Salo, Finlandia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lambang Salo
Lokasi
Kaupunkikuva3.jpg

Salo (IPA: [ˈsɑlo]) ialah sebuah kota dan kotamadya di Finlandia.

Terletak di provinsi Finlandia Barat dan bagian kawasan Egentliga Finland. Kotamadya ini berpenduduk 24.878 jiwa (31 Desember 2004) dan meliputi luas wilayah 143,82 km² (tak termasuk laut) di mana 0,43 km² berupa perairan daratan. Kepadatan penduduknya mencapai 173.50 jiwa per km².

Secara unilingual, penduduk kotamadya ini menuturkan bahasa Finlandia.

Salo sudah hadir sebagai kota kecil paling tidak sejak abad ke-16, meski masih kecil dan terpencil (salo berarti "hutan tak berpenghuni" dalam bahasa Finlandia). Meski sudah lama menjadi pusat perdagangan desa, Salo baru digabungkan secara resmi pada tahun 1960. Sekarang, klaim utamanya ialah pada keterkenalannya untuk mengembangkan dan memproduksi Nokia, dan kemudian dianggap sebagai tempat asli HP Nokia. Nokia juga salah satu perusahaan yang banyak mempekerjakan manusia di kawasan ini.

Salo terletak hampir dalam jarak yang sama antara Helsinki dan Turku, menjadikannya sibuk. Jarak yang pendek dari kota-kota besar tersebut membuat kawasan Salo dan bisnisnya berkembang. Pertanian juga berperan penting di daerah ini.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Salo memiliki 7 kota kembar:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 60°23′10″LU,23°07′30″BT