP juga mendukung dan memproduksi karya-karya penulis dan komponis baru yang berani dan memiliki pandangan unik yang mencerminkan komunitas sekeliling kota San Diego.

Sebagai "Tempat Pertemuan Kebudayaan" di San Diego, di REP-lah karya multikultur, multi disiplin dan seni visual dipertunjukkan

Sejarah[sunting | sunting sumber]

San Diego Repertory Theater (REP) pada awalnya lahir dari teater jalanan yang bernama Indian Magique tahun 1976, didirikan oleh Sam Woodhouse dan Douglas Jacobs. Tempat pementasannya berada di 6th Ave Playhouse. Pada tahun 1986, REP pindah ke Theater Lyceum yang baru di Horton Plaza.

Perpindahan ini menandai dengan kerjasama yang unik antara REP dan kota San Diego. Lalu REP mengisi peran sebagai pengelola tempat di kompleks Lyceum dan menyediakan jasa jasa pementasan untuk komunitas dan organisasi kesenian lainnya. Dalam satu tahun, theater ini mementaskan 350 hingga 400 pertunjukan, dengan jumlah pengunjung mencapai 150,000 orang. Di sini, 2/3 dari pertunjukan adalah kerjasama antara REP dengan lebih dari 40 organisasi komunitas lainnya.

Sejak berdirinya REP telah mementaskan A Christmas Carol, karya Charles Dickens setiap dua atau tiga tahun sekali.

Misi[sunting | sunting sumber]

Setiap hari REP berjuang agar bisa menjadi suara yang murni bagi penduduk regional San Diego.

Program-program San Diego Repertory[sunting | sunting sumber]

Program-program sandiwara dan kesenian pada REP terbagi menjadi 5 bagian.

Musim 6 karya[sunting | sunting sumber]

Mempertunjukkan karya-karya klasik dan karya-karya baru.

Calafia Initiative[sunting | sunting sumber]

Calafia Initiative adalah inisiatif yang mensponsori karya-karya baru yang menceritakan tentang orang-orang California - Amerika dan Meksiko, pada zaman dahulu dan sekarang.

Berfokus pada karya lokal dan membangun kerjasama unik antara artis dan organisasi seni, pelajar dan aktivis masa, Calafia Initiative juga berusaha mengangkat eksplorasi budaya dan ekspresi dengan menekankan kerjasama pihak lokal dengan mengusung tema-tema kebudayaan di daerah ini yang saling bersinggungan sebagai daerah perbatasan 3 budaya.

Festival Kebudayaan[sunting | sunting sumber]

REP memproduksi dua festival multikultur dan multidisiplin per tahun. Yang pertama adalah Kumba Fest dan yang kedua adalah Festival Seni Yahudi Keluarga Lipinsky San Diego.

Kumba Fest[sunting | sunting sumber]

Kumba adalah bahasa Swahili untuk kreativitas. Kumba Fest adalah perayaan Bulan Bersejarah bagi orang kulit hitam dengan menampilkan kesenian dari orang-orang Afrika-Amerika dan segala kreatifitasnya. REP menjadi penyelenggara bagi 100 artis selama seminggu acara diadakan, mulai dari seminar kerja dan pertunjukan panggung.

Sekarang pada tahun ke-14 Kumba Fest menarik lebih dari 3500 orang yang datang bersama untuk merayakan kehidupan dan pembelajaran akan warisan budaya dan sejarah melalui seni; puisi, drum band, tari tarian, musik, pasar seni budaya, seminar kerja, forum pendidikan, pertunjukan drama, fitness, kompetisi pidato, pertunjukan positif hip hop dan tradisi penghargaan tertinggi untuk pencapaian model komunitas terbaik.

Tujuan penyelenggaraan Kumba Fest adalah untuk mendidik, membangun dan memberdayakan komunitas dalam kota dan kaum muda pada umumnya melalui kreativitas.

Festival Seni Yahudi Keluarga Lipinsky San Diego[sunting | sunting sumber]

Festival Seni Keluarga Lipinsky adalah festival yang paling berpengaruh dan berhasil di Pesisir Barat.

Terlahir dari ide untuk menuangkan musik, theater, tarian dan seni tingkat tinggi untuk mengekspresikan pentingnya ide ide yang penuh inspirasi dari filosofi, budaya, dan sejarah yahudi dengan semangat spiritual mempertunjukannya di depan publik untuk memperoleh rasa kebersamaan dari seluruh komunitas yang ada.

