STAIN Watampone

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN[sunting | sunting sumber]

STAIN Watampone adalah salah satu perguruan tinggi negeri di kawasan timur Indonesia di bawah naungan Kementrian Agama yang memiliki kewenangan menyelenggarakan pendidikan secara mandiri.

Sekalipun nama STAIN WATAMPONE masih baru, namun cikal bakal STAIN Watampone telah ada sejak 37 tahun lalu dengan nama Universitas Islam Raya, kemudian meningkat menjadi Fakultas Syariah Cabang IAIN Alauddin Ujung Pandang (tahun 1966 – 1982). Selanjutnya sejak tahun 1982 sampai dengan 1987 menjadi fakultas Madya dengan nama Fakultas Syariah Watampone.

Sejak berdiri pada tahun 1966 sampai dengan tahun 1997, perguruan tinggi ini telah mengalami kemajuan yang signifikan, dengan didukung oleh tenaga pengajar profesional dan tenaga teknis yang terampil serta sarana dan prasarana yang terus dikembangkan sehingga tidak kalah bersaing dengan perguruan tinggi lainnya dalam menghadapi tantangan dan persaingan global.

Pada tanggal 21 Maret 1997 M, bertepatan dengan tanggal 12 Dzulqaidah 1417 H berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 11 Tahun 1997, pemerintah menaikkan status Fakultas Syariah Watampone menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Watampone, dengan dua jurusan yaitu jurusan Syariah dan jurusan Tarbiyah. Saat ini, STAIN Watampone memiliki 81 dosen berkualifikasi S2 dan S3, sementara dosen yang masih berpendidikan S1 saat ini tenaga melanjutkan pendidikan pada program Pascasarjana pada beberapa Universitas. Adapun staf administrasi terdiri dari 34 orang, yang terbagi ke dalam tiga Subbag, yaitu : Subbag Umum, Subbag Kepegawaian dan Keuangan serta Subbag Akademik dan Kemahasiswaan. Untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi, utamanya teknologi informasi dan komunikasi, STAIN WATAMPONE Watampone telah mengaplikasikan sistem pendidikan berbasis ICT. Demikian pula halnya dengan data-data pegawai secara lengkap dapat diakses secara online melalui website SIMPEG Departemen Agama yang terus ter-update.

KEUNGGULAN STAIN WATAMPONE[sunting | sunting sumber]

Berikut ini beberapa keunggulan yang dimiliki STAIN WATAMPONE adalah :

1. Penerapan Sistem Manajemen Mutu. 2. Proses pembelajaran dengan penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), berbasis pada Student Centre Learning (SCL), dan pemanfaatan Information and Communications Technology (ICT). 3. Menggunakan pengajar/dosen tetap yang profesional dengan latar belakang pendidikan S-1, S-2, S-3 dan Guru Besar/Profesor. 4. Beasiswa Supersemar, Beasiswa Departemen Agama, Beasiswa Prestasi Bank Syariah Mandiri, dll. 5. Lokasi kampus yang strategis, terjangkau dari segala fasilitas kendaraan umum.. 6. Asrama disiapkan bagi mahasiswa dari luar kota, dan terletak di dalam Kampus STAIN WATAMPONE. 7. Tersedia Wireless Fidelity (Wi-Fi) gratis dalam kampus, memudahkan mahasiswa menggunakan internet. 8. emiliki Lembaga Ketenagakerjaan (Bursa Kerja Online) kerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, yang dapat membantu mahasiswa dan alumni dalam mencari peluang kerja.

AKADEMIK[sunting | sunting sumber]

Jurusan Syariah[sunting | sunting sumber]

  1. Peradilan Agama (S1)
  2. Ekonomi Islam (S1)
  3. Hukum Tata Negara (S1)

Jurusan Tarbiah[sunting | sunting sumber]

  1. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI),
  2. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB (PBA),
  3. PROGRAM STUDI TADRIS BAHASA INGGRIS (TBI),
  4. PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (MPI),

jurusan usuhludin, komunikasi dan dakwah[sunting | sunting sumber]

  1. PROGRAM STUDI KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM

SARANA DAN PRASARANA[sunting | sunting sumber]

Sekolah Tinggi Agama islam (STAIN WATAMPONE) Watampone menyiapkan sarana dan prasarana kampus yang representatif yakni :

1. Gedung perpustakaan dengan koleksi buku, majalah, hasil penelitian yang memadai dengan Sistem Pelayanan Otomasi (SIMPUS) serta pelayanan perpustakaan digital 2. Laboratorium Yustisi (Hukum) 3. Laboratorium Perbankan 4. Laboratorium Komputer dan Internet (LAN & Wifi) 5. Laboratorium Bahasa untuk mendukung perkuliahan Bahasa Arab dan Inggris 6. Laboratorium Micro Teaching, mempersiapkan mahasiswa Jurusan Tarbiyah terampil dalam mengajar. 7. Fasilitas Olahraga 8. Gedung Perkuliahan dengan perangkat pembelajaran multimedia/LCD 9. Gedung Aula 10. Koperasi / Asrama Mahasiswa 11. Hotspot / wifi (internet internet gratis) dalam lingkungan kampus 12. Bank Syariah Mandiri

PRANALA LUAR[sunting | sunting sumber]

WEBSITE RESMI : http://stainwatampone.ac.id/