Sam Nujoma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sam Nujoma
Presiden Namibia ke-1
Masa jabatan
21 Maret 1990 – 21 Maret 2005
Didahului oleh Tidak ada
Digantikan oleh Hifikepunye Pohamba
Informasi pribadi
Lahir 12 Mei 1929 (umur 84)
Ongandjera, Namibia
Partai politik SWAPO
Suami/istri  ?

Samuel Daniel Shafiishuna Nujoma (lahir 12 Mei 1929) adalah Presiden Namibia pertama. Ia dilantik tahun 1990 dan selanjutnya dipilih kembali tahun 1994 dan 1999, selesai menjabat pada 2005.

Nujoma dilahirkan di Ongandjera, Namibia bagian utara. Ibunya, Mpingana Helvi Kondombolo, masih hidup terhitung Oktober 2005, dan berusia lebih dari 100 tahun.

Ia merupakan presiden pertama dari SWAPO (Organisasi Rakyat Afrika Barat Daya) sementara memimpin perebutan bersenjata melawan pengambilalihan kekuasaan asing dan kolonial, Afrika Selatan. Selama perebutan, Nujoma mengambil nama pertempuran Shafiishuna, yang berarti "halilintar", karena itu berada di keluarganya di pihak ayahnya. [1]

Afrika Selatan mengadministrasi tanahnya di bawah kebijakan apartheid, atau pembagian, di mana sumber daya terbaik dipesan bagi yang dimasukkan dalam golongan kulit putih, sementara penduduk asli Namibia diperlakukan sebagai bawahan dan dilarang dari keikut-sertaan aktif dalam negaranya. Nujoma memimpin SWAPO dalam perjuangan (perebutan) bersenjata untuk mengakhiri penjajahan Afrika Selatan.

Sebagai kepala SWAPO, Nujoma dengan suara bulat diangkat presiden pada kemenangan SWAPO dalam pemilu yang dipantau Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan disumpahkan sebagai presiden oleh Sekjen PBB Javier Pérez de Cuéllar pada 21 Maret 1990.

Pada tahun 1996, Norwegia memutuskan untuk menghentikan pengucuran dana pemulihan kemarau ke Namibia sebagai reaksi atas pembelian jet kepresidenan dan dua helikopter VIP baru yang mahal. Pesawat tersebut dibeli hanya beberapa pekan setelah Sam Nujoma mengajukan bantuan komunitas internasional. [2]

Didahului oleh:
Presiden Namibia
19902005
Diteruskan oleh:
Hifikepunye Pohamba