Safe Haven (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Safe Haven
Poster Film Safe Haven
SutradaraLasse Hallström
ProduserMarty Bowen
Chad Freet
Wyck Godfrey
Ryan Kavanaugh
SkenarioGage Lansky
Dana Stevens
Berdasarkan
Safe Haven
oleh Nicholas Sparks
PemeranJulianne Hough
Josh Duhamel
Cobie Smulders
David Lyons
Penata musikDeborah Lurie[1]
SinematograferTerry Stacey
PenyuntingAndrew Mondshein
Perusahaan
produksi
Relativity Media
Temple Hill Entertainment
DistributorRelativity Media
Tanggal rilis
  • 14 Februari 2013 (2013-02-14)
[2]
Durasi115 menit[3]
NegaraAmerika Serikat
BahasaBahasa Inggris
Anggaran$25 juta
Pendapatan
kotor
$97,594,140

Safe Haven adalah film drama romantis Amerika Serikat tahun 2013 yang disutradarai oleh Lasse Hallström dan diproduseri oleh Marty Bowen, Chad Freet, Wyck Godfrey, dan Ryan Kavanaugh. Berdasarkan novel dengan judul yang sama karya Nicholas Sparks tahun 2010, film ini dibintangi oleh Julianne Hough, Josh Duhamel, Cobie Smulders, dan David Lyons.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Seorang wanita berlari meninggalkan rumahnya di Boston sambil memegang pisau berdarah. Ia mencoba melarikan diri ke stasiun bis dan membeli tiket dengan rambutnya dipotong pendek dan disemir pirang, lalu bis berhenti di kota kecil Southport, Carolina Utara. Di toko umum, ia memperkenalkan dirinya sebagai Katie. Setelah mendapatkan pekerjaan sebagai pelayan restoran dan menyewa sebuah rumah kecil di pinggir kota, Katie Feldman (Julianne Hough) berteman dengan tetangganya, Jo (Cobie Smulders) dan bertemu dengan Alex Wheatley (Josh Duhamel), seorang duda dua anak, Josh (Noah Lomax) dan Lexie (Mimi Kirkland). Katie dan Alex memulai sebuah hubungan dan ia seperti ibu untuk Josh dan Lexie.

Sementara itu, Kevin Tierney (David Lyons), seorang polisi Boston, mencari istrinya, Erin, dan mengirimkan laporan mengatakan bahwa ia melakukan percobaan pembunuhan. Ia bahkan mencari informasi tentang Erin ke Nyonya Feldman (Irene Ziegler), tetapi Nyonya Feldman berpura-pura tidak mengetahui keberadaannya (karena ia terlibat dalam membantu Erin melarikan diri ke stasiun bis).

Alex melihat poster bergambar Erin di kantor polisi Southport dan pemberitahuan pencarian itu memiliki kemiripan yang mencolok dengan Katie. Ia menanyakan Katie tentang informasi itu yang menyebabkan pertengkaran. Mereka putus dan Katie keluar dari rumahnya. Meskipun Jo menghalanginya, Katie tetap akan meninggalkan kota, tetapi Alex menghalangi dan mengatakan bahwa ia jatuh cinta padanya dan meminta maaf atas apa yang ia lakukan terhadap Katie. Katie kembali dan memutuskan untuk tinggal di rumah Alex. Ia mengatakan kepada Alex bahwa Kevin adalah suaminya, seorang alkoholik, kasar, dan tempramental, yang ditikam oleh Katie untuk membela diri karena nyaris dicekik oleh Kevin, sebelum melarikan diri ke Southport dengan nama lain. Sementara itu, Kevin menerobos masuk ke rumah Nyonya Feldman di Boston dan menemukan nomor telepon ke restoran Southport di mana Katie bekerja.

Tiba tepat waktu untuk parade kota 4 Juli, Kevin melihat Katie mencium Alex, yang memancing kemarahannya. Kemudian, Katie bermimpi ia berdiri di dermaga menonton kembang api ketika Jo datang dan memberitahu Katie bahwa "ia" di sini. Katie bangun di toko Alex dengan Lexie yang tertidur. Tiba-tiba, Kevin muncul dalam kondisi mabuk, menuntut Katie untuk kembali padanya, tetapi Katie menolak dan mengatakan kepadanya untuk pergi. Kevin menarik pistol dan menuangkan bensin di seluruh toko dengan maksud untuk membakarnya.

Ketika ia ragu-ragu, Katie mengulur waktu dengan berpura-pura simpati padanya dan setuju untuk kembali ke rumah dengannya; ketika ia mengurungkan niatnya, Katie mendorong dia ke laut. Namun, percikan kembang api jatuh ke bensin itu, menyalakan api yang menghanguskan toko. Alex melihat toko yang terbakar, bergegas ke seberang danau dengan perahu dan menyelamatkan Lexie. Sementara itu, Katie berusaha melawan Kevin, yang mencoba untuk menembaknya. Setelah perkelahian panjang, ia bergulat dengan pistol dengan pasrah dan berbunyi, membunuh Kevin.

