STAI Tiara Jakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
STAI dan STEI "TIARA" Jakarta
Didirikan 2003
Jenis Swasta
Staf akademik 30
Jumlah mahasiswa +- 20 (Kampus Jakarta)
Lokasi Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia
Kampus Urban
Warna Hijau
Situs web http://staitiarajakarta.blogspot.com

Sekolah Tinggi Agama Islam "TIARA" Jakarta atau sering disingkat dengan sebutan STAI TIARA adalah salah satu perguruan tinggi Islam swasta di Jakarta Timur yang didirikan tahun 2004 oleh suatu yayasan pendidikan yang bernama Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta (YPFJ). Yayasan ini juga mendirikan sebuah sekolah tinggi ilmu ekonomi yang cukup terkenal di daerah Rawamangun bernama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia dan banyak dikenal dengan nama STEI.

Pada tahun 2007, berdasarkan perizinan dari Kopertais di bawah Depag, STAI Tiara diberikan 2 izin operasional yang berbeda untuk 2 program studi yang ditawarkannya yaitu Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) "TIARA" untuk Pendidikan Agama Islam dan Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) "TIARA".

STAI dan STEI TIARA dipimpin oleh seorang Ketua. Ketua STAI dan STEI TIARA periode 2003-2007 adalah Dr. H. Baharuddin Husin, M.Ag.. Mulai tanggal 1 Januari 2008, beliau tidak lagi menjabat sebagai ketua STAI TIARA. Bersamaan dengan itu, pengelolaan STAI dan STEI TIARA dialihkan kepada yayasan lain, yakni Yayasan Nur El-Qolam, pimpinan Muhadjir, M.Ag.. Karena itu pula, yang menjabat sebagai ketua STAI dan STEI TIARA sekarang ini adalah Syaefuddin Amsir, M.A., seorang tokoh N.U. yang dulu pernah ikut dalam pemilihan calon DPD Jakarta.

Kemudian pada awal tahun 2009, Yayasan Nur El-Qolam menyerahkan manajemen STAI dan STEI Tiara kepada 2 orang yang berbeda dari Yayasan lain yaitu Bpk Nur Amin Fattah untuk STAI TIARA dan Bpk Kholil untuk STEI TIARA.

Program Studi[sunting | sunting sumber]

Hingga tahun 2007, STAI TIARA hanya mempunyai 2 jurusan: Ilmu Ekonomi Syari'ah dan Ilmu Pendidikan Islam. Sejak Dikelola oleh Yayasan Nur El-Qolam, STI TIARA memiliki tiga program studi: Program "Double Degree" (Dua Gelar), untuk mahasiswa S-1 dari jurusan Ekonomi konvensional yang ingin menambah wawasan di jurusan Ekonomi Syari'ah, yang nantinya mendapat dua titel atau "degree", yaitu gelar "Sarjana Ekonomi KOnvensional" dan "Sarjana Ekonomi Syari'ah". Program ini hanya menempuh waktu 1 tahun. Kedua, Program Studi Ekonomi Syari'ah untuk gelar Sarjana (S-1) dan Diploma (D-1). Ketiga, Program Studi Pendidikan Agama Islam untuk gelar Sarjana (S-1). Berikutnya setelah dikelola oleh Yayasan yang terbaru, STAI dan STEI Tiara membuka banyak jurusan untuk berbagai jenjang.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 2003 hingga 2009, seluruh perkuliahan STAI dan STEI Tiara dilaksanakan di Kampus B Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia yang berlokasi di Jalan Pratekan Rawamangun, Jakarta. Pada pertengahan tahun 2009, kampus pusat STAI dan STEI Tiara dipindahkan ke Jalan Raya Bekasi, cakung dan dekat dari kawasan industri Pulo Gadung. Sedangkan perkuliahan dilaksanakan di berbagai lokasi berbeda di seluruh Indonesia karena STAI dan STEI Tiara sudah membuka afiliasi di berbagai daerah.

Unit Kegiatan Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

Unit Kegiatan Mahasiswa merupakan organisasi kemahasiswaan di tingkat Sekolah Tinggi yang fungsinya menampung berbagai minat dan bakat dari para mahasiswa STAI dan STEI TIARA. Unit Kegiatan Mahasiswa sudah tidak aktif lagi sejak tahun 2009. UKM sebelum tahun 2009 terdiri dari:

  • UKM Seni
    • Nasyeed Tiara Voice
  • UKM Bela Diri
    • Tae Kwon Do
  • UKM Lain-Lain
    • Mading Mahasiswa