Salome (murid Yesus)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Salome (Ibrani: שלומית, Shelomit; variasi nama Ibrani: Shulamit, Shulamith, Shlomtsion atau Shlomzion; Inggris: Salome) adalah salah satu dari perempuan yang mengikuti Yesus Kristus dari Galilea, terutama dicatat namanya saat hadir dalam penyaliban Yesus dan persiapan untuk memberi rempah-rempah menurut Injil Markus dalam Perjanjian Baru di Alkitab Kristen. Injil Markus mencatat demikian:

  • "Ada juga beberapa perempuan yang melihat dari jauh, di antaranya Maria Magdalena, Maria ibu Yakobus Muda dan Yoses, serta Salome. Mereka semuanya telah mengikut Yesus dan melayani-Nya waktu Ia di Galilea" (pada waktu penyaliban Yesus)[1]
  • "Setelah lewat hari Sabat, Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus, serta Salome membeli rempah-rempah untuk pergi ke kubur dan meminyaki Yesus."[2]

Kemungkinan besar, Salome juga termasuk salah satu dari mereka dalam ayat "pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu pergi ke kubur membawa rempah-rempah yang telah disediakan mereka. Mereka mendapati batu sudah terguling dari kubur itu, dan setelah masuk mereka tidak menemukan mayat Tuhan Yesus." (Lukas 23:55–24:3)

Di Injil Matius terdapat ayat yang paralel dengan Markus 15:40–41 sebagai berikut:
"Dan ada di situ banyak perempuan yang melihat dari jauh, yaitu perempuan-perempuan yang mengikuti Yesus dari Galilea untuk melayani Dia. Di antara mereka terdapat Maria Magdalena, dan Maria ibu Yakobus dan Yusuf, dan ibu anak-anak Zebedeus."[3] Berdasarkan perbandingan ini, maka ada yang menyimpulkan bahwa Salome, yang juga bernama Maria, adalah isteri dari Zebedeus dan juga ibu dari Rasul Yakobus dan Rasul Yohanes.

Referensi[sunting | sunting sumber]