Salmonsens Konversationsleksikon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Salmonsens Konversationsleksikon adalah ensiklopedia bahasa Denmark yang telah diterbitkan dalam beberapa edisi.

Edisi pertama, Salmonsens Store Illustrerede Konversationsleksikon diterbitkan dalam sembilan belas volume antara tahun 1893-1911 oleh Brødrene Salmonsens Forlag, dan dinamai oleh penerbit Ishak Salmonsen [1][2]. Edisi kedua, Salmonsens Konversationsleksikon, diterbitkan dalam 26 volume antara tahun 1915-1930 , di bawah keredaksian dari Kristen Blangstrup (volume 1-21), dan Johs. Brøndum-Nielsen dan Palle Raunkjær (volume 22-26), yang dikeluarkan oleh JH Schultz Forlagsboghandel.

Edisi kedua adalah dalam domain publik, dan tersedia online di Proyek Runeberg. [2]

Edisi pertama[sunting | sunting sumber]

Latar belakang Salmonsens Konversationsleksikon adalah bahwa pemilik Percetakan JH Schultz, Frederik Hostrup Schultz, di akhir 1880-an mengambil rencana untuk menerbitkan versi terjemahan dari Konversationslexikon Meyers Jerman. Untuk membiayai perusahaan, ia menyelesaikan dengan mantan master pembangun arsitek JW Frohn, yang menjamin setengah dari dana tersebut. dan mereka setuju untuk berbagi pendanaan. Kemudian 34 tahun setelah itu, letnan utama dan sejarawan militer, Kristen Blangstrup dipekerjakan sebagai editor, dan dikontrak pada 9 Mei 1891 untuk menyediakan buku terjemahan dari 48 halaman setiap Hari. Dimulai maret 1892 Mereka menghitung bahwa glosarium akan harus diisi 240 buku (dalam 16 volume) dan harga akan turun menjadi 50 persen. Pekerjaan harus diselesaikan dan dirilis sebelum 1900. Penjualan buku dari penerbit Ishak Salmonsen bekerjasama dengan Schultz yang dipekerjakan untuk menangani penjualan dan iklan pekerjaan.

Tak lama setelah Blangstrup dan karyawan sastrawan lainnya yang aneh telah mulai bekerja, mereka mengubah rencana tersebut dan sebagai gantinya, mereka mendapat ide bahwa ensiklopedia baru harus ditulis dari awal, dan mereka akan mempekerjakan tim ahli Denmark untuk mempersiapkan entri. Mereka berhasil mengumpulkan beberapa ilmuwan terkemuka saat ini dan staf ahli. Buku pertama diterbitkan maret 1893 dengan nama Great Salmon Illustrated ensiklopedi. Dinamakan dengan Ishak Salmonsen merupkan sukses besar dan awalnya berjalan dari 5000, menjadi dua kali lipat. Ia diterbitkan di 18 volume (ditambah volume tambahan) pada periode 1893-1911 dengan desakan deklarasi Saudara Salmon, meskipun fakta bahwa itu sebenarnya dicetak dan salah tempat oleh Schultz.

Edisi[sunting | sunting sumber]

  • Salmonsens Store Illustrerede Konversationsleksikon, 19 volume, Kopenhagen: Brødrene Salmonsen, 1893-1911
  • Salmonsens Konversationsleksikon, edisi 2, editor: Chr. Blangstrup (I-XXI), Johs. Brøndum-Nielsen dan Palle Raunkjær (XXII-XXVI), 26 volume, *Kopenhagen: J. H. Schultz Forlagsboghandel, 1915-1930.
  • Den Lille Salmonsen, edisi 3, 12 volume, Kopenhagen, 1937-1940.
  • Salmonsen Leksikon-Tidsskrift (SLT), Kopenhagen, 1941-1955. Sebuah seri buku yang diterbitkan bulanan.
  • Den nye Salmonsen, 1 volume, Kopenhagen, 1949.

Refrensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Henriksen, Petter, ed. (2007). "Isaac Salmonsen". Store norske leksikon (dalam bahasa Norwegian). Oslo: Kunnskapsforlaget. Diakses 9 November 2009. 
  2. ^ a b "Salmonsens konversationslekskion". Store norske leksikon (dalam bahasa Swedish). Projekt Runeberg. Diakses 9 November 2009. 

Lihat juga[sunting | sunting sumber]