Festival yang biasanya berlangsung selama 3 minggu ini merayakan keaneka-ragaman antar komunitas Yahudi di dunia, menampilkan para aktris yang berasal dari 10 negara dan menggelar karya mereka dalam 5 bahasa yang berbeda.

Kerjasama Komunitas[sunting | sunting sumber]

Menciptakan dan memelihara kerjasama komunitas merupakan pondasi dari pekerjaan REP.

Dengan mengoperasikan Theater Lyceum dan Kompleks Galeri sebagai "Tempat Pertemuan Kebudayaan" bagi kota San Diego, REP mencoba untuk menelurkan program-program kebudayaan yang berimbang antar komunitas di San Diego dan membuka jalan bagi penduduk lokal untuk bersentuhan dengan seni.

Pada setiap musim pertunjukan lebih dari 40 kelompok seni lokal memanfaatkan sumber sumber REP untuk memproduksi karya mereka dengan menggunakan dukungan box office, usaha pemasaran bersama, dan fasilitas lainnya.

Ada organisasi-organisasi yang ingin memproduksi sendiri, dan mengandalkan REP dalam berbagai tingkatan dukungan, atau malah organisasi-organisasi inilah yang membantu memproduksi proyek REP.

REP terus mencari dan menyambut kelompok-kelompok yang berbeda ke dalam Lyceum, REP juga otomatis memperbanyak basis penonton yang berbeda untuk menonton pertunjukan-pertunjukan yang diadakan di sini.

Galeri Kompleks Lyceum[sunting | sunting sumber]

Kompleks Lyceum juga memiliki ruang galeri untuk pameran yang dikelola oleh REP.

Seluruh artis dari berbagai disiplin, gaya, latar belakang dan budaya dipersilakan untuk memamerkan karya mereka di galeri ini.

Setiap bulan, REP menampilkan artis lokal pada Kota San Diego, mulai dari nenek pengrajin quilt hingga anak sekolah, dari "Artis Terbaik Tijuana" hingga fotografer pemenang penghargaan Pulitzer.

Secara tematik karya seni yang ditampilkan di galeri mulai dari pahatan, lukisan, litograf dan fotografi mencerminkan nada dan subyek dari apa yang akan dipertunjukkan pada pementasan di panggung.

Program Program Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Sebagai upaya meningkatkan pendidikan untuk menjadi yang terbaik,

Arts-one[sunting | sunting sumber]

REP menerima dana dari National Endowment untuk acara Arts-one, dana ini dibagikan pada 30 teater nasional untuk berpartisipasi pada program inisiatif penciptaan generasi baru Shakespeare.

Program-program pendidikan lainnya[sunting | sunting sumber]

Program-program pendidikan lainnya yang sedang berjalan juga meliputi:

  • Project Discovery, program menyeluruh lintas budaya dengan menggunakan theater untuk mendidik dan membuka pengetahuan baru bagi anak-anak komunitas tidak mampu, dengan menyediakan tiket murah dan pedoman belajar.
  • Plays Plus; yang menawarkan kesempatan berperan dalam pertunjukan untuk orang tua dan penonton yang ingin menggali dunia teater lebih dalam lagi.
  • Sam salon; seminar amal yang dipimpin oleh Sam Woodhouse sebagai Direktur Artistik pada setiap hari Rabu pertama.
  • Berkarya Membangun Percaya Diri (Building Plays Building Pride) yang melibatkan pelajar dan angkatan muda yang tidak mampu dipandu dengan tim REP profesional yang memproduksi pertunjukan tentang sejarah budaya, tokoh-tokoh panutan, dan pilihan-pilihan positif yang dibuat dalam kehidupan.
  • Produksi Pekerja Seni Pemula (Production Artisan Apprentices) yang merekrut pekerja seni tingkat kuliahan dan profesional yang menjadikan theater sebagai pilihan karier mereka, untuk mencoba langsung sebagai pengalaman dan pelatihan pada pengerjaan konstruksi bangunan latar belakang adegan, pembuatan dan pemilihan kostum, tata cahaya, tata suara, pengorganisasian panggung dan pemeliharaan properti.
  • Conservatory: Pengadaan kelas-kelas tingkat ahli untuk akting dan teknik gerak dengan pengajar dari artis dari REP dan anggota staff artistik REP.

REP menarik sekitar 150.000 orang setiap musim pertunjukan, dan pada ulang tahunnya yang ke-30, REP beroperasi dengan menelan biaya US$ 3,3 juta

Referensi[sunting | sunting sumber]