Sampangan, Gajahmungkur, Semarang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sampangan
Kelurahan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kota Semarang
Kecamatan Gajahmungkur
Kodepos 50236
Luas -
Penduduk -
Kepadatan -

Sampangan merupakan sebuah kelurahan di kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Kelurahan Sampangan adalah salah satu kelurahan yang berada di kecamatan Gajahmungkur kota Semarang dan kantor kelurahannya berada pada jalan Menoreh Raya, kota Semarang. setiap tahun pada bulan apit pada penanggalan jawa selalu diadakan acara sedekah bumi atau dikenal dengan nama "apitan". setiap warga turut serta dalam perayaan tersebut dengan mengkikuti karnaval yang melintasi jalan utama kelurahan.

Batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

Sebelah Barat: Kelurahan Manyaran, Kecamatan Semarang Barat

Sebelah Selatan: Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati

Sebelah Utara: Kelurahan Bambankerep, Kecamatan Ngaliyan

Sebelah Timur: Kelurahan Bendan Ngisor, Kecamatan Gajahmungkur

Pusat Aktivitas[sunting | sunting sumber]

Nama-nama jalan utama yang berada di Sampangan adalah: Jalan Menoreh Raya, Jalan Menoreh I, Jalan Menoreh II, Jalan Lamongan Raya, Jalan Papandayan, Jalan Kendeng, Jalan Sampangan Baru, Jalan Dewi Sartika. Pusat aktivitas di Kelurahan Sampangan terdapat di Pasar Sampangan lama (jawa: Prapatan Sampangan) dimana di tempat tersebut, terdapat perempatan jalan dimana 4 jalan utama yaitu Jalan Kelud Raya Jalan Menoreh Raya, Jalan Lamongan Raya, dan Jalan Papandayan bertemu, sekarang Pasar Sampangan dipindah ke Tugu Suharto di jalan Dewi Sartika.

Dikelurahan Sampangan juga melintas sungai Kaligarang yang merupakan sumber air untuk PDAM kota Semarang. sungai Kaligarang dimulai dari Goa Kreo hingga bermuara di Tanah Emas Semarang. Sungai Kaligarang ada yang menyebutnya dengan Sungai Banjir Kanal Barat.