SS-Division Totenkopf

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lambang Totenkopf

Divisi SS 3/Totenkopf (3. SS-Panzergrenadier-Division Totenkopf atau 3. SS-Panzer-Division Totenkopf) adalah salah satu dari 38 divisi Waffen-SS dalam Perang Dunia II. Sebelum mencapai status divisi, kelompok ini dikenal dengan nama Kampfgruppe Eicke. Divisi ini terkenal karena berbagai kejahatan perang dan karena sebagian besar dari anggota awalnya adalah penjaga kamp konsentrasi.

Divisi Totenkopf diberi nomor sesuai dengan divisi "Jerman" dari Waffen-SS. Penomoran ini termasuk SS-Panzergrenadier-Division Leibstandarte SS Adolf Hitler, SS-Panzergrenadier-Division Das Reich, dan SS-Panzergrenadier-Division Wiking.

Pembentukan dan Fall Gelb[sunting | sunting sumber]

Totenkopf dibentuk pada Oktober 1939, awalnya dari penjaga-penjaga kamp konsentrasi dan dari SS-Heimwehr Danzig. Divisi ini dipimpin oleh orang-orang dari SS-Verfügungstruppe (SS-VT) yang telah berperang di Polandia. Pucuk pimpinan adalah SS-Obergruppenführer Theodor Eicke.

Mereka mulanya menjadi pasukan cadangan dalam serangan ke Perancis pada Mei 1940, dan pada tanggal 16 Mei kemudian digerakkan ke front di Belgia. Dalam waktu seminggu mereka telah melakukan kejahatan perang mereka yang pertama. Di Le Paradis 4th Kompanie, I. Abteilung, dipimpin oleh SS-Obersturmführer Fritz Knöchlein, mereka menembaki 97 dari 99 pejabat militer Inggris dari Royal Norfolk Regiment dengan senapan mesin setelah mereka menyerah. Dua orang selamat. Setelah perang, Knöchlein diajukan ke pengadilah Inggris dan dijatuhi hukuman mati gantung.

Totenkopf juga berperang di Perancis. Di timur laut Cambrai divisi ini menahan 16.000 tentara Perancis. Ketika berusaha menerobos ke pantai mereka dihadang pasukan Inggris dan Perancis dan mendapat kesulitan. Mereka terpaksa menembak dengan peluru-peluru anti-tank dan hanya selamat karena dibantu pesawat-pesawat pembom Luftwaffe. Dalam peperangan untuk mengambil alih kanal La Bassee mereka menderita banyak kematian. Selain itu mereka juga dihadang di Bethume dan La Paradis. Pasukan Perancis akhirnya menyerah di dekat perbatasan Spanyol, di mana Totenkopf beristirahat sampai April 1941. Pada saat ini sekurangnya 300 pejabat militer Totenkopf telah tewas. Mereka digantikan oleh tenaga baru melalui Waffen-SS dan bukan dari kamp. Flak dan batalion artileri kemudian ditambahkan ke divisi ini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Nipe, George M. (1996). Decision In the Ukraine, Summer 1943, II. SS and III. Panzerkorps. Winnipeg, Canada: J.J. Fedorowicz. ISBN 0-921991-35-5. 
  • Pipes, Jason. "3.SS-Panzer-Division Totenkopf". Retrieved April 5, 2005.
  • Ullrich, Karl (2002). Like a Cliff in the Ocean: A History of the 3rd SS-Panzer-Division Totenkopf. JJ Fedorowicz. ISBN 0-921991-69-X. 
  • Wendel, Marcus (2005). "3. SS-Panzer-Division Totenkopf". Retrieved April 5, 2005.
  • "SS-Division Totenkopf". German language article at www.lexikon-der-wehrmacht.de. (Follow links for the entire unit history.) Retrieved April 5, 2005.