Saleh Bangun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Saleh Bangun
Anggota DPRD Sumatera Utara Fraksi Demokrat
Masa jabatan
2014–2015
Presiden
GubernurGatot Pujo Nugroho
Ketua DPRD Sumatera Utara
Masa jabatan
2009–2014
PresidenSusilo Bambang Yudhoyono
Gubernur
Sebelum
Pendahulu
Darmataksiah YWR
Pengganti
Ajib Shah
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir
Saleh Bangun

16 Desember 1951 (umur 72)
Telaga, Sei Bingai, Langkat, Sumatera Utara
Suami/istriHj. Supiah Etty
Anak
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

H. Saleh Bangun (lahir 16 Desember 1951) adalah politikus Indonesia. Ia adalah Anggota DPRD Sumatera Utara periode 2014—2015. Ia pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Sumatera Utara periode 2009—2014.[1]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Saleh Bangun yang terlahir dan besar dari keluarga petani menghabiskan masa kecil dan menempuh pendidikan formal di Kabupaten Langkat, Binjai, dan Medan. Usai menamakan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA), ia kemudian memilih menggeluti dunia usaha dibidang jasa konstruksi. Pada rentang masa itu, Saleh Bangun kemudian menikah dengan Hj. Supiah Etty, sekaligus bersama-sama merintis usaha dengan istri sejak tahun 1975.

Penerapan manajemen yang baik, akhirnya menghatarkan perusahaannya berakar dibawah dan berbuah di atas. Perusahaanya kerap dipercaya menangani beberapa pekerjaan di PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II, PTPN III, PT Socfindo dan PT Raja Garuda Mas. Dari sana pula Saleh Bangun secara perlahan tapi pasti mengumpulkan investasi untuk selanjutnya membeli beberapa lahan kosong di penjuru Sumatera Utara yang kemudian dibudidayakan menjadi kebun karet dan kelapa sawit.

Setelah mapan sebagai pengusaha, pria berdarah Suku Karo ini kemudian terjun ke dunia politik dan duduk sebagai pengurus partai tingkat Kabupaten dengan jabatan Ketua Dewan Pakar Partai Demokrat Kabupaten Langkat pada tahun 2005.

Meski tidak memiliki latar belakang pendidikan politik, Saleh Bangun kemudian sukses mengemban amanah dan terpilih sebagai Ketua DPRD Sumatera Utara pada masa periode 2009-2014.[2]

Organisasi[sunting | sunting sumber]

  • Ketua Dewan Pakar Partai Demokrat Kabupaten Langkat (2005)

Karier[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Marza, Adela Eka Putra (12-10-2009). "Saleh Bangun Pimpin DPRD Sumut 2009-2014". Okezone.com. Diakses tanggal 07-10-2019. 
  2. ^ (Indonesia)Depari, Tania. 2014. Seratus Tokoh Karo Kompilasi Profil Inspiratif.Jakarta: CV. Mitra Perdana