Samsung Galaxy Tab

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Samsung Galaxy Tab

Samsung Galaxy Tab adalah komputer tablet berbasis Android yang diproduksi oleh Samsung, yang sudah diproduksi pada tanggal 2 September 2010 di IFA Berlin. Mempunyai fitur 7-inci (180 mm) & 10.1-inchi TFT-LCD touchscreen, mempunyai kemampuan Wi-Fi , sebuah 1.0 GHz Cortex A8-ARM (Hummingbird) prosesor,dan sistem masukan Swype. Hal ini dilengkapi dengan kamera belakang 3,2 MP dan kamera depan 1,3 MP yang berguna untuk videocall. Samsung Galaxy Tab di rilis dan dilengkapi dengan Android 2.2 / Froyo (Galaxy Tab 1) & Android 3.1 / Honeycomb (Galaxy Tab 2). Perangkat keras Tablet ditutupi dalam tubuh plastik yang membuatnya lebih ringan dibandingkan dengan tablet logam buatan lainnya, dengan berat 380 gr. Model GT-P1000 membawa 7 "TFT LCD bukan sebuah AMOLED yang digunakan oleh Samsung di sebagian besar ponsel yang layarnya memiliki resolusi 1024 × 600. Samsung Galaxy Tab memiliki penyimpanan flash internal sebesar 16 GB atau 32 GB yang dapat diperluas dengan kartu microSD.

Samsung Galaxy Tab ini memiliki dua kamera yaitu 3,2 MP kamera di bagian belakang yang dilengkapi dengan LED flash dan 1,3 MP kamera di bagian depan untuk video calling. Samsung Galaxy Tab ini memiliki 802.11 dan Wi-Fi, Bluetooth 3.0, 3G konektivitas melalui HSPA dan jaringan HSUPA, dan chip GPS. Baterai 4000 mAh yang akan memberikan 7 jam pemutaran video atau 10 jam Waktu bicara.

Ekosistem aplikasi[sunting | sunting sumber]

Samsung Galaxy Tab terlihat lebih unggul dalam spesifikasi hardware. Samsung Galaxy Tab juga mengandalkan Android Market dan Samsung Apps. Android Market mempunyai keuntungan dari kebebasan developer untuk menjual aplikasi. Akan tetapi di lain pihak kebebasan ini sering menjadi masalah karena terlalu banyak aplikasi yang tidak berguna yang di upload di Android Market tanpa pengawasan.

Software[sunting | sunting sumber]

Samsung Galaxy Tab ini dilengkapi dengan Android 2.2 yang akan upgradeable ke Android 3.0.Dalam waktu dekat ini Versi Android telah dimodifikasi dengan beberapa aplikasi. Kebanyakan Android 2.2 aplikasi dikembangkan dengan menggunakan pedoman Google untuk Android harus skala besar bila ditampilkan pada perangkat yang lebih besar layar seperti Samsung Galaxy Tab. Menurut Samsung,Adobe Flash 10,1, DivX, MPEG-4, WMV dan Xvid, H.263, H.264 juga telah diumumkan. Fitur kalender, email dan aplikasi instant messaging. Memiliki peluncur untuk aplikasi e-bacaan yang dimulai Press Display ketika membaca koran, Kobo ketika membaca e-buku, dan Zinio saat membaca majalah.

Spesifikasi lengkap[sunting | sunting sumber]

  1. 7-inch touchscreen Enhanced layar TFT dengan resolusi WSVGA. Penawaran dan gambar lebih jelas, memberikan resolusi 1024 x 600.
  2. Samsung 1GHz Cortex A8 Hummingbird Aplikasi Processor yang menghasilkan kinerja responsif UI, dan HD seperti kemampuan pemutaran untuk konten multimedia.
  3. Android 2.2 platform. Dengan dukungan untuk Google Mobile Services termasuk Gmail, YouTube ™, Google Talk, Google suara dan akses ke Android Market ™, yang menyediakan akses ke lebih dari 80.000 aplikasi.
  4. Full HTML Web browsing. Dukungan penuh untuk Adobe Flash 10. Menyediakan browsing game, Web dan video.
  5. Enam sensor gerak dan accelerometer. Menyediakan game, dan pengalaman menonton saat perangkat dimiringkan ke atas atau bawah atau panning telepon ke kiri atau kanan. Pengguna email, kalender dan kontak akan berputar dari portrait ke landscape dan terbuka sebagai layar-split untuk membuat PC atau laptop. Kebanyakan aplikasi Android Market akan terbuka di layar penuh dan non-scalable Android Market aplikasi akan dibingkai dan berpusat pada layar Tab Galaxy pada resolusi 800 x 400.
  6. Kamera belakang 3MP dan camcorder, Fitur autofocus menangkap video berkualitas DVD
  7. Video Chat - Wi-Fi.
  8. Kamera belakang 1,3 MP dan camcorder. Memungkinkan video chatting dengan orang lain yang memiliki kemampuan video conferencing (aplikasi yang tersedia di Android Market).
  9. Email Korporasi yang mendukung Android Exchange ActiveSync 2.2 e-mail untuk menyesuaikan e-mail perusahaan, kontak dan kalender dari rekening kantor e-mail.
  10. Virtual QWERTY Keyboard Menampilkan Swype Teknologi, Input teks lebih cepat dan dalam cara yang lebih intuitif dengan satu gerakan jari terus-menerus di keyboard layar.
  11. Stereo Bluetooth Technology. Dukungan untuk profil berikut port serial, distribusi audio lanjutan, audio atau visual remote control, push objek untuk vCard, pencetakan dasar, audio generik atau distribusi video, audio atau distribusi visual, audio atau protokol transport kontrol visual.
  12. Full suite pilihan pesan Teks, gambar, video dan pesan suara, yang bisa mendukung perusahaan dan personal e-mail account.
  13. Musik dan pemain video dengan browsing katalog antar user.
  14. Wi-Fi dan 3G Mobile dukungan Hotspot
  15. Built-in 2GB memori internal dengan 16GB pra-instal microSD ™ diperluas untuk 32GB. Baterai 4.000 mAh menyediakan tenaga yang cukup untuk menonton film, berbagi konten dan surfing di Web selama berjam-jam.
  16. Ultra tipis dan berat kurang dari 1 pon. Untuk pengguna yang tidak ingin terbebani dengan menambahkan tablet mobile ke saku atau tas.

