Sajingan Besar, Sambas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sajingan Besar
—  Kecamatan  —
Negara  Indonesia
Provinsi Kalimantan Barat
Kabupaten Sambas
Pemerintahan
 • Camat Drs. Uray Willy Mulyadi
Luas 1.391,20 km²
Jumlah penduduk -
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan 5/-

Sajingan Besar adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia. Kecamatan ini sering disebut sebagai Sajingan saja, yang sebenarnya bisa membingungkan, karena di lain pihak, terdapat juga Sajingan Kecil, sebuah dusun di Semanga, yang notabene tidak terletak di kecamatan ini, melainkan di Kec. Sejangkung yang terletak di sebelah selatannya.

Ibu kota kecamatannya adalah Kaliau, yang juga merupakan nama sebuah gunung dekat kota kecamatan itu berada. Aruk, yang merupakan pemukiman Indonesia terdekat dari Sarawak, Malaysia di Kabupaten Sambas juga terdapat di kecamatan ini.

Jalur transportasi sudah cukup memadai, di mana sudah terdapat angkutan umum yang dapat digunakan masyarakat untuk bepergian ke ibukota kabupaten, walaupun dengan kondisi jalan yang masih belum begitu baik.

Dari segi telekomunikasi, agaknya masyarakat kecamatan ini,terutama di Aruk dan sekitarnya, lebih familiar dengan Hotlink yang merupakan jaringan telekomunikasi selular produk Malaysia, dikarenakan dekatnya posisi kecamatan ini dari perbatasan Malaysia. Penduduk kecamatan ini sebagian besar merupakan suku Dayak, kemudian diikuti oleh orang Melayu, dan sedikit orang Jawa.

Pembentukan[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Sajingan Besar terbentuk secara resmi pada tanggal 17 Juni 1996 yang dilaksanakan secara terpusat di Sanggau Kabupaten Sanggau berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 1996 tentang Pembentukan 16 (Enam Belas) Kecamatan di Wilayah Kabupaten Daerah Tingkat II Pontianak, Sanggau, Sambas, Sintang, Ketapang dan Kapuas Hulu Dalam Wilayah Propinsi Daerah Tingkat I Kalimantan Barat. Kecamatan Sajingan Besar pada awalnya merupakan Perwakilan Kecamatan Sejangkung yang terletak di Desa Kaliau.

Batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Sajingan Besar merupakan kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Sambas dan terletak di wilayah perbatasan dengan Negara Malaysia Timur ( Serawak ) dengan luas wilayah ± 1.391,20 Ha, dengan batas-batas sebagai berikut :

Arah Mata Angin Berbatasan dengan
Utara Kecamatan Paloh dan Serawak
Selatan Kecamatan Sejangkung dan Kabupaten Bengkayang
Timur Serawak
Barat Kecamatan Paloh dan Kecamatan Galing

Wilayah Administrasi[sunting | sunting sumber]

Desa-desa yang tergabung dalam wilayah Kecamatan Sajingan Besar adalah merupakan desa-desa yang berasal dari Kecamatan Sejangkung (Desa Kaliau’ dan Sebunga), Kecamatan Teluk Keramat (Desa Santaban dan Senatab) dan Kecamatan Paloh (Desa Sungai Bening), sehingga [[Sajingan Besar, Sambas|Kecamatan Sajingan Besar membawahi 5 Desa yaitu :

  1. Desa Kaliau
  2. Desa Sebunga
  3. Desa Santaban
  4. Desa Senatab
  5. Desa Sungai Bening

Camat[sunting | sunting sumber]

Sejak dibentuk pada tahun 1996 s/d sekarang pejabat-pejabat yang pernah duduk sebagai Camat yakni sebagai berikut :

  1. Chifni Burhanuddin, S.Sos
  2. Kasim, S.Sos
  3. Usman, S.Sos, MM
  4. Drs. Uray Willy Mulyadi
  5. Suhut Firmansyah, S.Sos

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]