Kemudian, Alex menemukan beberapa surat yang ditulis oleh mendiang istrinya, dipersiapkan lebih dahulu untuk acara yang mengesankan seperti ulang tahun Josh yang kedelapan belas dan hari pernikahan Lexie. Alex memberikan Katie surat dengan kata "untuknya" (ditujukan untuk Katie) pada amplop. Surat itu berisi ucapan terima kasih kepada si penerima karena membuat Alex bahagia. Film berakhir dengan ungkapan bahwa Jo, yang seharusnya meninggalkan kota sebelumnya, sebenarnya adalah hantu dari istri Alex.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Julianne Hough sebagai Katie Feldman/Erin Tierney
  • Josh Duhamel sebagai Alex Wheatley
  • Cobie Smulders sebagai Jo
  • David Lyons sebagai Kevin Tierney
  • Mimi Kirkland sebagai Lexie Wheatley
  • Noah Lomax sebagai Josh Wheatley
  • Irene Ziegler sebagai Nyonya Feldman
  • Robin Mullins sebagai Maddie
  • Red West sebagai Roger
  • Juan Carlos Piedrahita sebagai Detektif Ramirez
  • Cullen Moss sebagai Deputi Bass
  • Mike Pniewski sebagai Letnan Robinson

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Safe Haven mendapatkan banyak kritik pedas dari para kritikus.[4][5][6][7][8] Peter Bradshaw dari The Guardian menyebut pengaturan film ini sebagai "visual yang manis dari kota kecil di Amerika yang tidak sesuai dengan dunia nyata pada fokus apapun."[9] Peter Travers dari Rolling Stone mengulas kebenciannya terhadap film ini dan menjadi hal mengerikan yang harus dilakukan untuk Valentine Anda.[10]

Metacritic menilai film ini dengan skor 34 berdasarkan 33 review, menyebutkan film ini "tidak baik secara umum".[11] Website Rotten Tomatoes menilai film ini dengan rating 12% buruk berdasarkan 137 review.[12]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Meskipun film Save Haven dipenuhi dengan kritik negatif, film ini tetap sukses dengan memperopleh pendapatan USD 21,401,594 pada pembukaan pekan pertamanya. Film ini menperoleh pendapatan USD 71,349,120 di Amerika Utara dengan tambahan USD 26,245,020 di negara lain, sehingga total pendapatan yang dihasilkan di seluruh dunia mencapai USD 97,594,140.[13]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Acara Kategori Penerima Hasil
2014 Young Artist Award Best Supporting Young Actress in a Feature Film Mimi Kirkland Nominasi[14]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Deborah Lurie to Score Lasse Hallstrom's 'Safe Haven'". FilmMusicReporter.com. 
  2. ^ "'Turkeys' Gets Date, 'Safe Haven' Shifts". Deadline.com. Diakses tanggal 2013-02-24. 
  3. ^ "SAFE HAVEN (12A)". British Board of Film Classification. 2013-01-21. Diakses tanggal 2013-01-21. 
  4. ^ "Episode #127 – Safe Haven", "The Flop House", 1 June 2013, Retrieved on 29 November 2014.
  5. ^ Sharkey, Betsy. "Review: 'Safe Haven' can't find refuge from a cheesy story", "LA Times", 13 February 2013. Retrieved on 29 November 2014.
  6. ^ Holden, Stephen. "Her Date Is a Single Dad; His, a Possible Killer", "New York Times", 13 February 2013. Retrieved on 29 November 2014.
  7. ^ Anderson,Melissa. "Safe Haven: Unable to Ignite" Diarsipkan 2014-12-08 di Wayback Machine., 13 February 2013. Retrieved on 29 November 2014.
  8. ^ Roeper, Richard. "Safe Haven", 12 February 2013. Retrieved on 29 November 2014.
  9. ^ Bradshaw, Peter. "Safe Haven – review", "The Guardian", 28 February 2013, Retrieved on 29 November 2014.
  10. ^ Travers, Peter. "Safe Haven", "Rolling Stone", 14 February 2013, Retrieved on 29 November 2014.
  11. ^ "Safe Haven Reviews", "Metacritic", Retrieved on 29 November 2014.
  12. ^ "Safe Haven", Retrieved on 29 November 2014.
  13. ^ "Safe Haven (2013)". Boxoffice.com. 2013-03-04. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-05-08. Diakses tanggal 2013-06-01. 
  14. ^ "35th Annual Young Artist Awards". Young Artist Awards. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-07-20. Diakses tanggal April 14, 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]