Perkembangan fitur[sunting | sunting sumber]

  • V CAST Music dengan Rhapsody CAST , V Video on Demand, V CAST Song ID, VZ Navigator, aplikasi termasuk reader Kindle e-, bersama dengan game seperti "RUEVE"
  • Samsung Sosial Hub.Dibangun sekitar pesan, kontak dan sinkronisasi kalender, yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima kegiatan sehari-hari, apakah itu adalah e-mail, update jaringan sosial atau pesan SMS
  • Terpadu Kalender informasi dari kalender portal, Kurs, Google Calendar dan layanan jaringan sosial (SNS), termasuk Facebook.
  • Terpadu Kontak syncs dengan Exchange, Google, Twitter dan Facebook dan menampilkan kontak pengguna dalam empat kategori termasuk Informasi, Sejarah (panggilan sebelumnya dan pesan), Kegiatan (status update dan pemberitahuan di situs jejaring sosial) dan Media (foto profil Facebook dan foto galeri).
  • Customizable menu touchscreen dengan widget drag and drop AllShare Aplikasi. Mengaktifkan konektivitas antar perangkat melalui Digital Living Network Alliance (DLNA), sehingga pengguna dapat mengirim konten multimedia nirkabel ke perangkat lain DLNA-enabled seperti TV dan laptop.
  • Berita & Cuaca. Menampilkan berita dan cuaca update dalam format yang bergulir terus menerus.
  • Daily Briefing, akses instan ke cuaca, berita, saham dan jadwal.
  • Hybrid Jam. Menampilkan informasi cuaca selama clock widget.
  • ThinkFree Office. Memungkinkan untuk melihat dan mengedit dokumen Microsoft Office dalam Word, Excel, PowerPoint atau dokumen PDF.

Peluncuran Samsung Galaxy Tab[sunting | sunting sumber]

Eropa Samsung Galaxy Tab di Eropa itu dikabarkan biaya sekitar 699 € (16 GB model) dan 799 € (32 GB model). harga resmi belum dirilis. Setelah rilis pasar di Jerman pada tanggal 11 Oktober 2010, harga bervariasi antara € 650 dan € 800 untuk model 16 GB. Versi Inggris Tab telah dikonfirmasi akan dirilis pada tanggal 1 November 2010. Pada awalnya diperkirakan biaya £ 799,99 namun sejumlah toko online sedang mengambil pre-order untuk £ 599,99 termasuk Amazon.co.uk dan Play.com

Australia Telah dikabarkan bahwa di Australia Tab akan eceran untuk A, $ 999 yang sesuai dengan poin harga lainnya dikabarkan di seluruh dunia

Amerika Serikat Di Amerika Serikat Tab terdaftar di belanja Bing sebagai yang dijual untuk $ 499,meskipun saat ini tidak diketahui jika perangkat off-kontrak akan memiliki kemampuan telepon (seperti Tab internasional) atau tidak (AT & T Tab).Tab Galaxy ini diharapkan akan dirilis November 15,2010 diAmerikaSerikat.

Timur Tengah

Samsung Galaxy Tab telah resmi dirilis di Timur Tengah di Dubai GITEX Shopper pertemuan terbesar pengecer terkemuka di daerah TIK dan pemasok. Sebagian besar pengecer menjual Tab pada AED 3100 (sekitar € 600)

Indonesia Samsung Galaxy Tab yang secara resmi diluncurkan pada tanggal 2 September 2010 rencananya akan tiba di pasaran Indonesia pada pertengahan bulan Oktober 2010. Pihak Samsung memilih India menjadi negara pertama di Asia untuk memasarkan tablet 7 inchi ini. Hingga kini Samsung belum memberikan keterangan resmi mengenai harga Samsung Galaxy Tab, Samsung memberi space harga antara US$ 200 – 300. Samsung juga merilis Samsung Galaxy Tab S dengan bentuk yang revolusioner karena sangat tipis mencapai 6.9 mm, dan harganya sekitar 5.9 Juta untuk versi Samsung Galaxy Tab S 8.4, Dan 6.9 Juta untuk versi Samsung Galaxy Tab S 10.5

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Mirabito, M.A.M., & Morgenstern, B.L (2004). New Communication Technology: Applications, Policy, and Impact, Fifth Edition, UK: Focal Press. (MM)
  • Indonesia Handphone Mobile Infotainment,edisi Oktober-November 2010

Pranala luar[sunting | sunting sumber]