Saipar Dolok Hole, Tapanuli Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Saipar Dolok Hole
Peta lokasi Kecamatan Saipar Dolok Hole
Negara Indonesia
ProvinsiSumatera Utara
KabupatenTapanuli Selatan
Pemerintahan
 • CamatAdil Pangaribuan
Populasi
 • Total13.940 jiwa
 • Kepadatan26/km2 (70/sq mi)
Kode pos
22759
Kode Kemendagri12.03.05
Kode BPS1203160
Luas540,57 km²
Desa/kelurahan12 desa
2 kelurahan

Saipar Dolok Hole atau sering disingkat "SDH" adalah sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Indonesia. Ibu kota kecamatan ini berada di kelurahan Sipagimbar. Kecamatan ini berbatasan dengan kabupaten Tapanuli Utara, dan kabupaten Padang Lawas Utara. Penghasilan utama masyarakat meliputi padi, kopi ateng, dan karet.

Batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

Utara Kecamatan Aek Bilah
Timur Kabupaten Padang Lawas Utara
Selatan Kecamatan Arse
Barat Kabupaten Tapanuli Utara

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Pembagian Wilayah Desa/Kelurahan di Kecamatan Saipar Dolok Hole

Kabupaten Tapanuli Selatan terdiri dari 12 desa dan 2 kelurahan yaitu:

Demografi[sunting | sunting sumber]

Budaya[sunting | sunting sumber]

Dalam Sensus Penduduk Indonesia 2020, jumlah penduduk kecamatan ini sebanyak 13.940 jiwa.[1] Penduduk kabupaten Tapanuli Selatan, pada umumnya merupakan suku Batak Angkola, dan ada juga sebahagian besar lainnya suku Batak Toba dan Batak Mandailing. Beberapa suku lainnya juga ada seperti Batak Karo, Batak Simalungun, Nias dan suku pendatang di luar Sumatera Utara seperti suku Aceh, Jawa, Minangkabau, dan lainnya.

Mayarakat Saipar Dolok Hole merupakan Batak Angkola dan masih menerapkan sistim dalihan natolu (Mora,Kahanggi,Anak Boru ) salah satu yang budaya Masyarakat Saipar Dolok Hole yang sampai saat ini masih kental dalam upacara adat yaitu Martahi/Martuppak di tempat mempelai laki-laki. Marga di kecamatan Saipar Dolok Hole cukup banyak,namun mayoritas adalah Siregar, Harahap, Ritonga, Pasaribu, Pohan, Hasibuan, Rambe, Marpaung, Gultom, Simatupang, Pangaribuan, Sitorus Pane.

Warisan peninggalan sejarah Buddha masih terdapat di Saipar Dolok Hole yang telah berumur ratusan tahun berupa patung yang terletak di Gunung Batara Wisnu, di pargumbangan, di Tambiski,di Hanopan dan masih bayak lagi situs sejarah di sepanjang aliran sungai Batang Pane.

Agama[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik kabupaten Tapanuli Selatan mencatat bahwa mayoritas penduduk kecamatan ini memeluk agama Islam yakni 82,82%. Kemudian sebagian lagi beragama Kristen 17,18%, dimana Protestan 17,14% dan Katolik 0,04%.[2][3] Untuk sarana rumah ibadah, terdapat 45 masjid, 7 gereja Protestan dan 2 musholah.[1]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Sekolah SD Negeri sebanyak 29 dan 1 MIN, SMP 4, Tsanawiyah 1, SMA 1, MAN 1 dan Pesanteren 1 yaitu Pesanteren Darul Mursyid yang terletak di Desa Sidapdap Simanosor dan PAUD.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Kabupaten Tapanuli Selatan Dalam Angka 2021" (pdf). www.tapanuliselatankab.bps.go.id. hlm. 7, 55, 124–125. Diakses tanggal 22 Mei 2021. 
  2. ^ "Visualisasi Data Kependuduakan - Kementerian Dalam Negeri 2020". www.dukcapil.kemendagri.go.id. Diakses tanggal 22 Mei 2021. 
  3. ^ "Penduduk Menurut Wilayah dan Agama yang Dianut di Kabupaten Tapanuli Selatan". www.sp2010.bps.go.id. Diakses tanggal 22 Mei 2021.